Internet

Chatbot Sofia, Teman Wisatawan Muslim Temukan Santapan Halal

HHWT adalah platform konten yang membantu wisatawan muslim untuk dapat melakukan perjalanan dengan percaya diri tanpa perlu bantuan pemandu wisata.

Tinwarotul Fatonah | Amelia Prisilia

Chatbot Sofia/Microsoft
Chatbot Sofia/Microsoft

Hitekno.com - Bulan Suci Ramadan telah tiba, tentu banyak di antara kamu yang sudah merencanakan liburan Lebaran dan tengah tahun dalam waktu bersamaan.

Menurut data dari Direktorat Jenderal Imigrasi Republik Indonesia, sekiranya ada 9,1 juta wisatawan Indonesia yang berwisata ke luar negeri.

Saat masa-masa liburan ke luar negeri, sepertinya penting untuk memastikan bahwa makanan yang dimakan kamu saat berlibur adalah santapan halal.

Mikhail Goh bersama istrinya dan teman baiknya kemudian membuat Have Halal, Will Travel (HHWT).

Apa itu HHWT?

HHWT adalah platform konten yang membantu wisatawan muslim untuk dapat melakukan perjalanan dengan percaya diri tanpa perlu bantuan pemandu wisata.

HHWT ini menghadirkan rekomendasi dari berbagai komunitas kontributor seluruh dunia, seperti London hingga Bangkok.

Chatbot Sofia/Microsoft

Biasanya orang-orang ini sudah memiliki pengalaman tinggal di negara tersebut selama bertahun-tahun sehingga mampu memberikan wawasan yang otentik untuk menemukan makanan halal lokal yang terbaik, tempat ibadah, dan apa saja yang harus diperhatikan saat mengunjungi tempat-tempat tersebut.

HHWT kini sudah menjangkau lebih dari sembilan juta muslim di Singapura, Malaysia, dan Indonesia setiap bulannya, memberikan informasi yang berharga untuk membantu setiap wisatawan merencanakan perjalanan ke destinasi populer seperti Hong Kong, Jepang, London, Melbourne dan Korea Selatan.

Untuk menjawab dan melayani 8000 pengguna platform ini, HHWT kemudian menciptakan sebuah chatbot yang menggabungkan teknologi awan Azure dari Microsoft dan teknologi Language Understanding Intelligence Services (LUIS).

Chatbot ini dapat menjawab hampir semua pertanyaan yang para wisatawan setiap hari.

Chatbot ini diberi nama Sofia yang mampu online selama 24 jam dalam 7 hari, tidak terbatas oleh zona waktu mereka berada.

Sofia dipersiapkan dalam waktu yang cukup singkat berkat kerja sama antara tim HHWT yang mempercayai peralatan yang sudah disediakan oleh Microsoft pada awan dengan bantuan mitra teknologi PleoData.

Saat ini Sofia memiliki kemampuan decision tree yang memungkinkan penggunanya untuk mempersempit jawaban yang mereka cari.

Sangat berguna kan Sofia ini untuk kamu yang suka travelling ke luar negeri.

HHWT kini sedang bekerja sama dengan berbagai badan pariwisata dari berbagai negara di seluruh dunia dan brand-brand global untuka menjangkau komunitas muslim.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, kamu tinggal mengakses havehalalwilltravel.com.

Selamat berkenalan dengan Sofia, dan selamat travelling.

Hitekno.com/Amelia Prisilia

Berita Terkait