Harus Tahu, Ini 10 Tips Keamanan Internet dan Privacy

Ada banyak cara untuk tetap menjaga privacy dan kemanan internet.

Agung Pratnyawan
Rabu, 17 April 2019 | 07:26 WIB
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Hitekno.com - Internet menjadi kebutuhan bagi banyak orang, bahkan lebih dari kebutuhan tersier. Namun Tak banyak yang paham akan keamanan internet dan menjaga privacy secara online. Jaga IP kamu supaya tetap Privat. Berikut ini beberapa cara menyamarkan IP kamu.

Internet menjadi tempat yang berbahaya jika tidak tahu cara mengamankan diri. Karena banyak pihak-pihak yang berusaha mengincar para pengguna internet.

Baca Juga: - Jauh Banget Bedanya, Ini Perbandingan Kecepatan Internet 4G vs 5G - Ternyata Kecepatan Internet Indonesia Masih Tertinggal di Asia Tenggara - Perbandingan Paket Data Internet Unlimited, Mana yang Benar Tanpa Batas? - Konsumsi Internet Wanita Indonesia Terbanyak untuk Media Sosial

Maukah kamu data-data pribadi kamu di curi orang dan diumbar ke publik hingga disalahgunakan pihak-pihak tak bertanggungjawab?

Karena itulah pentingnya dalam menjaga keamanan internet untuk menjaga privacy kamu. Jangan sampai disalahgunakan pihak-pihak yang berbuat jahat.

Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)
Ilustrasi keamanan internet. (Pixabay)

Berikut ini cara menjaga keamanan internet dan tips privacy.

1. Jangan Sembarang Login

Jangan sembarang login email maupun media sosial di sembarang komputer atau perangkat yang tidak kamu kenal. Kamu tidak tahu apa yang ada di dalam komputer tersebut.

Perhatikan juga halaman login tersebut, apakah benar asli dan meyakinkan? Bukan halaman login palsu yang dibuat untuk menjebak.

2. Private Browsing atau Incognito Mode

Jika harus login di perangkat yang bukan milikmu, kamu bisa memanfaatkan mode private atau incognito mode di browser yang kamu pakai.

Hampir semua browser telah mendukung mode mode private atau incognito. Dengan mode ini, browser dan komputer tidak akan menyimpan apa yang kamu lakukan selama browsing.

3. Buat Password yang Kuat

Pertahanan pertama dari email dan media sosial kamu adalah password. Buatlah password yang susah untuk ditebak, dan jangan pakai password yang pasaran.

Kamu bisa membuat password dengan menggunakan kombinasi angka, huruf kapital, dan simbol. Namun usahakan untuk tetap mudah diingat.

4. Tidak Sembarangan Beri Izin

Ketika mengakses internet, beberapa situs akan meminta izin untuk melakukan sesuatu. Dari minta akses cookie, push notifikasi, hingga dan masih banyak lainnya.

Permintaan izin seperti ini, biasanya disertai dengan term and condition alias kesepakatan sebelumnya. Kamu bisa membacanya dulu dan mempelajarinya sebelum menyetujui.

5. Amankan IP

Nomor IP ibaratkan alamat rumah yang sebaiknya tidak disebar ke sembarang orang. Pengamanan IP ini bukan hanya untuk perlindungan tapi menjaga privacy.

Berikut ini beberapa cara menyamarkan IP kamu: gunakan VPN, Proxy, TOR, dan masih banyak cara lainnya agar IP kamu tidak terbongkar ke publik.

6. Email Cadangan

Banyak yang menganggap remeh email, padahal ini penting dan harus dijaga. Termasuk akan media sosial pastinya terhubung dengan email.

Tidak ada salahnya membuat satu email lagi sebagai cadangan dan backup. Juga jadi recovery email jika email utama diambil alih peretas.

7. Aktivasi Otentifikasi Dua Faktor

Beberapa media sosial dan layanan online sekarang sudah menerapkan otentifikasi dua faktor. Apa itu Otentifikasi dua faktor?

Selain kamu login dengan username dan password, kamu juga diminta untuk memasukkan kode keamanan yang dikirimkan ke kamu. Bisa lewat email ataupun SMS.

8. Jangan Lupa Logout

Setelah login dan selesai, jangan lupa untuk logout. Terutama ketika kamu login email atau media sosial di perangkat yang bukan milikmu.

Ketika kamu lupa untuk logout, bisa jadi email atau akun media sosial milikmu masih terbuka di tempat tersebut. Bisa jadi dimanfaatkan orang lain.

9. Pastikan Menggunakan Protokol HTTPS

Jika browsing, usahakan untuk memilih akses ke situs-situs yang aman. Salah satu indikasinya adalah pemakaian protokol HTTPS di depan alamat situsnya.

Bukan berarti semua situs dengan HTTPS aman, namun setidaknya ada sertifikasi yang menjamin akses kamu ke situs tersebut aman.

10. Jangan Umbar Data Pribadi

Jangan mudah untuk mengumbar data-data pribadimu. Dari alamat, tanggal lahir, nama-nama keluarga, nomor telepon, apalagi nomor rekening.

Bahkan email pun termasuk jangan diumbar ke publik. Pisahkah email mana yang disebar ke publik dengan email utama untuk urusan pribadi.

Itulah 10 tips menjaga keamanan internet dan tips privacy yang bisa kamu terapkan untuk jaga-jaga. Jangan sampai data pribadi kamu dimanfaatkan orang lain.

Berita Terkait

TERKINI

Bot yang berbahaya ada di mana-mana. Saat ini, banyak situs, login, dan aplikasi favorit konsumen yang diserang oleh bot.
internet | 19:03 WIB
Usai bersitegang dengan Twitter, kini Apple diklaim Elon Musk telah kembali memasang iklan ke platform media sosial tersebut.
internet | 18:49 WIB
Usai unggahan foto jadul kawasan Slipi, Jakarta Barat tahun 1997 ini menjadi viral di Instagram, berbagai komentar langsung saja ditinggalkan oleh netizen.
internet | 18:47 WIB
Berikut adalah perubahan UMK 2023 dan cara mengeceknya secara online lewat HP dan Laptop.
internet | 17:54 WIB
Berikut adalah sederet cara, syarat dan jadwal untuk mendaftar seleksi bersama rekrutmen BUMN Online.
internet | 16:23 WIB
Terlepas dari kehidupan artis yang dikenal glamor, Prilly Latuconsina tampil begitu sederhana saat sedang menekuni hobinya.
internet | 14:05 WIB
Video pria nekat beli motor saat mengeluh lelah jogging ini lalu dibanjiri dengan berbagai komentar dari netizen.
internet | 12:10 WIB
Reza Rahadian mengaku jika dirinya tidak tahu harus melakukan apa dengan akun Instagram.
internet | 11:43 WIB
Banyak penipu mengatasnamakan diri sebagai perwakilan dari Google dan menelpon pengusaha kecil untuk meminta sejumlah uang.
internet | 10:13 WIB
Uni Eropa mendesak Elon Musk untuk tak lagi menerapkan kebebasan berbicara dan mengaplikasikan sensor ketat di media sosial Twitter.
internet | 09:26 WIB
Saat membuka bungkus Oreo BLACKPINK tersebut, gadis ini tidak menemukan photocard Jennie, Lisa, Rose atau Ji Soo.
internet | 19:29 WIB
Melihat aksi pemilik rumah temukan ular di lubang pembuangan toilet ini, netizen langsung saja meninggalkan berbagai komentar.
internet | 18:53 WIB
Banyak netizen yang menduga jika wallpaper tersebut menjadi motivasi keduanya untuk kembali membawa pulang piala ke negara Tim Samba.
internet | 17:36 WIB
Melihat hal ini, netizen kemudian mengaku curiga dengan identitas tukang becak tersebut.
internet | 17:19 WIB
Kolom balasan unggahan video murid-murid beri kejutan ulang tahun untuk bapak guru ini lalu diramaikan dengan berbagai komentar.
internet | 15:36 WIB
Hitekno.com telah merangkum beragam jenis topologi jaringan komputer yang mungkin informasinya sedang kamu cari saat ini.
internet | 15:11 WIB
Simak penjelasan mengenai perbedaan HTTP dan HTTPS yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.
internet | 14:48 WIB
Bocah "buronan internasional" mampu menebak beberapa laga Piala Dunia 2022 dengan akurat.
internet | 22:25 WIB
Tampilkan lebih banyak