Momo Kembali Teror WhatsApp, Ini Cara Blokirnya

Momo Challenge sempat lenyap, namun kini kembali lagi. Waspada!

Agung Pratnyawan
Minggu, 03 Maret 2019 | 20:30 WIB
Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)

Ilustrasi WhatsApp. (Pixabay/ HeikoAL)

Hitekno.com - Momo Challenge beberapa waktu lalu sempat bikin geger menghantui banyak orang lewat pesan WhatsApp. Setelah sempat menghilang, kini Momo kembali teror WhatsApp.

WhatsApp menjadi salah satu media yang mudah untuk menyebarkan pesan menakutkan ini. Salah satu upaya pertama yang bisa dilakukan adalah memblokir pesannya yang dikirim melalui WhatsApp.

Pada dasarnya,memblokir kontak WhatsApp adalah hal mudah dan merupakan cara tercepat mengeluarkan atau membatasi diri dari orang-orang asing yang menghubungi ponsel anak Anda. Untuk kembali mengingatkan, ada dua cara yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Viral, Ini 8 Postingan 10 Years Challenge Teratas di Instagram Indonesia

Pertama, mengklik obrolan dengan orang yang ingin Anda blokir, lalu ketuk nama mereka di bagian atas. Kemudian gulir ke bawah ke bagian bawah halaman mereka dan tekan Block Contact.

Kedua, Anda dapat mengklik tab Pengaturan kemudian masuk ke Akun, lalu Privasi. Selanjutnya, ketuk Diblokir untuk melihat kontak yang diblokir - dan tekan Tambah Baru untuk masuk untuk memblokir seseorang.

Mudah bukan? Namun, apakah Anda bisa memblokir semua teks dari orang asing yang mungkin bisa menyebarkan pesan Momo ini?

Baca Juga: Youtube Melarang Video Challenge dan Prank yang Seperti Ini

Ilustrasi Momo Challenge. [Shutterstock]
Ilustrasi Momo Challenge. [Shutterstock]

Jawabannya adalah tidak. Sayangnya, WhatsApp tidak memiliki pengaturan yang memungkinkan Anda memblokir semua teks dari orang asing.

Artinya, Anda harus secara manual memblokir orang-orang yang mengirim pesan kepada anak-anak Anda satu per satu.

Jika Anda masih khawatir, mungkin ini saat yang tepat untuk mempertimbangkan meminta anak Anda menggunakan aplikasi pesan yang berbeda.

Baca Juga: Fakta Momo Challenge, Teror Menyeramkan yang Menelan Korban

Siapa pun yang memiliki iPhone dapat mengaktifkan fitur yang memisahkan pesan dari orang yang bukan kontak Anda ke dalam daftar terpisah. Ini memudahkan orang tua untuk memastikan bahwa orang luar tidak mengirimi pesan kepada anak Anda.

Cara ini juga dapat mematikan notifikasi untuk iMessages dari orang-orang yang tidak ada dalam kontak Anda. Untuk melakukannya, buka Pengaturan> Pesan dan kemudian nyalakan Filter Pengirim Tidak Dikenal.

Buat Anda yang sangat khawatir, tentu sempat terfikir untuk memantau pesan WhatsApp yang dimiliki anak Anda. Tapi kembali lagi, sayangnya tidak ada cara memiliki akun WhatsApp yang sama di dua smartphone.

Baca Juga: Sempat Viral, Momo Challenge Tewaskan Seorang Gadis

Namun, ada solusi buat Anda yang masih memiliki anak kecil. Disarankan untuk mempertimbangkan mengatur WhatsApp Web. Dengan WhatsApp Web memungkinkan Anda melihat pesan WhatsApp di komputer Anda, jika ponsel cerdas dengan akun utama dihidupkan.

Ini akan memungkinkan Anda untuk mengawasi pesan anak Anda tanpa secara fisik memegang telepon itu sendiri.

Ilustrasi blokir WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi blokir WhatsApp. [Shutterstock]

Untuk menggunakan WhatsApp Web, cukup buka WhatsApp lalu buka Pengaturan dan ketuk WhatsApp Web, yang akan memandu Anda melalui pengaturan.

Sekedar mengingatkan, Momo itu sendiri awalnya patung Jepang, telah diambil alih oleh orang iseng di dunia maya yanng menggunakan gambar untuk menakutkan anak-anak dan mengeluarkan tantangan di WhatsApp sebelum dilaporkan muncul di video YouTube dan di Fortnite untuk mengeluarkan lebih banyak tantangan dan ancaman.

Avatar yang menakutkan itu telah memicu peringatan dari sekolah dan bahkan polisi ketika laporan tentang anak-anak yang ketakutan meningkat di Inggris dan di seluruh dunia.

Hal yang mengkhawatirkan justru banyak orang tua mengungkapkan bahwa mereka tidak tahu mengapa perilaku anak mereka berubah. Ketika mereka bertanya kepada putra atau putri mereka apakah mereka tahu siapa Momo, reaksi aneh baru terlihat.

Sekolah-sekolah di Inggris memperingatkan orang tua untuk waspada karena anak-anak menerima tantangan untuk melukai diri sendiri atau ancaman kematian oleh karakter online.

Jika kamu menemukan Momo Challenge ini, langsung waspada jangan ikuti. Jangan sampai Momo kembali teror WhatsApp. (Suara.com/ Dythia Novianty)

Berita Terkait
TERKINI

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB
Tampilkan lebih banyak