Internet

Iseng Ikut Foto, Gadis Ini Jadi Iklan Di Seluruh Dunia

Tidak teliti namun suka narsis saat foto, jangan sampai nasibnya berakhir seperti ini ya.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Foto yang Dipakai Seluruh Dunia (twitter.com/ShubnumKhan)
Foto yang Dipakai Seluruh Dunia (twitter.com/ShubnumKhan)

Hitekno.com - Pengguna Twitter bernama Shubnum Khan dengan username @ShubnumKhan pada Sabtu (28/07) mengunggah cuitan mengenai foto dirinya yang menjadi iklan di seluruh Dunia.

Shubnum menceritakan bagaimana fotonya bisa menjadi model iklan salah satu gerai restoran cepat saji yang ada di Cina.

Jauh sebelum dirinya menemukan fotonya di iklan gerai restoran tersebut, Shubnum pernah mendapat sebuah pesan dari temannya.

Temannya mengaku menemukan foto Shubnum sebagai iklan untuk promosi imigrasi di sebuah koran Kanada.

Setelah kaget dan mencoba menganalisa foto tersebut, Shubnum Khan yakin jika itu adalah fotonya. Namun ia bingung, bagaimana fotonya bisa berakhir di belahan dunia lain.

"Awalnya saya sangat shock dan bingung. Saya mencoba mempelajari fotonya, dan saya setuju itu adalah saya. Sekarang saya tidak masalah jika mempromosikan imigrasi di Kanada, tapi aku tidak mengerti mengapa wajah saya bisa berada di belahan dunia lain" tulisnnya di Twitter.

Makin bingung, salah satu sahabatnya lalu mengingatkan jika keduanya pernah melakukan pemotretan beberapa tahun lalu saat masih berkuliah.

Sang fotografer menjanjikan hasil foto layaknya profesional sebagai ganti karena telah mau dipotret.

"Itu disebut Potret 100 Wajah & Si Fotografer" tulisnnya mengingat kejadian tersebut.

Berniat untuk membantu si fotografer, Shubnum Khan dan sahabatnya langsung setuju untuk membubuhkan tanda tangan mereka dalam surat persetujuan tersebut.

Keduanya mengira jika tanda tangan surat tersebut sebagai ijin ke fotografer untuk menggunakan foto mereka sebagai portofolio, sayangnya mereka lupa dengan sebuah catatan kecil yang ada di surat tersebut.

Setelah dihubungi, fotografer tersebut mengiyakan jika ia memotret Shubnum Khan dan temannya dengan 3 ekspresi, wajah datar, senyum, dan gaya gila.

Bagaimana foto tersebut bisa berakhir di berbagai iklan, si fotografer mengaku jika ketiga foto yang ia ambil adalah stock photos yang sudah ia jual.

Kaget dengan pernyataan si fotografer, Shubnum lalu mencoba melakukan pencarian terhadap fotonya tersebut di Internet.

Yang ia temukan sangat mengejutkan. Shubnum menemukan fotonya menjadi iklan imigran di Kanada, penjual karpet di New York, sampai mencari cinta di Prancis.

Tidak hanya beberapa, dalam cuitannya, Shubnum juga melampirkan beberapa iklan lainnya yang menggunakan fotonya.

Faktanya, ia tidak mendapat bayaran dari seluruh iklan yang menggunakan wajahnya tersebut.

Si fotografer juga mengaku jika ia tidak bisa melakukan apapun, karena kesepakatan antara keduanya terjadi secara legal dan sudah dijelaskan sebelumnya.

Namun, ia setuju untuk menghilangkan foto tersebut dari stock photos yang ia jual.

Shubnum Khan mengaku, pada awalnya, ia melihat hal ini sangat lucu saat orang-orang menemukan potret wajahnya secara random.

Namun seiring berjalannya waktu dan semakin dewasa, ia mengaku malu dan khawatir jika fotonya digunakan untuk hal-hal yang salah atau berbahaya.

Di akhir cuitannya, Shubnum berharap para pengguna Twitter yang lain tidak mengalami hal yang ia alami.

Ia meminta agar lebih teliti saat membaca sesuatu sebelum kamu tanda tangani.

Nah pelajarannya, jangan sembarang tergiur untuk foto saat ada yang menawarkan ya, kalau tidak mau mengalami seperti Shubnum Khan ini.

Berita Terkait