Internet

Netizen Perdebatkan Jawaban Soal Matematika Ini, Kamu Tahu Berapa Hasilnya?

Netizen terpecah jadi 2 kubu, kalau kamu?

Agung Pratnyawan

Ilustrasi soal matematika. (Pixabay)
Ilustrasi soal matematika. (Pixabay)

Hitekno.com - Soal matematika kembali jadi bahan perdebatan netizen. Kali ini sebuah soal matematika viral di Twitter setelah diunggah oleh akun @pjmdolI.

Netizen pun memperdebatkan berapa jawaban dari soal tersebut. Pasalnya netizen terpecah dua kubu melihat soal matematika yang viral di Twitter ini.

Seperti apa soal matematika ini? Netizen tersebut membagikan soal 8:2(2+2). Berapa jawaban kamu akan soal tersebut? Apakah 1 atau 16.

AKun @pjmdolI bersama netizen lain percaya jawabannya adalah 1. Namun tidak dengan netizen yang lain lebih percaya jawaban 16.

"Aku mengerjakan parenthesis, perkalian, lalu pembagian dulu makanya aku percaya hasilnya 1," tulis @pjmdolI.

Ia percaya karena jawabannya 1 berdasarkan metode BOMBAS (tanda kurung, pangkat, perkalian, pembagian, penjumlahan, pengurangan).

Jika menggunakan metode BOMBAS tersebut, maka soal matematika ini menghasilkan jawaban 1. Namun tak sebuah netizen percaya akan metode ini.

Soal matematika yang viral di Twitter. (Twitter/ @pjmdolI)
Soal matematika yang viral di Twitter. (Twitter/ @pjmdolI)

 

Bahkan beberapa netizen sampai membawa kalkulator untuk mengerjakan soal tersebut. Dan hasil perhitungannya, adalah 16 bukan 1.

Tapi kalkulator pun hasilnya juga ada dua macam, tergantung kalkulator yang digunakan. Jika memakai Kalkulator ilmiah hasilnya 1, tapi kalkulator biasa 16.

Namun netizen di sisi lain tetap membela hasil 1 dari jawaban soal matematika tersebut. Bahkan mereka membuat model perhitungannya dengan jelas.

Soal matematika yang viral di Twitter. (Twitter/ @Siti_FS, @xstndfr)
Soal matematika yang viral di Twitter. (Twitter/ @Siti_FS, @xstndfr)

 

Itulah soal matematika yang viral di Twitter karena memecah belah netizen menjadi dua kubu. Kalau kamu sendiri percaya berapa hasilnya? 1 atau 16?

Berita Terkait