Internet

Kasus Pelecehan Seksual di Kereta yang Viral di Media Sosial

Pria ini sempat berbisik ''mbak, mau saya sentuh-sentuh nggak?''.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Pelecehan seksual di kereta. (twitter/negativisme)
Pelecehan seksual di kereta. (twitter/negativisme)

Hitekno.com - Pada Senin (10/09/2018), akun Twitter dengan username @negativisme mengunggah kisah pelecehan seksual yang terjadi di kereta Prameks tujuan Yogyakarta - Solo, Jawa Tengah menjadi viral di media sosial.

Kejadian yang terjadi di kereta Prameks ini pertama kali dibagikan oleh akun Instagram @ayunitafrdsa di Instagram Story miliknya.

Ayunita yang naik kereta dari stasiun Tugu, Yogyakarta ini mengaku melihat si pria naik ke kereta dari stasiun Lempuyangan, Yogyakarta.

Pria yang tidak diketahui identitasnya ini terlihat senyum-senyum dan memandangi Ayunita dengan tatapan penuh nafsu. Ia lalu mengaku sangat ilfeel dengan tingkah pria ini.

Beberapa saat kemudian, seorang perempuan yang berada di depan Ayunita langsung berteriak dan menangis histeris sambil menunjuk pria tersebut.

Setelah ditelusuri, pria ini ternyata melakukan tindakan pelecehan seksual terhadap perempuan tersebut. Bahkan menurut pengakuan korban, pria ini sempat berbisik ''mbak, mau saya sentuh-sentuh nggak?''.

Pelecehan seksual di kereta. (twitter/negativisme)
Pelecehan seksual di kereta. (twitter/negativisme)

 

Para petugas kereta langsung menghampiri pelaku tersebut. Tidak mengaku, pria ini malah menyangkal semua tuduhan dan melawan beberapa orang yang akan menyerangnya.

Demi keamanan, tangan pria tersebut langsung diborgol di tiang pegangan yang ada di kereta.

Mengkonfirmasi kondisi tempat kejadian, Ayunita menjelaskan jika perempuan tersebut tidak mengenakan pakaian terbuka yang bisa mengundang tindakan kurang ajar dari lawan jenis.

''FYI, mbaknya syar'i parah. pake gamis, jilbab an panjang, pake masker dan kaos kaki pula literally cuma mata doang yg keliatan'' tulis Ayunita.

Dalam unggahan Instagram Story, Ayunita juga menunjukan foto pelaku yang tangannya sedang diborgol oleh pihak berwajib.

Di akhir tulisan panjangnya, Ayunita meminta agar para perempuan lebih berhati-hati saat sedang menggunakan transportasi kereta. Jika terpaksa harus berdiri, sebaiknya berada di sudut yang dekat dengan penumpang perempuan lainnya.

Ayunita juga meminta untuk para pria agar lebih menghargai perempuan, terutama mereka yang sudah memilih untuk menutup aurat.

Unggahan Ayunita mengenai kasus pelecehan seksual di kereta ini langsung viral di media sosial sesaat setelah diunggah. Banyak yang merasa penting untuk membagikan kisah ini, sebagai bentuk jaga-jaga.

''Gimana kalau perempuan berpakaian pantas. Laki laki menjaga nafsu. ADIL KAN??? KARENA SEMUA ASPEK ITU MEMPENGARUHI'' tulis @bittersweet0499.

''mau gimana pun ya, kasus pelecehan seksual itu ya soal mindset mesum pelakunya, entah si korban mau pake baju minim/maxi, ga ada hubungannya. berhenti buat nyudutin korban yg harusnya kita dukung dan perjuangin haknya. kalau ada yg pengen dikoreksi ya pelakunya, bukan yg lain.'' komentar @LisaLisoLis.

Setelah diunggah dan menjadi viral di akun Twitter @negativisme, cuitan ini sudah mendapat 3.888 retweets dan 117 balasan dari sesama pengguna Twitter.

Berita Terkait