Internet

Umumkan Rencana Pensiun, Jack Ma Ingin Kembali Jadi Guru

Tidak sekarang, tapi Jack Ma akan mundur dari posisinya pada 2019.

Agung Pratnyawan

Jack Ma. (Facebook)
Jack Ma. (Facebook)

Hitekno.com - Gonjang-ganjing posisi Jack Ma di Alibaba akhirnya terjawab juga. Alibaba, pada Senin (10/9/2018), mengumumkan bahwa pendiri dan pemimpin dewan direksinya, Jack Ma, akan mundur dari posisinya pada 10 September 2019.

Setelah mundur nanti, poisi Jack Ma akan digantikan oleh chief executive officer, Daniel Zhang. Jack Ma kemudian akan duduk di dalam dewan direktur Alibaba hingga digelarnya pertemuan para pemegang saham pada 2020 mendatang.

Dalam surat kepada para pelanggan dan pemegang saham, Jack Ma mengatakan transisi itu merupakan langkah menuju perubahan lebih baik.

"Ini menunjukkan bahwa Alibaba telah melangkah ke level lebih tinggi dalam tata kelola perusahaan, dari yang mengandalkan individu-individu menjadi perusahaan yang mengandalkan sistem organisasi yang bagus dan budaya pengembangan sumber daya manusia," tulis Jack Ma.

Jack Ma dalam film pendek yang mempromosikan Tai Chi. (Yahoo News Singapore)
Jack Ma dalam film pendek yang mempromosikan Tai Chi. (Yahoo News Singapore)

 

"Memulai proses menyerahkan tongkat estafet Alibaba ke Daniel dan timnya adalah keputusan yang tepat di saat yang tepat, karena saya tahu bahwa mereka sudah siap dan saya sangat percaya pada generasi pemimpin kami berikutnya," lanjut Jack Ma.

Jack Ma menambahkan bahwa ia, sebagai salah satu pendiri, berencana melanjutkan perannya di Alibaba Partnership bersama 36 pemimpin senior Alibaba untuk merawat visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

"Saya juga ingin kembali ke pendidikan, bidang yang memberikan saya sangat banyak berkat, karena itulah pekerjaan yang saya cintai," imbuh dia.

Jack Ma. (livetradingnews.com)
Jack Ma. (livetradingnews.com)

 

Kabar pengunduran diri Jack Ma sudah berembus sejak pekan lalu, bermula dari laporan New York Times yang secara keliru menulis bahwa Ma akan mengumumkan pensiun dari Alibaba pada hari ini, tepat pada ulang tahunnya yang ke-54.

Laporan New York Times itu kemudian dibantah oleh Alibaba pada Minggu (9/9/2018). Lewat juru bicaranya Alibaba mengatakan bahwa Jack Ma hanya akan mengumumkan strategi suksesi dan tidak akan pensiun dalam waktu dekat.

Tulisan ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul Jack Ma Umumkan Rencana Pensiun, Ingin Kembali Jadi Guru.

Berita Terkait