Facebook Kehilangan Pasar, Pengguna Media Sosial ini Meningkat

Yang 2019 masih menggunakan Facebook, merapat.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia
Selasa, 08 Januari 2019 | 20:00 WIB
Facebook. (under30ceo.com)

Facebook. (under30ceo.com)

Hitekno.com - Beberapa tahun belakangan, Facebook benar-benar menguasai pasar media sosial. Siapa saja pasti menggunakan media sosial satu ini. Sayangnya, Facebook mulai kehilangan pesonanya. Beberapa pengguna setianya, beralih menggunakan media sosial lain.

Sejak pertama kali dirilis tahun 2004, Facebook sukses menjadi media sosial terbesar di dunia dan menjadi pemimpin berbagai media sosial.

Dilansir dari Forbes, secara global, jumlah pengguna media sosial besutan Mark Zuckerberg ini sudah mencapai kisaran 2,27 miliar hingga Oktober 2018. Angka ini menjadi total 30 persen dari populasi manusia di Bumi yang masih menggunakan Facebook.

Baca Juga: Terungkap, Inilah Sosok Driver Ojol Pertama di Indonesia

Walaupun masih mendominasi, dibandingkan dengan Twitter, Pinterest, YouTube, Instagram, Tumblr, dan lain-lain, pasar Facebook kini semakin menurun dan hampir menghilang.

Data media sosial. (Forbes)
Data media sosial. (Forbes)

Pada laporan Statcounter, pangsa pasar Facebook sebagai media sosial yang digunakan secara global mengalami penurunan dari 75,5 persen pada Desember 2017 hingga menyentuh angka 66,3 persen pada Desember 2018.

Sesaat setelah pangsa pasar Facebook menurun tiap bulannya, pasar beberapa media sosial lainnya justru meningkat secara drastis.

Baca Juga: Kreatif Abis, Driver Ojol Ini Buat Video Tutorial Ala Pramugari

Desember 2018, tercatat pangsa pasar Pinterest mencapai 16,3 persen, Twitter menyentuh angka 8,2 persen, YouTube 4,8 persen, dan Instagram sebesar 1,8 persen.

Sedangkan pada bulan Juni 2018, Facebook mengalami titik terendahnya dengan pangsa pasar sebesar 63 persen. Sedangkan Pinterest mengalami peningkatan hingga 14,2 persen, dan YouTube mencapai 10 persen.

Pada beberapa wilayah di Amerika Serikat, pasar Facebook menurun drastis. Hal ini dicurigai karena terjadinya penyalahgunaan data pengguna yang terjadi sepanjang tahun 2018.

Baca Juga: Tembok dari Ribuan Lego, Netizen Kaget Dengan Dunia Tersembunyi di Dalamnya

Data media sosial. (Forbes)
Data media sosial. (Forbes)

Tercatat, pasar Facebook turun dari 76 persen pada Desember 2017 menjadi 52 persen pada Desember 2018. Di Amerika sendiri, Facebook harus bersaing ketat dengan Pinterest dengan 28 persen, dan Twitter dengan 7,4 persen.

Walaupun mengalami penurunan di Amerika, di Eropa, Facebook tetap mendapat pasarnya dengan meningkatnya pengguna aktif bulanan. Tercatat dari 70 persen bulan Juli 2018, angka ini meningkat sebanyak 77 persen pada November 2018.

Menyaingi Facebook, di Eropa, Pinterest juga cukup populer. Sedangkan di Asia, YouTube dan Twitter menyaingi Facebook. Dan di Afrika, Facebook bersaing dengan YouTube.

Baca Juga: Kalah Lagi, Meme Liverpool Beredar di Media Sosial

Kamu masih menggunakan Facebook? Bagaimana pendapatmu tentang Facebook yang hampir kehilangan pasar ini?

Berita Terkait
TERKINI

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB

Dell Technologies menyoroti tren-tren baru yang akan membentuk industri teknologi pada tahun 2024 dan di masa depan....

internet | 12:06 WIB

Meningkatkan sistem keamanan menjadi langkah yang baik, tetapi upaya tersebut hanya menjangkau permukaan penyalahgunaan ...

internet | 07:24 WIB

Di tengah tingginya frekuensi insiden keamanan siber di Indonesia, hanya 53 persen yang siap untuk mencegah insiden ters...

internet | 07:25 WIB

Berikut adalah beberapa kata kunci yang perlu kita pahami, agar kita dapat lebih mengenali istilah AI....

internet | 09:45 WIB

Nokia Bell Labs mendemonstrasikan teknologi proof-of-concept ini untuk pertama kalinya....

internet | 08:53 WIB
Tampilkan lebih banyak