IESF World Esports Summit 2022, Delegasi Indonesia Paparkan Potensi Besar Esports

Salah satu forum utama KTT World Esports Summit 2022 yang mengusung tajuk pembahasan"The Benefits of Esports Infrastructure on Tourism."

Agung Pratnyawan
Senin, 03 Oktober 2022 | 14:47 WIB
Delegasi Indonesia Paparkan Potensi Besar Esports dalam Gerakkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Ajang KTT Esports Dunia: IESF World Esports Summit 2022. (PB ESI)

Delegasi Indonesia Paparkan Potensi Besar Esports dalam Gerakkan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Ajang KTT Esports Dunia: IESF World Esports Summit 2022. (PB ESI)

Hitekno.com - Indonesia ikut serta mengirimkan delegasi dalam kegalaran Konferensi Tingkat Tinggi Esports Dunia, IESF World Esports Summit 2022. Dalam kesempatan ini, delegasi Indonesia memaparkan potensi esports dalam menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Paparan visioner tentang sport tourism tersebut disampaikan oleh Yudistira Adipratama, Kepala Bidang Hukum dan Legalitas Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) di hadapan audiens di salah satu forum utama KTT World Esports Summit 2022 yang mengusung tajuk pembahasan "The Benefits of Esports Infrastructure on Tourism."

Yudistira yang juga merupakan Juru Bicara Muda PB ESI mengungkapkan, dengan sekitar 465 juta penonton esports di seluruh dunia, naik 6,7% dari tahun sebelumnya, dan lebih dari 3,24 miliar orang yang bermain gim secara keseluruhan, esports menjadi cabang olahraga baru dengan perkembangan yang sangat pesat.

Baca Juga: Potret Cantik Anisa Basyir, Pendukung Setia ONIC Esports

Ekosistem esports juga sangat luas. Cakupannya menjangkau dari para pelaku olahraga prestasi, profesi-profesi pendukung, hingga pelaku ekonomi kreatif dan pariwisata, yang mayoritas adalah kalangan muda yang sangat produktif dan menyukai mobilitas.

"Bisa dibayangkan apabila perhelatan-perhelatan esports dapat terus digelar secara offline dengan melibatkan seluruh ekosistem dan diadakan di destinasi-destinasi unggulan atau yang tengah menjadi prioritas," ungkap Yudistira dalam KTT esports dunia.

"Di Indonesia sendiri, terdapat lebih dari 53 juta gamers yang tersebar di seluruh penjuru tanah air dan mayoritas dari mereka adalah Generasi Z yang sangat menyukai travelling dan produk-produk kreatif. Ini menjadi sinyal positif terhadap pengembangan ekonomi kreatif dan pariwisata di masa depan apabila setiap perhelatan esports mengusung konsep sport tourism," ujar Yudistira.

Baca Juga: Potret Cantik BTR Regie Berseragam Bigetron Esports, Gadis Surabaya yang Senyumnya Bikin Meleleh

Pada paparannya, Yudistira mengambil contoh perhelatan Indonesia Esports Summit 2022 yang di dalamnya juga terselenggara Kejuaraan Dunia Esports Bali 14th World Esports Championships yang sedari awal dirancang sebagai bagian strategis dalam menguatkan kembali ekonomi kreatif Indonesia, selain tentunya meningkatkan kompetensi esports sebagai olahraga prestasi.

"Di Bali nanti, ekosistem esports tanah air dan juga dunia akan disuguhi standar baru perhelatan esports yang mengorkestrasikan kepiawaian para atlet esports, sportainment, produk-produk kreatif, teknologi digital mutakhir, kecerdasan anak-anak muda kreatif yang berprofesi sebagai caster, event organizer, seniman cosplayer, pengembang gim lokal, hingga keelokan pariwisata Bali. Kami optimistis, selain prestasi atlet-atlet esports akan meningkat, gelaran ini akan memiliki dampak ekonomi yang masif dan berkelanjutan," sambungnya.

Mengusung konsep ruang terbuka, Bali 14th World Esports Championships 2022 akan menghadirkan pengalaman menonton pertandingan langsung dengan latar belakang pemandangan dan keindahan alam Bali yang luar biasa.

Baca Juga: Esports Charts: MPL ID Season 10 Jadi Turnamen Esports Terpopuler Agustus 2022

Sementara, Indonesia Esports Summit 2022 akan mendatangkan lebih dari 70 ekshibitor yang mewakili keseluruhan ekosistem esports dan lebih dari 50 ribu total pengunjung pameran selama 10 hari, lengkap dengan berbagai kegiatan menarik yang menonjolkan budaya Indonesia yang khas.

Ajang tersebut juga diharapkan dapat memperkenalkan pesona Indonesia dan seluruh destinasi pariwisata strategisnya kepada komunitas internasional agar berkontribusi terhadap akselerasi pemulihan sektor pariwisata yang terimbas oleh pandemi COVID-19.

"Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championship merupakan kesempatan bagi kami untuk bereksperimen, mendobrak konsep-konsep yang sudah ada, dan menciptakan suatu tolok ukur baru untuk ajang-ajang esports mendatang, sekaligus mendukung pertumbuhan sports tourism di seluruh dunia. Indonesia Esports Summit ini kami targetkan menjadi perhelatan esports tahunan yang komprehensif dan melibatkan seluruh ekosistem," pungkas Yudistira.

Baca Juga: Mempesonanya Mira Berseragam Aura Esports, Gamer Cantik Mantan JKT48

Selain Yudistira, delegasi Indonesia di KTT esports dunia ini adalah dua Kartini esports tanah air, yaitu Diana Sutrisno yang telah lama berkecimpung di industri esports dan juga merupakan pengurus di PB ESI, serta figur muda yang prominen di kalangan komunitas esports tanah air, Debora Imanuella.

Berita Terkait
TERKINI

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB

Dalam versi baru ini, selain latar tempat, alur cerita, dan rekan-rekan baru, Misi Trailblaze utama di Penacony juga aka...

games | 09:48 WIB

Apa saja yang dihadirkan dalam update baru The Elder Scrolls Online: Gold Road ini....

games | 13:23 WIB
Tampilkan lebih banyak