Internet

Inilah Daniel Zhang, Sosok Penerus Jack Ma di Alibaba Group

Dialah sosok di balik gurita bisnis Alibaba Group.

Agung Pratnyawan

Daniel Zhang, sosok pengganti Jack Ma di Alibaba Group. (Twitter/@alibabagroup)
Daniel Zhang, sosok pengganti Jack Ma di Alibaba Group. (Twitter/@alibabagroup)

Hitekno.com - Seperti dilaporkan sebelumnya, Jack Ma berencana mundur dari posisinya di Alibaba Group pada 2019 mendatang. Posisi Jack Ma ini nanti akan digantikan oleh Daniel Zhang.

Siapa sebenarnya Daniel Zhang ini? Kenapa dia ditunjuk sebagai penerus Jack Ma di Alibaba Group?

Nama Daniel Zhang sendiri bukan orang baru di Alibaba Group. Pria berusia 46 tahun ini saat ini sedang menduduki posisi Chief Executive Officer (CEO) di Alibaba Group.

Diketahui, Daniel Zhang telah bergabung ke Alibaba sejak 2007 silam. Saat itu ia bergabung sebagai Kepala Keuangan Taobao Marketplace.

Setelah setahun, ia mendapat kepercayaan sebagai Chief Operating Officer Taobao Maarketplace dan General Manager Taobao Mall.

Di bawah naungan Daniel Zhang ini, bisnis Taobao Mall berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu bisnis penting Alibaba Group.

Sosok Daniel Zhang juga menjadi orang dibalik suksesnya festival belanja online terbesar di dunia 11.11 atau lebih dikenal dengan nama Single Day.

Daniel Zhang, penerus Jack Ma di Alibaba Group. (alizila)
Daniel Zhang, penerus Jack Ma di Alibaba Group. (alizila)

 

Dari Taobao Mall, karier Daniel Zhang pun ikut berkembang pesat. Hingga pada Mei 2015, Daniel Zhang dipercaya menduduki posisi CEO Alibaba Group.

Ditangan Daniel Zhang inilah bisnis Alibaba Group semakin meluas dan menggurita di berbagai sektor. Dan menjadi group sebesar sekarang.

Daniel Zhang memimpin 86 ribu karyawan Alibaba Group hingga perusahaan ini memiliki valuasi 420,9 miliar dolar AS saat ini.

Pria kelahiran Shanghai ini juga dikenal bertekad kuat untuk menjaga harga saham perusahaan ini. Hal ini mempengaruhi Alibaba Group dalam menjalankan bisnisnya.

Dilansir dari South China Morning Post, Jack Ma memuji kemampuan Daniel Zhang dalam memimpin perusahaan tersebut. Bahkan Jack Ma mengungkap tidak ada yang menandingi pikiran analistis Daniel Zhang ini.

Daniel Zhang juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati namun penuh energi. Para karyawan memberikan Daniel Zhang julukan Xiaoyaozi, yang berarti bebas dan tidak terkekang.

Seperti apakah nantinya Alibaba Group di tangan Daniel Zhang? Pastinya akan banyak perubahan, mengingat Jack Ma dan Daniel Zhang cukup berbeda.

Jack Ma yang dikenal sangat ikonik dan kharismatik bagi perusahaan. Sedangkan Daniel Zhang lebih kalem dan mendalam dalam analisa.

Kita tunggu saja perkembangan selanjutnya dari Alibaba Group di bawah pemimpinan Daniel Zhang ini.

Berita Terkait