Internet

Viral Bom Lava Meluncur Lagi, 23 Wisatawan Terluka

Bom lava tersebut berukuran sebesar bola basket dan meluncur secara tiba-tiba sehingga melukai 23 wisatawan

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Sumber: Geology In
Sumber: Geology In

Hitekno.com - Gunung Berapi menyimpan sejuta misteri ketika sedang erupsi atau akan meletus. Baru-baru ini di Hawaii, sebuah video rekaman wisatawan terkena bom lava viral di internet.

Video tersebut sudah diberi emoticon sebanyak 2.000 kali dan dibagikan lebih dari 5.600 orang. Bom lava memang susah untuk diprediksi. Wisatawan yang sedang berekreasi di dekat gunung Kilauea terkena bom lava dan 23 diantaranya terluka.

Bom lava itu meluncur pada tanggal 16 Juli pukul 6.00 pagi waktu setempat. Peristiwa kecelakaan ini terjadi di lepas pantai ketika para wisawatan sedang menonton pertunjukkan lava yang bertemu di lautan.

Dilansir dari Livescience, bom lava tersebut berukuran sebesar bola basket dan meluncur secara tiba-tiba sehingga melukai 23 wisatawan. Bola basket api itu menghantam kapal dan membuat salah satu atap yang terbuat dari besi langsung berlubang.

Sumber: Hawaii Department of Land and Natural Resources
Sumber: Hawaii Department of Land and Natural Resources

Setelah insiden ini, kapal langsung kembali ke Wailoa Small Boat Harbor, Hilo Amerika Serikat. Di pangkalan kapal itu para petugas medis dan petugas darurat langsung bertindak cepat dan mengevakuasi para korban.

Empat orang dilarikan ke Pusat Medis Hilo dengan ambulans, sembilan lainnya pergi ke rumah sakit dengan kendaraan pribadi dan 10 orang dirawat di tempat kejadian karena luka ringan.

Departemen Pemadam Kebakaran County Hawaii melaporkan seorang wanita berumur 20 tahun menderita luka parah. Perempuan itu terkena sebagian besar percikan lava sehingga tulang pahanya retak dan luka bakar cukup serius.

Sebuah studi menunjukkan bom lava dikenal juga sebagai bom vulkanik sebagai lelehan lava yang meletus keluar selama erupsi, mengeras di udara dan kemudian jatuh kembali.

Bom lava yang mengeras di ketinggian 1000 meter masih cukup panas untuk membakar rumah atau besi yang menjadi tempat jatuhnya.

Menurut American Museum of Natural History, bom lava seperti kerak roti yang mengeras di luar namun tetap ada bagian cair di dalamnya.

Seorang wisatawan berhasil merekam peristiwa tersebut dan membagikan melalui akun Facebook. Asap gelap mengepul ketika bom lava meluncur diiringi dengan suara keras dan jeritan para korban. Berikut detik-detik ketika bom lava berhasil direkam:

(Sumber: Facebook.com/ Will Bryan)

Berita Terkait