Games

Apa itu Game AAA? Begini Penjelasan dan Contohnya

Apa syarat sebuah game dikategorikan sebagai game AAA?

Agung Pratnyawan

Cyberpunk 2077. (CD Projekt Red)
Cyberpunk 2077. (CD Projekt Red)

Hitekno.com - Game AAA memang menawarkan sensasi bermain game yang mengesankan. Game AAA kini mulai banyak dimainkan. Namun apa kamu sudah tahu apa itu game AAAdan kenapa dinamai seperti itu?

Game AAA merupakan game dengan budget produksi yang tinggi serta mendapat skor atau nilai A dalam segi grafis, kualitas gameplay, hingga penjualan.

Mekanisme permainannya pun dibuat intens dan bonafide. Perusahaan AAA dalam industri game di antaranya Bethesda, Ubisoft, Sony, Xbox Game Studios, Activision, Sega, Electronic Arts, SQUARE ENIX, Nintendo, Bioware, dan Rockstar.

Sementara itu, judul game yang termasuk AAA di antaranya Resident Evil, FINAL FANTASY, The Legend of Zelda, Grand Theft Auto, God of War, Total War, Mass Effect, The Elder Scrolls, ELDEN RING, dan The Witcher.

Game AAA biasanya mengacu pada istilah umum, di mana sebuah game memerlukan:

  • A untuk waktu Pengembangan yang panjang.
  • A untuk sumber daya yang besar.
  • Dan A untuk anggaran yang tinggi

Mengapa Game AAA Memiliki Biaya Produksi Tinggi?

The Witcher 3. (CD Projekt Red)
The Witcher 3. (CD Projekt Red)

Game AAA biasanya diproduksi dengan engine dan tools teknologi grafis terbaru untuk memenuhi segala aspek yang dikehendaki, seperti aspek visual dan audio, yang tidak murah. Semua itu dilakukan untuk mendukung desain permainan yang sudah disepakati pihak penanggung jawab (lead director) dari awal.

Tujuan utamanya adalah untuk menghasilkan pengalaman bermain yang menyenangkan. Namun tentu masih banyak aspek lainnya yang ingin dicapai melalui teknologi tersebut, seperti menghasilkan visualisasi yang realistis. Di luar faktor produksi dan distribusi, ada juga faktor sumber daya manusia.

Biasanya game AAA dibuat oleh ratusan orang yang melibatkan berbagai divisi dalam perusahaan tersebut. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan keterlibatan ratusan atau ribuan orang di luar perusahaan (outsource) mengingat channel promosi yang begitu luas.

Jenis Game yang Terkait Game AAA

1. Game AA

Kena: Bridge of Spirits. (Epic Games Store)
Kena: Bridge of Spirits. (Epic Games Store)

Meskipun biaya yang dianggarkan tidak sebesar game AAA, kelas AA juga bisa tampil sangat bagus dan tak jarang meraih berbagai macam penghargaan. Grafik, plot cerita, dan gameplay yang disuntikkan oleh developer juga dianggap setara dengan developer sekelas AAA.

Hebatnya lagi, karya-karya mereka pun juga banyak dirilis untuk berbagai macam platform, seperti Microsoft Windows (PC), konsol PlayStation, Xbox, bahkan Nintendo.

Developer game yang masuk dalam kelas ini adalah Asobo Studio, Ember Lab, Artificial Mind, Project Aces, Remedy Entertainment, dan Ninja Theory. Beberapa judul game besar yang dianggap AA di antaranya Kena: Bridge of Spirits, A Plague Tale: Innocence, Hellblade: Senua's Sacrifice, Control, dan Ace Combat.

2. Game III

Hades. (Supergiant Games)
Hades. (Supergiant Games)

Game III adalah klasifikasi yang lebih sederhana dari dua kelas di atasnya. Namun, game ini digarap dan dirilis secara profesional oleh perusahaan maupun perorangan. Ciri khas dari game ini biasanya berharga murah, tapi tidak murahan. Meskipun grafiknya terlihat sederhana, gaya permainan dan narasi yang dihadirkan sudah cukup baik dan bisa diterima siapa saja.

Developer game yang masuk dalam kelas ini adalah Eric Barone, Sickhead Games, Supergiant Games, dan Mojang dan telah menciptakan judul game III terbaik. Beberapa judul game besar yang dianggap game III adalah  Minecraft, Stardew Valley, Hades, dan Ori and the Blind Forest.

3. Game AAAA

Skull and Bones. (Ubisoft)
Skull and Bones. (Ubisoft)

Mulai tahun 2020 menjelang peluncuran PS5 dan Xbox Series X, dua studio mulai menggunakan istilah AAAA (Quadruple-A) untuk menggambarkan game yang akan datang. Studio Microsoft, The Initiative, sedang mengerjakan judul debutnya Perfect Dark (sebuah video game yang akan datang) untuk Xbox yang digambarkan sebagai game AAAA.

Sementara Ubisoft mengumumkan Beyond Good and Evil 2 dan Skull and Bones keduanya akan menjadi Game AAA. Terlepas dari pengumuman tersebut, tidak ada definisi yang disepakati untuk istilah AAAA atau apa yang terkandung di dalamnya.

Olivia Harris dari ScreenRant mencatat pada September 2020 bahwa istilah AAAA telah beredar secara online, tetapi belum diadopsi oleh industri game pada umumnya.

Itulah penjelasan singkat tentang apa itu game AAA. Perlu diingat bahwa tidak selamanya game AAA itu bagus. Game dibuat berdasarkan kompleksitas dan selera dari gamer itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

Berita Terkait