Internet

PewDiePie Trending Dikaitkan dengan Penembakan Brutal Masjid

PewDiePie Trending di Twitter dan mengundang kontroversi.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

PewDiePie. (youtube/PewDiePie)
PewDiePie. (youtube/PewDiePie)

Hitekno.com - PewDiePie, seorang YouTuber terkenal dengan 89 juta trending di Twitter. Penyebab PewDiePie trending di twitter bersama dengan hashtag New Zealand karena terdapat sebuah penembakan brutal teroris di Selandia Baru yang mengaitkan namanya.

Dalam laporan terbaru kepolisian setempat (15/03/2019), terdapat 49 orang tewas dalam penembakan dua masjid di Christchurch tengah, Selandia Baru, pada hari Jumat.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengutuk keras kejadian ini dan menyebutnya sebagai ''tindakan kekerasan luar biasa yang belum pernah terjadi sebelumnya''.

Para pejabat dan kepolisian Selandia Baru mengatakan bahwa empat orang teroris dan ekstremis telah ditahan. Mereka menemukan sejumlah alat peledak yang melekat pada kendaraan mereka.

Seorang pemimpin Muslim di Selandia Baru mengatakan bahwa ini merupakan serangan yang sangat mengejutkan dan memakan korban banyak karena terjadi pada sekitar waktu shalat Jumat.

Hastag New Zealand dan PewDiePie trending setelah kasus teroris. (Twitter)
Hastag New Zealand dan PewDiePie trending setelah kasus teroris. (Twitter)

 

Pasca penembakan hastahg New Zealand, Christchurch, NewZealandShooting, dan PewDiePie trending di Twitter global dengan cuitan yang mencapai ratusan ribu.

Komisioner polisi negara itu, Mike Bush menjelaskan bahwa seorang pria yang berusia akhir 20-an akan menjalani persidangan secepatnya setelah penembakan brutal tersebut.

Biadab, teroris dan ektremis ini melakukan penembakan brutal dengan melakukan live seolah-olah itu merupakan streaming game online.

Video penembakan berdurasi 17 menit membuat orang mengutuk keras kelompok teroris yang satu ini.

Sebelum penembakan, seseorang yang tampak sebagai penembak memposting tautan ke manifesto nasionalis berkulit putih di Twitter dan forum online 8chan.

Penembakan brutal di Selandia Baru. (Twitter/ afridii_manzoor)
Penembakan brutal di Selandia Baru. (Twitter/ afridii_manzoor)

 

Postingan tersebut menyebutkan bahwa dia juga akan menyiarkan videonya secara langsung melalui link tersebut.

Hal yang membuat PewDiePie trending di Twitter adalah karena namanya disebut saat ekstremis itu berada di dalam mobil.

Ekstremis itu mengatakan bahwa penontonnya wajib subscribe atau berlangganan channel YouTube PewDiePie.

Kami tidak akan memberikan tampilan keseluruhan video penembakan tersebut karena terlalu brutal. Namun video yang kami bagikan hanya menampakkan keberadaan ekstremis saat ada di mobil.

Felix Kjellberg, seseorang di balik selebritas populer PewDiePie langsung dikaitkan setelah penyerangan ini.

''Saya benar-benar muak ketika nama saya diucapkan oleh orang yang satu ini,'' kata Kjellberg dikutip dari New York Times.

Ia mengucapkan berduka cita dan menjelaskan bahwa hati dan pikirannya saat ini ada untuk mendukung para korban, keluarga, dan semua orang yang terkena dampak tragedi ini.

Kjellberg atau PewDiePie telah mengundang kontroversi dengan melakukan gerakan anti-Semit, yang ia sebut satiris, dalam videonya. Ia memiliki pengikut 89 juta pengikut.

Meski PewDiePie trending di Twitter jutaan penggemarnya masih mendukungnya dan mengaitkannya dengan YouTuber tersebut adalah hal yang tidak masuk akal.

Berita Terkait