Makan Bareng, Tempat Duduk Jokowi dan Prabowo Ungkap Makna Rahasia Ini

Tepat di belakang tempat duduk Jokowi dan Prabowo terlihat gambar dua kelompok tokoh pewayangan yang dipisahkan dengan gunungan.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Minggu, 14 Juli 2019 | 14:00 WIB
Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)

Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)

Hitekno.com - Pada Sabtu (13/7/2019), Jokowi dan Prabowo membuat heboh saat keduanya akhirnya bertemu usai masa Pilpres 2019 yang telah berlalu. Makan siang bersama di sebuah restoran, pilihan tempat duduk Jokowi dan Prabowo ungkap makna rahasia ini.

Dilansir dari Suara.com, disampaikan oleh Jokowi, rencana mengenai pertemuan keduanya ini memang sudah direncanakan lama hingga akhirnya terlaksana pada Sabtu (13/7/2019) di MRT Lebak Bulus.

Usai tiba dan memberikan keterangan persnya di Stasiun MRT Senayan, Jokowi bersama Prabowo berjalan kaki menuju Mall fX Senayan, Jakarta Selatan. Sampai di mall tersebut, keduanya lalu duduk dan makan bersama di restoran Sate Senayan.

Baca Juga: Maskot Oppo Kembali Berulah, Kali Ini Bikin Panik Bocah-Bocah

Duduk bersama dan memesan hidangan, pilihan tempat duduk Jokowi dan Prabowo rupanya mencuri perhatian netizen. Tepat di belakang tempat duduk Jokowi dan Prabowo terlihat gambar dua kelompok tokoh pewayangan yang dipisahkan dengan gunungan.

Mencuri perhatian, netizen dengan akun @ubegebe1 melalui Twitter pribadinya menyampaikan rasa penasaran terkait makna pewayangan yang berada di belakang Jokowi dan Prabowo. Menurutnya, Jokowi memiliki alasan tertentu saat memilih tempat duduk tersebut.

Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)
Jokowi dan Prabowo bertemu di restoran Sate Senayan. (instagram/sekretariat.kabinet)

''Pak Jokowi ini pemain simbol. Bukan tanpa alasan memilih kursi di sana. Ada pesan yang hendak disampaikan..'' tulis @ubegebe1.

Baca Juga: Unfollow Netizen Ini, Kaesang Pangarep Dihina Habis-habisan

Benar saja, menurut netizen yang ramai membalas komentar @ubegebe1 ini, pewayangan yang berada di belakang Jokowi dan Prabowo ternyata memiliki makna rahasia yang begitu dalam dan lekat dengan situasi politik Indonesia usai Pilpres 2019 yang telah berlalu ini.

Hal ini semakin jelas dipaparkan oleh netizen dengan akun @bameka. Menurutnya, gambar wayang yang berada di tempat duduk Jokowi dan Prabowo ini adalah tokoh-tokoh punakawan dan gunungan.

Dilansir dari SEAsite, punakawan adalah karakter yang khas dalam wayang Indonesia dan merupakan sosok pengabdi. Sedangkan dalam wayang, gunungan biasanya digunakan untuk pembukaan dan penutupan dalam babak baru.

Baca Juga: Viral Hingga Trending di Twitter, Ada Apa Antara Polka Wars dan Hokben?

Menurut netizen dengan akun @bameka, kedua gambar ini menyimbolkan bahwa setelah goro-goro atau masalah maka muncul babak baru yang akan mengakhiri semua yang telah terjadi.

''Itu wayang punokawan dan gunungan artinya menyimbolkan setelah goro-goro maka muncul babak baru yang mengakhiri semua yang telah terjadi..'' tulis @bameka dalam cuitannya.

Makna tokoh pewayangan di lokasi pertemuan Jokowi dan Prabowo. (twitter/bameka)
Makna tokoh pewayangan di lokasi pertemuan Jokowi dan Prabowo. (twitter/bameka)

Makna dalam dari pewayangan yang ada di lokasi tempat duduk Jokowi dan Prabowo ini jelas saja membuat netizen mengait-ngaitkannya dengan situasi politik yang terjadi di Indonesia belakangan ini.

Baca Juga: Mulan Rasa "Kearifan Lokal", Meme Poster Ini Bikin Netizen Ngakak

Banyak yang bahkan menyebut jika Jokowi secara sengaja memilih lokasi tersebut sebagai tempat keduanya berbincang dan menikmati makan siang.

Terlepas dari benar tidaknya analisa netizen ini, momen pertemuan Jokowi dan Prabowo seolah menekankan bahwa kisruh masa Pilpres 2019 telah berakhir dan saatnya Jokowi sebagai Presiden terpilih untuk bekerja demi rakyat.

Berita Terkait
TERKINI

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB

Pasar generatif AI dan cloud di Indonesia diprediksi terus tumbuh....

internet | 14:44 WIB
Tampilkan lebih banyak