Internet

Makan Bareng, Tempat Duduk Jokowi dan Prabowo Ungkap Makna Rahasia Ini

Tepat di belakang tempat duduk Jokowi dan Prabowo terlihat gambar dua kelompok tokoh pewayangan yang dipisahkan dengan gunungan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)
Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)

Hitekno.com - Pada Sabtu (13/7/2019), Jokowi dan Prabowo membuat heboh saat keduanya akhirnya bertemu usai masa Pilpres 2019 yang telah berlalu. Makan siang bersama di sebuah restoran, pilihan tempat duduk Jokowi dan Prabowo ungkap makna rahasia ini.

Dilansir dari Suara.com, disampaikan oleh Jokowi, rencana mengenai pertemuan keduanya ini memang sudah direncanakan lama hingga akhirnya terlaksana pada Sabtu (13/7/2019) di MRT Lebak Bulus.

Usai tiba dan memberikan keterangan persnya di Stasiun MRT Senayan, Jokowi bersama Prabowo berjalan kaki menuju Mall fX Senayan, Jakarta Selatan. Sampai di mall tersebut, keduanya lalu duduk dan makan bersama di restoran Sate Senayan.

Duduk bersama dan memesan hidangan, pilihan tempat duduk Jokowi dan Prabowo rupanya mencuri perhatian netizen. Tepat di belakang tempat duduk Jokowi dan Prabowo terlihat gambar dua kelompok tokoh pewayangan yang dipisahkan dengan gunungan.

Mencuri perhatian, netizen dengan akun @ubegebe1 melalui Twitter pribadinya menyampaikan rasa penasaran terkait makna pewayangan yang berada di belakang Jokowi dan Prabowo. Menurutnya, Jokowi memiliki alasan tertentu saat memilih tempat duduk tersebut.

Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)
Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)

 

''Pak Jokowi ini pemain simbol. Bukan tanpa alasan memilih kursi di sana. Ada pesan yang hendak disampaikan..'' tulis @ubegebe1.

Benar saja, menurut netizen yang ramai membalas komentar @ubegebe1 ini, pewayangan yang berada di belakang Jokowi dan Prabowo ternyata memiliki makna rahasia yang begitu dalam dan lekat dengan situasi politik Indonesia usai Pilpres 2019 yang telah berlalu ini.

Hal ini semakin jelas dipaparkan oleh netizen dengan akun @bameka. Menurutnya, gambar wayang yang berada di tempat duduk Jokowi dan Prabowo ini adalah tokoh-tokoh punakawan dan gunungan.

Dilansir dari SEAsite, punakawan adalah karakter yang khas dalam wayang Indonesia dan merupakan sosok pengabdi. Sedangkan dalam wayang, gunungan biasanya digunakan untuk pembukaan dan penutupan dalam babak baru.

Menurut netizen dengan akun @bameka, kedua gambar ini menyimbolkan bahwa setelah goro-goro atau masalah maka muncul babak baru yang akan mengakhiri semua yang telah terjadi.

''Itu wayang punokawan dan gunungan artinya menyimbolkan setelah goro-goro maka muncul babak baru yang mengakhiri semua yang telah terjadi..'' tulis @bameka dalam cuitannya.

Makna tokoh pewayangan di lokasi pertemuan Jokowi dan Prabowo. (twitter/bameka)
Makna tokoh pewayangan di lokasi pertemuan Jokowi dan Prabowo. (twitter/bameka)

 

Makna dalam dari pewayangan yang ada di lokasi tempat duduk Jokowi dan Prabowo ini jelas saja membuat netizen mengait-ngaitkannya dengan situasi politik yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Banyak yang bahkan menyebut jika Jokowi secara sengaja memilih lokasi tersebut sebagai tempat keduanya berbincang dan menikmati makan siang.

Terlepas dari benar tidaknya analisa netizen ini, momen pertemuan Jokowi dan Prabowo seolah menekankan bahwa kisruh masa Pilpres 2019 telah berakhir dan saatnya Jokowi sebagai Presiden terpilih untuk bekerja demi rakyat.

Berita Terkait