Internet

Berumur Ratusan Tahun, Ini Pencipta Lagu Natal Populer Still Nacht

Lagu Natal paling populer di dunia ini diciptakan oleh warga Austria.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Natal di Gereja. (Pixabay/12019)
Ilustrasi Natal di Gereja. (Pixabay/12019)

Hitekno.com - Setiap tahunnya tanggal 25 Desember di seluruh penjuru negeri, umat Kristiani merayakan hari Natal untuk memperingati hari kelahiran Yesus.

Dilansir dari Wikipedia, kata Natal sendiri berasal dari ungkapan bahasa Latin Dies Natalis yang berarti Hari Lahir.

Setiap malam perayaan Natal, umat kristiani akan berbondong-bondong pergi ke Gereja untuk beribadah dan menyanyikan lagu rohani.

Salah satu lagu tersebut berjudul ''Stille Nacht'' yang berarti Malam Kudus. Lagu Natal paling populer di dunia ini diciptakan oleh warga Austria.

Bernama Joseph Mohr yang menuliskannya 200 tahun lalu, tepatnya pada Desember 1816.

Ilutrasi naskah lagu  Still Nacht . (Wetterauer Zeitung)
Ilutrasi naskah lagu Still Nacht . (Wetterauer Zeitung)

Saat itu kebaktian Natal pada 25 Desember 1818 di desa kecil Oberndorf tempat Joseph Mohr tinggal lagu ''Stille Nacht'' pertama kali dinyanyikan.

Awalnya ketika malam menjelang Natal 1818, alat musik orgel di gereja Oberndorf rusak. Saat itu Joseph Mohr ingat dengan sajak yang ia buat dua tahun sebelumnya.

Ia menemukan kembali teksnya dan meminta organis gereja Franz Xaver Gruber membuatkan melodi dan komposisi lagu.

Maka malam itu lagu ini dinyanyikan langsung oleh Joseph Mohr dan Franz Xaver Gruber dan diiringin dengan paduan suara dan gitar.

Namun lagu tersebut bukan dipopulerkan Joseph Mohr dan Franz Xaver Gruber, melainkan keluarga penyanyi terkenal Rainer dari Austria memperkenalkan lagu tersebut pada kaisar Autria Franz I dan penguasa Rusia Tsar Alexander I pada tahun 1822.

Game bertema Natal. (Pixabay/jill111)
Game bertema Natal. (Pixabay/jill111)

Lagu tersebut akhirnya dengan cepat menyebar hingga Swedia dan Inggris pada tahun 1890 an.

Tetapi lagu kebaktian Stille Nacht ini dikenal luas setelah adanya perubahan, seorang komponis Johann Hinrich Wicherm yang ada di Hamburg memasukan lagu tersbeut dalam kumpulan lagunya dan dibuat versi pendeknya.

Pada tahun 2011 lalu lagu Stille Nacht yang dinyanyikan setelah Natal  ini telah masuk dalam daftar warisan budaya UNESCO.

Berita Terkait