Internet

Verizon Menjual Tumblr ke Pemilik WordPress

Pada tahun 2017, Verizon mengakuisisi Tumblr setelah membeli Yahoo.

Dinar Surya Oktarini

Platform Tumblr dibuka kembali. (Pixabay/StockSnap)
Platform Tumblr dibuka kembali. (Pixabay/StockSnap)

Hitekno.com - Menurut kaporan dari The Wall Street Journal, pihak Verizon telah setuju untuk menjual Tumblr ke pemilikk WordPress Automatitic Inc. dengan jumlah yang tak diungkapkan.

Pada tahun 2017, Verizon mengakuisisi Tumblr setelah membeli Yahoo dan mulai mengeksplorasi penjualan awal tahun ini.

Auttomatic dilaporkan membeli Tumblr dengan harga kurang dari 3 juta dolar AS, penurunan nilai yang menakjubkan dari 1,1 miliar dolar AS yang dibayarkan Yahoo pada tahun 2013.

Dilansir dari The Verge, ''Tumblr adalah merek tenda yang mulai bergerak, memungkinkan identitas sejati berkembang dan menjadi rumah bagi banyak komunitas dan fandom kreatif'' ungkap CEO Media Verizon, Guru Gowrappan dalam sebuah pernyataan.

''Kami bangga dengan apa yang telah dicapai tim dan seang telah menemukan mitra yang sempurna di Automattic, yang keahlian dan rekam jejaknya akan membuka kemungkinan baru dan menarik bagi Tumblr dan penggunannya'' lanjutnya.

Platform Tumblr dibuka kembali. (Pixabay/PhotoMIX-Company)
Platform Tumblr dibuka kembali. (Pixabay/PhotoMIX-Company)

 

Meskipun masuk akal, Tumblr pernah menjadi kekuatan yang sangat berpengaruh dalam bidang blogging dan media sosial, tetapi menjadi kurang begitu di bawah Yahoo dan kemudian kepemilikan Verizon.

Sementara itu, platform seperti Instagram, Snapchat dan YouTube bergerak untuk mengisi kekosongan dan menjadi kekuatan budaya yang jauh lebih besar sebagai hasilnya.

Meski begitu, Tumblr memang memiliki komunitas yang sangat aktif dan berdedikasi.

Hal ini menjadi semakin jelas bagi kepemipinan Verizon lalu ketika pihaknya memutuskan untuk melarang konten dewasa di platform tersebut pada bulan Desember.

Keputusan untuk melarang semua jenis konten dewasa menyebabkan beberapa orang memboikot situs tersebut.

Namun rencana tak bisa dirubah, keputusan CEO Automattic Inc. Matt Mullenweg mengatakan kepada Journal. Sebagai gantinya, Tumblr akan bertindak sebagai situs ''pelengkap'' untuk WordPress.

Berita Terkait