Review Undawn, Open World Survival yang Luas Banget dan Kompleks

Garena Undawn bukan sekadar game survival bertahan dari serangan zombie, game ini kompleks banget.

Agung Pratnyawan
Kamis, 22 Juni 2023 | 15:30 WIB
Garena Undawn. (Garena)

Garena Undawn. (Garena)

Hitekno.com - Garena Undawn hadir sebagai game open world survival yang memiliki dunia luas. Simak review Undawn early access berikut ini sebelum kamu langsung nyobain.

Game MMORPG Undawn akan dirilis Garena secara umum pada 29 Juni 2023. Kamu bisa mendapatkan game mobile open world survival ini melalui platform resmi.

Garena mengklaim kalau Undawn hadir sebagai game MMORPG mobile dengan cita rasa AAA. Namun apa saja yang ditawarkan Garena Undawn ini? Bukan sekadar game open world digabung dengan game survival saja.

Baca Juga: Review POCO F5: Performa Jempolan Bikin Player Genshin Impact Ketagihan, Kelemahannya Tak Terduga

Dalam review Undawn, Tim HiTekno.com berkesempatan untuk menjajal game mobile ini lebih dulu atau early access sebelum diluncurkan. Selama menjajal, game ini terlihat mewah sejak awal.

Grafis Game Mobile

Review Garena Undawn. (Garena)
Review Garena Undawn. (Garena)

Soal grafis, tidak diragukan lagi bagaimana grafis yang dihadirkan untuk game mobile. Garena Undawn ini tergolong cukup realistik.

Baca Juga: Review MSI Crosshair 15 R6E, Laptop Gaming Performa Super

Tim HiTekno.com menjajal memakai smartphone BlackShark 4 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 870 RAM 6 GB. Game Garena Undawn ini bisa berjalan dengan lancar.

Dalam setting hanya terbuka pengaturan grafis Texture Quality sampai Ultra, juga Frame Rate High. Dengan pengaturan itu Undawn jalan sangat lancar.

Dalam versi sebelum resmi rilis ini, memang ada beberapa pengaturan grafis yang belum terbuka. Meski begitu, Undawn terlihat cukup memukau.

Baca Juga: Review Black Shark 4, Ditakdirkan untuk Main Game

Secara tekstur cukup baik dan detail. Termasuk ornamen yang ada di rumah, developer nampak serius menggarapnya.

Kamu akan menemukan zombie yang cukup beragam tampilannya. Tampilan hutan yang cukup realistik, dan kota yang didesain dengan apik.

Sayangnya para NPC kebanyakan cuma diam berdiri di tempatnya saja. Hal ini membuat suasana kota terlalu sepi.

Baca Juga: Review Game Lokapala, MOBA Pertama Buatan Indonesia

Secara karakter build, kamu bisa meningkatkan level kamu. Juga membuka berbagai skill dan meningkatkan levelnya.

Selain itu, kamu juga bisa mendandani karakter kamu selayaknya game MMORPG. Baik dari pakaian, hingga aksesoris dan riasan wajah juga rambut.

Lebih lanjut lagi kamu juga bisa melakukan kustomisasi pada senjata. Ada banyak senjata yang bisa digunakan dan dimodifikasi.

Gameplay Mekanik

Garena Undawn. (Garena)
Garena Undawn. (Garena)

Secara gameplay, game MMORPG ini menghadirkan pengalaman shooting yang cukup apik. Pengendalian yang lebih realistis.

Buat kamu pemain game shooting mobile lainnya, akan lebih mudah terbiasa dengan control Undawn. Baik untuk gerakan hingga tombol aksinya.

Namun yang disayangkan, tampilan UI Garena Undawn ini terlalu ramai. Terlalu banyak tombol yang ditampilkan dalam layar.

Hal ini membuat beberapa tombol jadi susah untuk dipilih. Seperti dalam pengambilan item yang kadang saling bertumpukan.

Secara gameplay mekanik, Garena Undawn ini bukan sekadar game tembak-tembakan bertahan hidup dari serbuan para zombie saja.

Kamu juga dituntut bertahan hidup dari kerasnya alam. Selain zombie, kamu akan bertemu binatang buas yang siap mengancam.

Belum lagi game ini juga mengusung status karakter yang realistik. Mulai dari lapar, haus, kelelahan hingga mengantuk.

Review Garena Undawn. (Garena)
Review Garena Undawn. (Garena)

Lebih realistik lagi, ada juga status mental, higienis hingga metabolisme yang harus selalu diperhatikan para pemain.

Untuk bisa bertahan di dunia yang penuh zombie, kamu harus bisa memenuhi kebutuhan karakter kamu. Baik makanan, minuman, istirahat hingga kebersihan dan mental.

Game MMORPG ini juga menghadirkan perubahan waktu, baik siang hari maupun malam hari. Situasi dunianya pun berubah dari siang ke malam.

Di malam hari, para zombie tidak hanya lebih banyak dan makin beragam. Namun para zombie jadi lebih agresif dalam menyerang.

Begitu juga dengan para hewan buas, makin banyak binatang yang lebih agresif. Sudah harus bertahan dari zombie, harus hati-hati dengan binatang buas juga.

Ada juga role yang tersedia, namun bukan untuk pertempuran. Melainkan untuk bertahan hidup, yakni dalam upaya mengumpulkan resource di Undawn.

Eksplorasi Luas

Review Garena Undawn. (Garena)
Review Garena Undawn. (Garena)

Sebagai game Open World, Garena Undawn menghadirkan peta yang sangat luas. Namun tidak langsung dibuka begitu saja, kamu sendiri harus yang membukanya.

Tidak hanya melalui penjelajahan, namun juga dengan misi dan menyelesaikan tantangan di Undawn. Dan semakin lama terlihat semakin luas.

Kamu akan menemukan beberapa shelter atau kota tempat manusia bertahan hidup dari serangan zombie. Masing-masing tempat juga didesain secara unik.

Di luar kota, game MMORPG ini menawarkan alam yang begitu luas. Dari pegunungan dengan penuh hutan, hingga bekas pemukiman yang banyak dihuni zombie.

Dalam eksplorasi kamu di Garena Undawn, kamu juga bisa mengumpulkan berbagai item. Dari kayu, batu, daging, makanan dan masih banyak lainnya.

Zombie dan para binatang buas juga menjatuhkan berbagai item. Dari sana kita bisa mendapatkan berbagai keperluan crafting.

Selain itu kamu juga bisa melakukan farming resource. Mulai dari menebang pohon, menambang batu, mengumpulkan tanaman, dan masih banyak lainnya.

Review Garena Undawn. (Garena)
Review Garena Undawn. (Garena)

Selain itu kamu juga bisa menjajal membuka lemari hingga peti yang ditemui di perjalanan kamu. Banyak item yang tak terduga bisa ditemukan.

Di game MMORPG ini juga, kamu bisa membangun basecamp sendiri. Bahkan bisa menjadikannya selayaknya rumah sendiri.

Dari bentuk bangunan maupun menghiasinya. Di basecamp ini pula kamu bisa menempatkan crafting dan workbench untuk crafting.

Garena Undawn ini tidak hanya memberikan peta yang sangat luas untuk kamu jelajahi. Namun banyak aktivitas yang bisa dilakukan di sana.

Selain melalui fast traver dan jalan kaki, ada transportasi yang bisa kamu gunakan. Mulai dari mobil hingga sepeda motor bisa kamu gunakan sebagai kendaraan.

Crafting

Garena Undawn. (Garena)
Garena Undawn. (Garena)

Soal crafting, ini sangat kompleks. Kamu tidak hanya mengumpulkan bahan atau material saja. Kamu butuh juga blueprint dan meja khusus untuk crafting.

Kebanyakan resource yang dibutuhkan untuk crafting tersedia di alam luas. Baik itu kayu, batu, mineral, hingga makanan.

Namun ada beberapa item yang sayangnya harus kamu beli dari NPC. Seperti lem dan beberapa bahan crafting lainnya.

Apa saja yang bisa dibuat di Garena Undawn? Banyak! Dari senjata dan aksesorisnya, makanan untuk mengisi perut, hingga furniture basecamp kamu.

Kamu juga harus membuka resep crafting lebih dulu untuk bisa melakukannya. Ada juga yang baru terbuka jika mencapai level tertentu.

Pastikan bangun tempat penyimpanan di basecamp, karena akan banyak bahan yang harus kamu timbun untuk melakukan crafting.

Soal crafting makanan, Garena Undawn ini juga sangat serius memolesnya. Kamu harus menjajal-jajal kombinasi bahan untuk mendapatkan resep.

Masing-masing makanan juga punya efek tertentu tidak hanya membuat karakter kamu kenyang saja. Ada buff yang bisa didapatkan dari makanan.

Misi dan Story

Review Garena Undawn. (Garena)
Review Garena Undawn. (Garena)

Game open world survival ini ada story yang dijalankan. Kamu bisa mengikuti main story atau quest selain mendapatkan ceritanya, juga membuka banyak hal di game mobile ini.

Sayangnya quest dan misi sampingannya masih sama seperti kebanyakan game MMORPG lainnya.

Kamu akan ditugaskan ke sana ke mari, cari item ini dan itu, bunuh si ini si itu, selamatkan si anu dan si itu.

Terkesan monoton dan mirip kebanyakan quest game MMORPG lainnya. Namun yang menarik adalah sisi tantangannya.

Kamu akan mendapati berbagai tantangan, mulai bertahan hidup dari serbuan zombie. Atau kabur dari keroyokan para badut.

Kelebihan

  • Open World yang Luas
  • Perbedaan mencolok siang dan malam
  • Banyak aktivitas yang dilakukan
  • Tantangan misi yang seru

Kekurangan

  • UI terlalu ramai
  • Terlalu kompleks untuk game mobile

Kesimpulan

Garena Undawn. (Garena)
Garena Undawn. (Garena)

Garena Undawn menjadi solusi bagi kamu yang mencari game survival open world. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di game ini, bukan sekadar bertahan hidup dari zombie saja.

Sayangnya untuk game mobile, Garena Undawn ini terlalu kompleks dari crafting hingga UI yang terlalu ramai.

Grafis: 8/10
Gameplay: 7/10
Story/Misi: 7/10

Review Undawn: 7,3/10

Itulah review Undawn early access dari tim HiTekno.com, game survival open world yang kompleks. Pastikan kamu punya banyak waktu untuk main game mobile ini.

Berita Terkait
TERKINI
Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....
games | 15:54 WIB
Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....
games | 20:51 WIB
Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....
games | 13:38 WIB
Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....
games | 13:31 WIB
Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...
games | 09:49 WIB
ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....
games | 10:19 WIB
Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...
games | 09:48 WIB
Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....
games | 13:23 WIB
Apa saja yang disiapkan HoYoverse dalam Update Genshin Impact Versi 4.4 ini?...
games | 18:34 WIB
Feiyu Scorp 2 adalah gimbal khusus yang dirancang eksklusif untuk kamera mirrorless....
games | 13:35 WIB
Update Honkai Impact 3 v7.2 akan dirilis di iOS, Android, dan PC pada 18 Januari 2023....
games | 18:34 WIB
Enam belas pemain terbaik akan bertanding di Shanghai untuk memperebutkan gelar juara dan hadiah utama sebesar sekitar 3...
games | 11:26 WIB
Enduring Light yang dihadirkanHoYoverse untuk Tahun Baru diTears of Themis....
games | 11:44 WIB
Update Honkai Star Rail kali ini akan menghadirkan area baru "Stasiun Luar Angkasa Herta: Seclusion Zone"....
games | 09:08 WIB
Di bulan Desember 2023, HoYoverse menghadirkan event terbatas Snowy Sweetness di Tears of Themis....
games | 08:53 WIB
BFF Signal menawarkan latar bertema sekolah yang mencakup area luar ruangan dan area dalam ruangan....
games | 08:47 WIB
Melalui The Games Awards, Sharkmob resmi mengumumkan game Exoborne....
games | 14:33 WIB
Berlangsung Desember ini, cek informasi Festival Kenangan Teyvat Genshin Impact di Jakarta....
games | 10:35 WIB
Tampilkan lebih banyak