Edukasi Remaja Tentang Data Pribadi, Xbox Manfaatkan Minecraft

Xbox menegaskan kembali komitmennya terhadap dunia online di mana setiap orang dapat bersenang-senang dengan batasan yang mereka tetapkan sendiri.

Agung Pratnyawan
Rabu, 08 Februari 2023 | 08:39 WIB
Anak-anak main game. (Xbox)

Anak-anak main game. (Xbox)

Hitekno.com - Safer Internet Day atau Hari Internet Aman Sedunia, Xbox mengenalkan dan mengajarkan soal keamanan data pribadi kepada remaja menggunakan Minecraft Education.

Xbox sendiri menaruh perhatian khusus pada pemanfaatan internet dalam hidup untuk tetap terhubung, belajar dan bermain. Juga memahami cara tetap aman saat berselancar di internet

Menyambut perayaan ke-20 Safer Internet Day pada tanggal 7 Februari, Xbox menegaskan kembali komitmennya terhadap dunia online di mana setiap orang dapat bersenang-senang dengan batasan yang mereka tetapkan sendiri.

Baca Juga: Minecraft: Cara Membuat Portal Nether, Lengkap Bahan dan Langkahnya

Jeff Rubenstein pada Podcast Xbox berbincang mengenai pendekatan keamanan yang terus berkembang, dan bagaimana pemain, orang tua, pengasuh dari berbagai usia dapat saling merangkul dalam memanfaatkan sumber daya Xbox dengan cara yang sesuai dengan preferensi keamanan personal mereka masing-masing.

Memahami peran saya sebagai orang tua dan peran saya di Xbox, saya merupakan seorang pemain sekaligus pelanggan. Peran yang berbeda ini telah memungkinkan saya untuk melihat dan merasakan secara langsung bagaimana game memungkinkan percakapan terbuka antara orang tua, anak, dan pengasuh mengenai cara-cara untuk tetap aman ketika berselancar di internet, dan juga tentang kebiasaan baik seputar budgeting, screen time, dan banyak lagi.

Di Xbox, tim Trust and Safety bertanggung jawab untuk menjaga kedamaian pemain dan keluarga saat bermain game di Xbox. Juga mengambil pendekatan multi-aspek untuk keselamatan, privasi, dan kesejahteraan komunitas yang berfokus pada pemberdayaan orang tua, anak-anak, dan pengasuh dengan alat dan pendidikan yang diperlukan untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih aman bagi banyak keluarga.

Baca Juga: Cara Main Minecraft Multiplayer, Lebih Seru Mabar dengan Teman

Xbox merancang sumber daya ini dengan mempertimbangkan berbagai pilihan, dengan pemahaman bahwa keselamatan adalah prioritas, tidak hanya untuk Xbox, tetapi juga banyak keluarga.

Xbox telah membuat sumber daya yang ramah untuk keluarga, seperti Xbox Family Hub, sebagai one-stop shop (platform serba ada) yang menyediakan informasi tentang keamanan dan privasi Xbox, Website Xbox Data Collection for Kids untuk mengajari anak-anak tentang privasi Xbox, dan memiliki Standar dan Pedoman Komunitas yang kokoh sehingga pemain memahami jenis interaksi apa yang dapat dan tidak dapat diterima.

Mainkan Game Privacy Prodigy Baru dari Minecraft Education

Baca Juga: Minecraft Bedrock vs Minecraft Java Edition, Ketahui Perbedaannya dan Mana yang Lebih Baik?

Keluarga dan pendidik di seluruh dunia terus berusaha mencari cara untuk membantu anak muda tetap aman di dunia digital di mana mereka bermain, belajar, dan membangun hubungan yang bermakna.

Xbox tahu bahwa cara yang menyenangkan untuk kerap terlibat adalah melalui lingkungan belajar yang kreatif.

Karena diluncurkan pengalaman belajar menyeluruh berbasis game baru yang disebut Privacy Prodigy, yang merupakan kelanjutan dari seri CyberSafe dari Minecraft Education, yang mencakup Home Sweet Hmm tahun lalu.

Baca Juga: Minecraft Java Edition, Cara Download Lengkap Instalasinya

Privacy Prodigy dirancang untuk membantu pemain berusia 7-18 tahun dalam mempelajari cara mengamankan data pribadi mereka ketika mereka berada di dunia luar, baik itu mempelajari cara melindungi data di tempat umum atau tempat menyimpan data.

Setiap challenge dibangun untuk membantu siswa dan orang tua mereka belajar bagaimana membuat keputusan yang tepat tentang siapa yang boleh memiliki akses ke data pribadi mereka dan alasan mengapa mereka harus mendapat akses ke data tersebut.

Pengalaman single-player ini memperkenalkan anak muda pada konsep kepercayaan. Mereka akan mengembangkan kemampuan untuk mengidentifikasi berbagai jenis informasi yang perlu mereka kelola dan apa yang dapat mereka bagikan.

Pemain juga akan mempelajari strategi untuk melindungi data pribadi mereka dan cara untuk memitigasi tantangan apa pun yang dapat muncul jika terjadi kompromi (misalnya kebocoran data) terhadap informasi tersebut.

Privacy Prodigy tersedia di koleksi pelajaran Minecraft Education. Jika muridmu, temanmu, keluargamu (atau kamu!) memainkan versi Bedrock dari Minecraft di rumah, kamu dapat mengakses Privacy Prodigy secara gratis di Minecraft Marketplace.

Bagaimana Xbox mewujudkan percakapan aman dan menyenangkan dalam game

Aspek penting lain – dan menyenangkan – dari komunitas online adalah berkomunikasi dengan teman dan pemain. Saat bermain game online, pemain kerap berbagi beragam jenis konten, dari gif hingga emoji, atau mengetik "GG" (good game).

Dengan pemain yang berasal dari seluruh dunia, emoji, pesan, dan istilah slang tertentu dapat memiliki arti yang berbeda tergantung pada nuansa budaya dan daerah.

Xbox dapat membantu menentukan apa yang dimaksud dengan "bahasa game" dan konten yang berpotensi berbahaya melalui alat moderasi konten yang memungkinkan pengalaman bermain game yang lebih aman.

Untuk tetap menjaga percakapan aman dan menyenangkan dalam game, Xbox memindai lebih dari 18 miliar interaksi per tahunnya melalui Community Sift, sebuah platform moderasi yang memiliki tim dengan spesialis bahasa dan budaya yang memahami lebih dari 20 bahasa formal dan informal, serta ungkapan kultural dan regional.

Tips bagi orang tua dan pemain untuk pengalaman gaming yang lebih aman di Xbox

Ayah dan anak main game . (Xbox)
Ayah dan anak main game . (Xbox)

1. Periksa dan bermainlah dengan anak secara berkala

Berbincanglah dengan anak-anak tentang online gaming yang aman dan ikutlah bermain. Bermain bersama merupakan cara yang baik untuk berinteraksi secara interaktif, sekaligus memahami lebih lanjut tipe game yang mereka mainkan, dengan siapa mereka bermain, dan skenario online apa yang seharusnya dibicarakan.

2. Buatlah grup keluarga dan akun khusus anak bagi keluarga

Jika kamu belum membuat grup keluarga dan akun khusus anak untuk keluargamu, caranya mudah dan cepat. Akun tersebut disesuaikan dengan usia dan orang tua dapat memperoleh notifikasi terkait aktivitas akunnya.

Saat ditambahkan ke grup keluarga, orang tua dan pengasuh dapat dengan mudah mempersonalisasi pengalaman online setiap anak berdasarkan batasan usia yang sesuai, seperti privasi, filter konten, dan pembelian online. Cukup ikuti langkah-langkah di laman ini untuk memulai.

3. Sesuaikan pengaturanmu melalui Aplikasi Xbox Family Settings

Gratis untuk diunduh untuk perangkat iOS dan Android, kamu dapat menentukan screen time, dapatkan wawasan tentang aktivitas game melalui laporan, kelola pengeluaran anak Anda, tinjau permintaan pertemanan, dan lainnya melalui ponsel Anda.

Pelajari tentang cara kerja Aplikasi Xbox Family Settings melalui video di sini, dan unduh ketika kamu siap

4. Kunjungi xbox.com/family untuk informasi lebih lanjut bagi keluarga

Kunjungi Xbox Family Hub untuk mempelajari lebih lanjut mengenai tawaran Xbox untuk keluarga, dari informasi mengenai privasi dan akses menuju alat privasi, aplikasi Xbox Family Settings, dan Standar Komunitas.

Dan jika kamu membutuhkan informasi tambahan

  • Berbincanglah dengan anakmu mengenai privasi dan keamanan online dengan Xbox Data Collection for Kids
  • Pelajari lebih lanjut mengenai keamanan berselancar di internet dengan Microsoft Online Safety Guides
  • Cari tahu cara untuk melaporkan pemain dan cara mengajukan tinjauan kasus
  • Butuh bantuan? Telfon, kirim pesan secara online, dan lainnya
Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak