Internet

Ini Cara Baru Instagram Hentikan Komentar Bully

Anti bully-bully club.

Dinar Surya Oktarini

Instagram Down/Pixabay
Instagram Down/Pixabay

Hitekno.com - Media sosial kini sudah banyak diracuni dengan aksi-aksi bullying oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan banyaknya fenomena tersebut, berbagai platform media sosial kini meluncurkan fitur terbaru untuk mencegah bully, salah satunya Instagram.

Instagram sendiri telah memiliki peraturan yang ketat mengenai bullying. Pengguna bisa langsung melaporkan pada pihak Instagram untuk dievaluasi bahkan dihapus dari platform.

Selain itu, Instagram juga kini menggunakan teknologi artificial intelligence untuk mendeteksi konten-konten yang mengandung bullying di Instagram.

Teknologi AI tersebut dapat diaplikasikan di tiga fitur yang baru diluncurkan oleh Instagram dan begini cara menggunakannya.

Mendeteksi foto yang mengandung unsur bullying

Tagar Populer Instagram
Tagar Populer Instagram

Salah satu kelebihan teknologi artificial intelligence ini adalah dapat mendeteksi foto dengan unsur bully yang diunggah di Instagram akan otomatis terdeteksi meski belum ada yang melaporkannya.

Tidak hanya Instagram, Facebook juga menggunakan teknologi ini dan mendeteksi tindakan bully di foto maupun caption untuk dievaluasi oleh tim operasional.

Efek kamera untuk hal kebaikan

Fitur Instagram/Unsplash
Ilustrasi Instagram/Unsplash

Tidak hanya batasi bully, Instagram juga mengampanyekan kebaikan untuk menghentikan tindakan ini.

Diketahui Instagram berkolaborasi dengan penulis buku, penari dan aktor muda Maddie Ziegler untuk menghentikan bullying dengan efek kamera baru.

Efek kamera ini bisa kamu temukan saat kau menggeser layar ke kanan untuk membuka laman kamera, lalu pilih ikon berbentuk wajah yang berada di bagian bawah dan pilih efek kamera terbaru 'Spread Kindness'.

Dalam mode selfie, nantinya stiker hati akan memenuhi layar dan kamu akan diajak untuk menandai teman-teman yang ingin kamu beri dukungan.

Apabila beralih ke kamera belakang, kamu akan melihat berbagai komentar baik dalam berbagai bahasa.

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Instagram berharap dapat membantu melindungi penggunanya yang menjadi korban bully.

Fitur penyaring komentar bully di Instagram Live

instagram coba/Unsplash
instagram coba/Unsplash

Tidak hanya pada unggahan atau instastory saja, kamu juga bisa menangkal komentar bully saat melakukan Instagram Live.

Fitur penyaring ini akan secara proaktif mendeteksi dan menyembunyikan komentar bully dari Feed, Explore dan profile bahkan komentar yang masuk saat kamu siaran Live.

Semua fitur untuk menangkal bully ini akan tersedia di Instagram kamu kok, asalkan Instagram kamu selalu update ya.

Berita Terkait