Internet

Peringati Pejuang Emansipasi Wanita, Hashtag KartiniDay Trending di Twitter

Selamat Hari Kartini!

Dinar Surya Oktarini

Hari Kartini. (Wikipedia/Tropenmuseum, bagian dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia)
Hari Kartini. (Wikipedia/Tropenmuseum, bagian dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia)

Hitekno.com - Tepat setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini di Indonesia, tanggal tersebut dipilih bertepatan dengan hari lahir Raden Adjeng Kartini, pejuang emansipasi perempuan di Indonesia.

Salah satu perempuan kelahiran Jepara ini begitu spesial di mata orang Indonesia dalam hal memperjuangkan pendidikan dan hak-hak perempuan Indonesia.

Dilansir dari Wikipedia, Kartini kerap memperjuangkan hak-hak perempuan melalui tulisan-tulisannya, salah satunya Kartini menulis surat tentang gagasan dan perasaannya, dan itu diterbitkan di majalah Belanda dan kemudian sebagai: Dari Kegelapan ke Terang , Kehidupan Perempuan di Desa , dan Surat-Surat Putri Jawa .

Pejuang emansipasi wanita kemudian meninggal pada usia 25 tahun di Rembang, Jawa Tengah.

Hari Kartini. (Wikipedia/Tropenmuseum, bagian dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia)
Hari Kartini. (Wikipedia/Tropenmuseum, bagian dari Museum Nasional Kebudayaan Dunia)

 

Pada tahun 1964, Presiden Sukarno menyatakan tanggal lahir RA Kartini, 21 April sebagai Hari Kartini untuk memperingati perjuangannya hingga sekarang.

Bahkan WR Supratman menciptakan lagu berjudul ''Ibu Kita Kartini'' untuk mengenang perjuangan Kartini semasa hidupnya.

Tepat 21 April 2019, hashtag ucapan Selamat Hari Kartini menduduki trending topik di Twitter.

Sebanyak dua hashtag menduduki kolom trending topik di Twitter pagi ini, (21/42019), yaitu KartiniDay dan hahstag SELAMATHARIKARTINI.

Banjir ucapan, begini cuitan netizen dengan hashtag Hari Kartini yang sedang trending di Twitter, tak sedikit netizen juga memamerkan foto dirinya mengenakan kebaya khas seperti perempuan Jawa.

@zeusaragile ''Selamat hari Kartini untuk kalian semua, perempuan-perempuan hebat yang hanya tahu dan lihai dalam mematahkan dan menyakiti hati laki-laki.#KartiniDay.''

@Shofianahj ''Selamat hari kartini untuk perempuan hebat Indonesia#KartiniDay.''

@Yessisofiyaa_ ''Selamat hari Kartini untuk perempuan-perempuan hebat. Kita harus tegas karna kita tidak boleh di lecehkan, namun dari ketegasan itu semua hati kita tetap lembut #KartiniDay.''

@DindaSyiffani ''SELAMAT HARI KARTINI, saya bangga menjadi wanita indonesia #KartiniDay.''

Hingga tulisan ini diunggah cuitan netizen mengenai Hari Kartini yang sedang trending di Twitter ini sudah mencapai 2,627 Tweet.

Berita Terkait