Internet

Dukung Petani, Debat Pilpres 2019 Singgung Aplikasi TaniHub

Aplikasi TaniHub yang dirilis oleh Kominfo ini disebutkan calon presiden Joko Widodo saat debat Pilpres semalam.

Dinar Surya Oktarini

Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)
Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)

Hitekno.com - Debat Pilpres 2019 kedua yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/02/2019) semalam makin memanas dan seru.

Pasalnya dalam segmen tanya jawab pertanyaan yang sudah disiapkan panelis terkait permasalahan energi dan pangan, kedua calon presiden saling menyinggung banyak hal.

Salah satunya adalah startup pertaninan TaniHub, yang juga digadang-gadang menjadi satu dari lima startup sukses yang akan menjadi Unicorn Indonesia di 2019.

Aplikasi yang dirilis resmi oleh Kominfo ini disebutkan calon presiden Joko Widodo saat debat Pilpres semalam.

Ia menyebutkan revolusi industri 4.0 sangat cepat berkembang seperti artificial intelligence, internet optic data, advance robotic dan mempersiapkan sumber daya manusia.

Melansir dari laman Kominfo, aplikasi TaniHub ini merupakan salah satu startup yang sukses di sektor pertanian sejak 2015 lalu.

Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)
Aplikasi TaniHub. (Tanihub.com)

 

TaniHub juga membantu jalur distribusi agar petani dapat berjualan langsung hasil panennya.

Namun, seiring berjalannya waktu TaniHub berkembang dengan adanya forum penyuluhan dan layanan pendanaan bagi petani yang dinamakan TaniFund.

Adanya TaniHub ini petani dan konsumen makin dekat dalam menyiapkan usaha mikro dan super mikro untuk bisa memanfaatkan online system.

TaniHub menciptakan forum digital yang membantu penyuluhan Kementrian Pertanin dapat saling berkonsultasi mengenai masalah pertanian yang ada di daerah masing-masing sesuai dengan geografis.

Penyuluhan ini dapat memberikan pengetahuan sekaligus konsultasi pada petani yang ada di daerahnya, sehingga tingkat kesuksesan panen menjadi lebih tinggi.

Untuk saat ini aplikasi TaniHub sendiri telah tersedia di Play Store bagi pengguna Android saja.

Selain Aplikasi TaniHub yang disebut-sebut sebagai Unicorn di Indonesia 2019, masih terdapat empat startup lainnya seperti Tokopedia, Traveloka, Go-Jek dan Bukalapak juga disebutkan dalam debat Pilpres 2019 semalam. 

Berita Terkait