Eva Stories, Kisah Remaja Korban Tragedi Holocaust yang Mengharukan

Rangkuman kisah Eva Heyman ini dimulai dari ulang tahunnya pada 13 Februari 1944 hingga Juni 1944.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Minggu, 05 Mei 2019 | 12:30 WIB
Akun Instagram Eva Stories. (Instagram/ @eva.stories)

Akun Instagram Eva Stories. (Instagram/ @eva.stories)

Hitekno.com - Apa jadinya jika Instagram sudah ada di zaman sebelum Perang Dunia? Mungkin hasilnya seperti di akun Instagram Eva Stories yang sedang ramai di bahas netizen ini.

Sebuah akun Instagram dengan username @eva.stories belum lama ini menjadi viral. Akun Eva Stories itu berisi berbagai kisah nyata layaknya diari dari seorang remaja Hongaria berusia 13 tahun yang menjadi korban keganasan tragedi Holocaust.

Saat berkunjung ke laman Instagram @eva.stories, kamu akan menemukan kisah Eva Heyman melalui unggahan Story yang ditempatkan sesuai tanggalnya masing-masing di kolom Highlight akun tersebut.

Baca Juga: Deretan Pasangan Kriminal Paling Romantis Dalam Sejarah

Holocaust sendiri merupakan tragedi pembantaian besar-besaran yang dilakukan kepada enam juta penganut Yahudi-Eropa selama Perang Dunia II. Pembantaian ini dilakukan oleh Jerman Nazi yang dipimpin oleh Adolf Hitler.

Rangkuman kisah Eva Heyman ini dimulai dari ulang tahunnya pada 13 Februari 1944 hingga berakhir di bulan Juni 1944.

Sama seperti gadis remaja pada umumnya, Eva Heyman yang memiliki cita-cita sebagai seorang fotografer ini, gemar menghabiskan waktunya bermain bersama sahabat dan sepupunya.

Baca Juga: Serem, Tragedi Eskalator Maut di Roma Ini Telan Banyak Korban

Eva Stories. (instagram/eva.stories)
Eva Stories. (instagram/eva.stories)

''Hai! Namaku Eva,'' ucap gadis berambut coklat gelap dengan ceria saat membuka video pada tanggal 13 Februari 1944 tersebut.

Hidup dalam masa perang, daerah tempat tinggal Eva Heyman akhirnya disambangi oleh Nazi. Kehidupannya yang bahagia lalu berubah drastis.

Bersama ibu, ayah tiri, kakek dan neneknya, Eva Heyman harus meninggalkan rumah tempatnya tinggal dan bergabung untuk tinggal bersama penganut Yahudi-Eropa lainnya dalam tempat penampungan yang dibuat Nazi.

Baca Juga: Tragedi WTC 11 September 2001 dan Teori Konspirasi di Baliknya

Nasib Eva Heyman semakin memburuk usai dirinya harus terpisah dengan ibu dan ayah tirinya. Ibu dan ayah tirinya ini berhasil kabur dan selamat dari perang dan ancaman Nazi.

Eva Stories. (instagram/eva.stories)
Eva Stories. (instagram/eva.stories)

Dalam Eva Stories juga diceritakan bagaimana gadis berusia 13 tahun ini harus berjuang sendirian usai kakek dan neneknya dibunuh.

Dilansir dari DW, proyek Eva Stories ini dibuat oleh Mati Kochavi bersama putrinya yang bernama Maya Kochavi. Proyek ini dibuat sebagai pengenalan untuk generasi masa kini mengenai bagaimana terjadinya tragedi Holocaust.

Baca Juga: Aksi Viral Turis di Bangkok sampai Syahrini di Holocaust

Eva Stories ini dibuat berdasarkan buku harian dari Eva Heyman yang dibuat pada 1944. Dalam diary miliknya, Eva Heyman menceritakan mengenai profil saudara, sahabat, hingga kekasihnya.

Dibuat berdasarkan kisah nyata dan diari Eva Heyman, kisah ini berakhir pada 30 Mei 1944 saat gadis 13 tahun itu dideportasi.

Sebelumnya, Mati Kochavi dan anaknya membaca puluhan buku harian remaja lainnya yang menjadi korban Holocaust. Hingga pilihan mereka kemudian jatuh pada buku harian Eva Heyman.

Eva Heyman dibunuh di Auschwitz pada 17 Oktober 1944 bersama 1,5 juta anak-anak lainnya dalam tragedi Holocaust.

Sejak dibuat pada Rabu (1/5/2019) lalu, akun Eva Stories yang berkisah mengenai remaja korban Holocaust ini sudah berisi 70 unggahan Instagram Story dan berhasil mengumpulkan 1,5 juta followers.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak