Ramai Dakwah yang Sebut FaceApp Haram, Pria Ini Bikin Parodi Satir

Pendapat mengenai FaceApp haram pertama kali disampaikan oleh Dr. Essam Al-Roubi yang merupakan seorang lulusan Universitas Islam Mesir terkemuka Al-Azhar.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia
Senin, 22 Juli 2019 | 18:36 WIB
Video parodi satir FaceApp haram. (twitter/Husen_Jafar)

Video parodi satir FaceApp haram. (twitter/Husen_Jafar)

Hitekno.com - Populernya aplikasi FaceApp saat ini rupanya beriringan dengan beredarnya sebuah dakwah yang menyebut jika FaceApp haram. Seolah menyindir dakwah tersebut, seorang pria belum lama ini membuat parodi satir yang viral di Twitter.

Aplikasi FaceApp sendiri saat ini begitu diminati hingga muncul beragam challenge dengan menggunakan aplikasi ini. Jika kamu pengguna Instagram, kamu akan menemukan wajah orang-orang yang berubah tua karena aplikasi FaceApp tersebut.

Namun, baru-baru ini beredar screenshot isi percakapan WhatsApp yang menyebut bahwa FaceApp haram. Kabar ini pertama kali menyebar dan disampaikan pada media Cairo 24.

Baca Juga: Mogok, Pria Ini Rela Dorong Kekasihnya yang Ogah Turun dari Motor

Pendapat mengenai FaceApp haram pertama kali disampaikan oleh Dr. Essam Al-Roubi yang merupakan seorang lulusan Universitas Islam Mesir terkemuka. Al-Azhar.

Menurutnya, aplikasi FaceApp tersebut adalah sesat dan mengarah pada apa yang tidak diinginkan. Memperkuat pendapatnya, Al-Roubi merujuk beberapa ayat Al-Quran seperti salah satunya Surat An-Nisa ayat 119.

Surat An-Nisa ayat 119 dikutip oleh ulama lulusan universitas ternama Mesir untuk menyatakan bahwa FaceApp dianggap haram. (Screenshot Aplikasi Al Quran Indonesia)

Dalam ayat 118 Surat An-Nisa, disebutkan bahwa setan berdialog dengan Allah dan menyatakan akan menyesatkan manusia dan berjanji mengambil beberapa bagian dari hamba-hambanya untuk melakukan hal tertentu.

Baca Juga: Tak Jadi Perang, Avengers Malah Menari Diiringi Musik Gamelan

Sedangkan dalam salah satu bagian dari Surat An-Nisa ayat 119 menyatakan "Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka, dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, (lalu mereka benar-benar memotongnya) dan akan kusuruh mereka mengubah cipataan Allah, (lalu mereka benar-benar mengubahnya)".

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa menggunakan aplikasi FaceApp ini bertentangan dengan agama dan haram dilakukan.

Menanggapi dakwah yang beredar dan menyebut bahwa FaceApp haram, seorang pria dengan akun @Husen_Jafar membuat video parodi satir yang viral di Twitter.

Baca Juga: Jokowi ke Nikahan Wartawan, Ternyata Mempelai Wanitanya Anak Sujiwo Tejo

Dalam video tersebut, dirinya terlihat sedang mencoba menggunakan aplikasi FaceApp. Saat ditegur oleh temannya yang mengingatkannya untuk tidak menggunakan FaceApp yang haram, jawaban pria ini cukup satir.

Dirinya menjelaskan bahwa FaceApp adalah aplikasi halal, sedangkan yang haram itu adalah mengubah penampilan seolah lebih islami, namun tidak mengubah hati, perilaku, dan pikiran menjadi lebih islami.

Baca Juga: Followers Twitter Tembus 1 Juta, Susi Pudjiastuti Bikin Give Away Nyeleneh

Video yang viral di Twitter ini lalu mendapat beragam komentar dari netizen. Santai, netizen membanjiri kolom balasan unggahan ini dengan komentar kocak.

''Yang haram tuh pake faceapp sambil makan babi.'' tulis @billyard_.

''Kamu merubah penampilanmu, tapi tidak meruba kejombloanmu, lebih sadis Bib'' komentar akun @seratdjenarisme curhat.

Sejak dibuat, video yang viral di Twitter mengenai parodi satir dakwah yang sebut FaceApp haram ini sudah ditonton sebanyak lebih dari 177 ribu kali dan mendapat 5.244 retweets.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak