Games

Peran Penting Komunitas dalam Perkembangan Ekosistem Esports

Komunitas adalah nyawa dari ekosistem esports saat ini.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi turnamen Esports. (FIGHT Esports)
Ilustrasi turnamen Esports. (FIGHT Esports)

Hitekno.com - CEO RevivalTV, Ahmad Syahndy menyampaikan pentingnya komunitas dalam perkembangan ekosistem esports. Keterikatan komunitas dengan esports tak bisa dipisahkan menurutnya.

Ahmad Syahndy bahkan menyebutkan kalau komunitas adalah nyawa dari ekosistem esports saat ini.

"Tanpa komunitas, esports bukan apa-apa karena komunitas-lah yang jadi penggerak dari ekosistem esports itu sendiri," kata lelaki yang akrab disapa Senz dalam Webinar UniPin Community bertajuk Esports: Perkembangan Ekosistem dan Komunitasnya, dikutip dari siaran pers, Selasa (31/5/2022).

"Saya juga sangat percaya bahwa komunitas bisa membuat anggotanya saling belajar dan berkembang, tentunya dalam visi misi yang sama dalam komunitas tersebut," sambung dia.

Senada dengan Senz, Fransiskus selaku Community Manager PUBG Mobile menyatakan hal serupa. Menurutnya, kemajuan teknologi membuat pengembangan komunitas dan ekosistem esports menjadi lebih mudah dan cepat.

"Esports berkembang karena ketertarikan dan minat yang tinggi dari para pecinta games. Semua diberi kemudahan dengan kemajuan teknologi, apalagi sejak hadirnya mobile games," kata Frans.

Ia melanjutkan, pengembangan ekosistem dan komunitas saat ini juga makin mudah karena bisa dilakukan dengan berbagai cara. Contohnya seperti webinar dan coaching clinic yang rutin diadakan UniPin Community.

Kendati demikian, kemajuan komunitas esports juga seringkali terhambat. Senz menyebutkan bahwa hal itu bisa terjadi karena ketidakjelasan peran anggota dalam komunitas.

"Kesalahan utama yang sering terjadi di komunitas adalah tidak adanya jabatan struktural dan pemimpin yang jelas dalam komunitas tersebut. Jabatan struktural dan kepemimpinan menjadi penting karena sebuah komunitas harus memiliki visi misi yang jelas, dipimpin oleh seorang leader," papar dia.

Sepakat dengan Senz, Frans menyebutkan bahwa penting bagi anggota untuk memahami perannya masing-masing di komunitas esports.

"Dalam sebuah komunitas juga harus ada yang menjadi penggerak dalam mencari informasi tentang turnamen. Namun, tujuan komunitas tentunya tidak harus selalu kompetisi, tetapi juga menjadi wadah yang fun untuk keberlangsungan komunitas dan perkembangan ekosistem esports," jelasnya. (Suara.com/ Dicky Prastya)

Berita Terkait