Internet

Kembali Tersandung Isu Privasi, Ini Sanggahan Facebook

Bulan April kemarin, Mark Zukerberg harus menghadapi sidang terkait pelanggaran privasi yang dilakukan oleh Facebook. Diduga Cambridge Analytica mengumpulkan informasi jutaan pengguna Facebook untuk kepentingan politik.

Agung Pratnyawan | Praba Mustika

facebook/pixabay.com
facebook/pixabay.com

Hitekno.com - Pada bulan Mei lalu, Facebook dirumorkan akan meluncurkan smart speaker tapi terhalang dengan skandal facebook dan Cambridge Analytica.

Facebook sedang mencoba peruntungan mengikuti Google dengan Google Home-nya dan Echo, smart speaker buatan Amazon yang telah lebih dulu dijual bebas di pasaran.

Baru-baru ini, Facebook kembali diterpa isu tentang paten anyarnya yang dianggap menggunakan mikrofon secara diam-diam untuk merekam aktivitas penggunanya.

Kabar ini telah ramai di beberapa media yang membahas soal teknologi. Dikatakan bila mikrofon mendengar kata "phone" atau "microphone" maka, secara otomatis smart speaker rancangan Facebook, akan merekam kegiatan yang sedang dilakukan.

Isu ini diperparah dengan klaim bahwa Facebook akan menerima rekaman suara tersebut untuk mengetahui respon user terhadap sebuah iklan.

Facebook Patent/engadget.com
Facebook Patent/engadget.com

Allen Lo, selaku Facebook VP dan Wakil Penasihat Umum menyanggah isu tersebut dan mengatakan bahwa Facebook tidak sedang membuat perangkat yang bisa merekam secara diam-diam.

Pihak Facebook mengatakan bahwa paten anyarnya yang baru saja didaftarkan adalah untuk mengembangkan perangkat smart speaker.

Selain mencegah paten tersebut didaftarkan lebih dahulu oleh perusahaan lain, mereka juga menegaskan bahwa di dalam paten tersebut tidak ada kata "phone" atau "microphone" sama sekali.

Isu pelanggaran privasi yang dialami Facebook memang membuat semua orang lebih waspada lagi ketika menggunakan media sosial buatan Mark Zuckerberg itu. Tidak terkecuali saat mereka mencoba membuat perangkat baru.

Berita Terkait