13 Tahun Sudah Jadi CEO Perusahaan, Ini yang Dilakukan Hillary Yip

Ia menciptakan aplikasi yang berguna untuk anak seusianya.

Agung Pratnyawan
Senin, 28 Januari 2019 | 16:30 WIB
Hillary Yip, CEO 13 tahun. (Instagram/@minormynas).

Hillary Yip, CEO 13 tahun. (Instagram/@minormynas).

Hitekno.com - Hillary Yip, remaja usia 13 tahun ini telah menjabat sebagai CEO perusahaan. Siapa yang menyangka, di usia belia ini sudah mendapatkan tanggungjawaab menjadi CEO.

Dilansir dari laman South China Morning Post, Hillary Yip mempunyai misi yang mulia juga untuk merevolusi cara anak-anak belajar bahasa.

Gadis asal Hong Kong ini membangun sebuah aplikasi bernama MinorMynas saat usianya masih 10 tahun.

Baca Juga: Fortnite Sukses Besar, Kekayaan CEO Epic Games Lebih dari Rp 100 Triliun

Aplikasi iOS itu kini sudah diunduh sebanyak 40 ribu kali di 50 negara. Dengan dibuatnya, MinorMynas ia berniat untuk membantu belajar bahasa yang bukan bahasa ibu mereka.

Hillary Yip berpikir untuk menciptakan aplikasi MinorMynas ini ketika menemukan kesulitan dalam belajar bahasa Mandarin.

''Aku membuat MinorMynas di musim panas 2015 ketika aku belajar bahasa Mandarin di Taiwan. Bahasa Chinaku sangat jelek ketika aku pertama kali datang tapi setelah program pertukaran aku melihat betapa aku berkembang dan pengalaman itu menempel padaku,'' kata Hillary Yip.

Baca Juga: Keren Banget, CEO Go-Jek Masuk 50 Inovator Paling Berpengaruh

Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)
Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)

MinorMynas sendiri adalah platform edukasi online yang bertujuan membantu anak-anak belajar bahasa dari mengobrol sambil live video dengan anak seusia mereka.

Dengan interaksi langsung tersebut, diharapkan anak-anak bisa lebih cepat menangkap bahasa lain.

''Yang menurutku menarik mengenai aplikasi ini adalah koneksi antar anak-anak di luar sana cukup robotik dan tidak banyak yang bisa dilakukan. Sedangkan MinorMynas memberi mereka kesempatan untuk berhubungan dengan anak-anak seusia mereka dan memecah batas budaya,'' jelas Hillary Yip.

Baca Juga: Mantan CEO Instagram Buka Suara Soal Pengunduran Dirinya

''Dunia tidak beroperasi dalam buku teks dan jika anak-anak punya kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan itu dan menggunakannya, maka itu akan lebih berguna lebih dari sesi tutor atau bab lain dalam buku teks,'' ujarnya.

''Orang dewasa punya berbagai jenis media sosial dan tidak sulit untuk mereka berbicara dengan orang secara online. Tapi untuk anak, kamu tidak punya apa-apa. Kami terjebak dengan sekolah, teman, atau video games. Jadi kita harus menghubungkan anak dalam lingkungan yang aman,'' lanjut Hillary Yip.

Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)
Hillary Yip, CEO perusahaan berusia 13 tahun. (Instagram/@minormynas)

Di usianya yang masih belia ini, CEO perusahaan ini telah berhasil mengumpulkan banyak prestasi. Ia telah memenangkan AIA Emerging Entrepreneur Challenge di tahun 2015.

Baca Juga: Interview Edwin Chia Bigetron eSports, Dari Pemain Jadi CEO

Setelah itu, barulah ide tersebut benar-benar dituangkan menjadi aplikasi setelah sebuah developer tertarik dengan ide Hillary Yip.

Terciptanya aplikasi ini tentu tak lepas dari dukungan sang ibu yang merupakan co-founder MinorMynas. Ternyata selama ini Hillary Yip menjadikan Michelle Obama sebagai idolanya.

''Aku pikir dia figur yang sangat inspiratif. Aku pikir adalah sesuatu yang patut dikagumi bahwa dia dulu meninggalkan pekerjaan bergaji tinggi dan bekerja untuk komunitas dan membuat dampak di mana ia tinggal.'' ujar Hillary Yip.

CEO perusahaan ini bahkan berharap bisa bertemu dengan sang idola.

''Kalau bertemu dengannya, aku ingin berkata bahwa ini adalah saat yang menarik di mana wanita sepertiku dan yang lain bekerja untuk membuat dunia lebih baik,'' tambahnya.

''Tidak perlu terganggu dengan pengaruh-pengaruh lain karena pasti ada orang yang mengecilkanmu dan berkata kamu tidak bisa. Apa yang penting adalah bangkit dari kritik. Jika itu berguna, jadikan pertimbangan. Jika tidak, hiraukan saja dan lakukan apa yang paling ingin kamu lakukan,'' pesan Hillary Yip untuk sesama pengusaha wanita yang ingin sukses berbisnis.

Itulah yang dilakukan Hillary Yip hinga bisa menjabat sebagai CEO perusahaan di usianya yang masih 13 tahun ini. (Dewiku.com/Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak