Wajib Baca, Ini 4 Rahasia Besar Kamu yang Diketahui Google

Apa sih yang tidak diketahui Mbah Google?

Agung Pratnyawan
Kamis, 30 Agustus 2018 | 10:00 WIB
Kantor Google. (Ubergizmo)

Kantor Google. (Ubergizmo)

Hitekno.com - Seberapa pandai kamu menyimpan rahasia? Mungkin orang-orang sekitarmu tidak tahu. Tapi bagaimana dengan Google? Ternyata Google tahu beberapa rahasia besar milikmu, lho!

Kemajuan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan memberikan banyak kemudahan bagi kita. Namun, sebaiknya kalian tetap berhati-hati dalam memanfaatkannya.

Jangan sampai kalian terbuai dengan kecanggihan hingga lalai dan memberikan berbagai rahasia besar yang bersifat pribadi.

Baca Juga: Harus Tahu, Ini 7 Fitur Google Search yang Memudahkan Harimu

Seperti halnya saat menggunakan kecanggihan teknologi internet dan smartphone. Di satu sisi, kita sangat dimanjakan dengan berbagai kemudahannya, tapi di sisi yang lain, kita hampir tidak memiliki privasi, lho.

Parahnya lagi, tanpa kita sadari, Google bisa mengakses kehidupan pribadi dengan sangat mudah!

Hal ini terjadi karena kita saling terkoneksi dengan berbagai fitur canggih yang mereka tawarkan.

Baca Juga: Temuan Baru, Ini Trik Hacker Curi Password Dari Komputer

Sebagai contoh, tentang kehidupan pribadi yang seharusnya menjadi rahasia bagi kita sendiri tapi justru bisa diakses dengan mudah oleh Google.

Ilustrasi akses internet. (Pexels)
Ilustrasi akses internet. (Pexels)

1. Kata sandi

Ini yang paling krusial. Urusan kata sandi adalah hal yang sangat pribadi dan sebaiknya tidak bisa diakses oleh orang lain. Sayangnya, Google bisa mengetahui dengan mudah.

Baca Juga: 7 Fitur Rahasia Google Drive

Contoh: Setiap kali mengakses internet dengan Google Chrome, kalian pasti diberikan tawaran untuk menyimpan kata sandi. Jika kalian klik setuju, otomatis Google mendapatkan satu akses paten untuk masuk ke dalam kehidupan pribadimu.

Ilustrasi akses internet. (Pexels)
Ilustrasi akses internet. (Pexels)

2. Tahu isi email

Kamu pasti punya satu akun Gmail kan? Tahu nggak sih, Google punya akses buat masuk ke dalam akunmu dan menjelajahi isi emailmu yang notabene sangat privasi.

Baca Juga: Trik Rahasia dari Google Ini Bikin Hidup Lebih Praktis

Kamu keberatan dengan resiko ini? Nggak ada cara lain kecuali tutup akun Gmail kamu itu, Girls. Hanya itu satu-satunya cara biar isi emailmu tetap aman dan nggak diketahui pihak ketiga.

Mau opsi lain yang lebih aman? Balik lagi surat-suratan pakai pos :D

Ilustrasi email. (Pexels)
Ilustrasi email. (Pexels)

3. Mencatat kemana pun kamu pergi

Selama fitur GPS-mu aktif, siap-siap saja nggak bakal ada batas privasi antara kamu dan Google! Google bakal terus mencatat lokasi mana saja yang kamu singgahi dan menyimpannya dengan rapi di Google Maps timeline.

Coba sesekali kamu buka riwayatmu penjelajahanmu, kamu akan takjub dengan isinya. Google akan mencatat segalanya dengan sangat detail dan terperinci.

Google map. (Pexels)
Google map. (Pexels)

4. Google tahu situs online favoritmu

Sering belanja online lewat aplikasi Google? Hal ini akan mempermudah mereka dalam memprediksi situs belanja online favoritmu. Google bisa mendeteksi dengan mudah situs belanja mana yang sering kamu kunjungi.

Buka profilmu di Google Ad Setting, disana semua situs online kesukaanmu akan muncul. Dari hal ini juga Google jadi tahu apa hobi dan kesukaanmu.

Belanja online. (Pexels)
Belanja online. (Pexels)

Gimana, Girls? Apakah kamu sadar bagaimana mudahnya Google mengakses kehidupan pribadi kita? Begitulah teknologi, semakin canggih fitur yang ditawarkan, semakin besar juga resiko yang mengancam.

Sekarang tinggal pandai-pandainya kamu memanfaatkan teknologi. Jangan sampai ini menjadi bumerang dan rahasia besarmu disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab, ya!

Tulisan mengenai rahasia besar yang diketahui Google ini sudah dimuat di Dewiku.com dengan judul Sadar Nggak? Google Sangat Mudah Mengetahui 4 Rahasia Besarmu.

Berita Terkait
TERKINI

Jaringan internet yang ditawarkan HSPnet berkapasitas tinggi hingga 6 Tb/s....

internet | 10:48 WIB

Intel juga mengumumkan jajaran sistem-sistem AI baru yang skalabel dan terbuka, produk-produk generasi berikutnya dan ko...

internet | 18:50 WIB

Seluruh transaksi di acara JakCloth Ramadan 2024 akan menggunakan QRIS dan transfer bank melalui BI FAST....

internet | 14:12 WIB

PointStar menyatakan dukungannya terhadap misi pemerintah dengan memungkinkan integrasi seluruh proses bisnis organisasi...

internet | 17:09 WIB

Grab menjadi perusahaan teknologi pertama yang menerima Sertifikat Penetapan Program Kepatuhan Persaingan Usaha dari KPP...

internet | 17:15 WIB

Seminar di UI memfokuskan pada perkembangan terkini dalam ilmu data, komputasi super, AI generatif, dan etika AI....

internet | 21:26 WIB

Dalam acara ini, peserta bertukar pendapat mengenai tren saat ini dan prospek masa depan AI dalam pendidikan....

internet | 16:31 WIB

Aplikasi Merchant BCA ini didesain sebagai solusi untuk memberdayakan bisnis dari berbagai skala....

internet | 09:36 WIB

Keberadaan CCTV selama ini nyatanya tak cukup mencegah aksi kejahatan....

internet | 12:24 WIB

Berdasarkan feedback pengguna, Samsung akan menyediakan opsi dan pengalaman yang semakin ditingkatkan melalui SamsungGal...

internet | 20:46 WIB

Nuon Digital Indonesia menjajakibisnis baru dan melakukan inovasi pada produk-produk andalannya....

internet | 17:48 WIB

Perubahan nama ini merupakan langkah strategis Google untuk menggabungkan chatbot Bard dan layanan AI lainnya di bawah s...

internet | 18:15 WIB

Program AI TEACH for Indonesia merupakan program pengembangan kapasitas yang bertujuan untuk mengembangkan lanskap pendi...

internet | 17:14 WIB

Pinhome mengumumkan kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan dalam pengadaan proteksi keselamatan kerja bagi seluruh Rekan...

internet | 09:56 WIB

Didukung Kominfo dan universitas-universitas setempat, kampanye ini bertujuan mengeksplorasi lanskap AI dan mendiskusika...

internet | 11:44 WIB

Di 14 kota, ribuan driver Grab bersama keluarga nonton bareng film Srimulat: Hidup Memang Komedi...

internet | 08:56 WIB

Mengakses konten Premier League melalui situs web atau perangkat streaming tidak resmi akan membuat diri mereka rentan t...

internet | 08:46 WIB
Tampilkan lebih banyak