Games

Game Paling Banyak Dicemooh Sepanjang 2021, Ini Juaranya

Deretan game ini sukses bikin para penggemar merasa kecewa berat.

Rezza Dwi Rachmanta

Game paling banyak dicemooh sepanjang 2021. (Kolase Steam)
Game paling banyak dicemooh sepanjang 2021. (Kolase Steam)

Hitekno.com - Terdapat deretan game dari publisher ternama yang meluncur sepanjang tahun ini. Berikut kami akan memberikan daftar game paling banyak dicemooh sepanjang 2021.

Judul yang masuk dalam kriteria ini merupakan game yang memperoleh banyak ulasan negatif dari banyak penggemar pada beberapa platform. Meski penggemar sudah mempunyai ekspektasi tinggi, namun game yang diluncurkan justru berbanding 180 derajat.

Deretan game yang tak sesuai ekspektasi pada 2021 adalah Battlefield 2042, Balan Wonderworld (Switch), Werewolf: The Apocalypse - Earthblood (PS4), Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition, dan eFootball 2022.

Dari kelima game di atas, kami akan membahas dua game yang paling banyak memperoleh "umpatan" hingga sempat membuat netizen heboh di media sosial. Kedua game tersebut memancing puluhan ribu ulasan negatif yang diberikan oleh penggemar.

Publisher dengan reputasi tinggi tak membuat dua game terbitannya memenuhi ekspektasi penggemar. Dua game yang cukup banyak memperoleh cemoohan sepanjang 2021 adalah Grand Theft Auto: The Trilogy – The Definitive Edition, dan eFootball 2022.

Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition

GTA The Trilogy. (Rockstar Games)
GTA The Trilogy. (Rockstar Games)

 

Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition meluncur ke konsol dan PC pada 11 November 2021. GTA The Trilogy Remaster mencakup deretan game yang memiliki kumpulan fans sangat banyak yaitu Grand Theft Auto 3, Vice City, dan San Andreas.

Remaster "definisi tinggi" dari tiga game klasik Rockstar seharusnya dapat menampilan visual yang jauh lebih baik. Namun penggemar justru menemukan hal-hal aneh ketika memainkan GTA The Trilogy Remaster. Saat rilis pertama kali, penggemar melihat cuplikan efek hujan yang menyilaukan, jembatan tak terlihat, genangan darah, sudut kamera konyol, dan perubahan yang meragukan dari versi game asli.

GTA The Trilogy Definitive Edition banjir ulasan negatif. (Twitter)
GTA The Trilogy Definitive Edition banjir ulasan negatif. (Twitter)

Hashtag seperti #GTATrilogy dan #GTASanAndreas sempat riuh di Twitter bersamaan dengan kritikan hingga meme mengenai Grand Theft Auto: The Trilogy - The Definitive Edition. Mengecewakan penggemar, Rockstar bahkan harus meminta maaf secara terbuka kepada penggemar dan menjanjikan beberapa perbaikan.

Pada November lalu, skor gabungan di Metacritic untuk GTA The Trilogy Remaster versi PC adalah "0.5". Penilaian untuk versi konsol PS5 sedikit lebih baik yaitu "1.0", meski sebenarnya itu adalah angka yang memprihatinkan. User Score mencantumkan warna merah dengan predikat Overwhelming Dislike.

eFootball 2022

Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)
Spesifikasi PC eFootball 2022. (Steam)

 

Meluncur pada akhir September 2021, eFootball 2022 langsung membuat penggemar kecewa. Penyegaran nama dari PES (Pro Evolution Soccer) menjadi eFootball serta ketersediaannya secara gratis tak membuat eFootball 2022 disambut dengan baik.

Tak sedikit netizen yang mengejek kualitas grafis eFootball 2022. Mereka menganggap bahwa grafis game buatan Konami tersebut "sangat mengerikan". Per 1 Oktober 2021, sudah terdapat 10.778 review yang diberikan oleh para penggemar di Steam.

Hanya ada 9 persen di antaranya yang memberikan ulasan positif. Itu berarti terdapat sekitar 9.800 review negatif untuk eFootball 2022. Statistik review di Steam juga cukup mencolok sehingga statusnya menjadi "Overwhelmingly Negative" atau "Sangat Negatif". Tentu itu bukanlah hal bagus bagi Konami yang ingin memberikan penyegaran pada game sepak bolanya.

Keluhan penggemar rata-rata membahas grafis buruk, leher pemain nampak aneh, dan perubahan gameplay yang dinilai bertambah jelek.

Meme eFootball 2022. (Twitter/ FootballlForAll)
Meme eFootball 2022. (Twitter/ FootballlForAll)

Game eFootball 2022 masuk ke dalam Hall of Shame di Steam250. Situs itu melacak game yang memiliki ulasan terburuk dengan menghitung perbedaan persentasenya. Pada menu Bottom 100, eFootball yang baru saja dirilis sempat memuncaki daftar Hall of Shame dengan statistik hampir 10 persen pengguna memberikan review positif di mana belasan ribu lainnya memberikan review negatif.

Dari lima nominasi di atas, tim HiTekno.com memilih eFootball 2022 sebagai game yang paling banyak dicemooh dan tak sesuai ekspektasi penggemar. Keberadaan eFootball 2022 bahkan menciptakan fenomena tersendiri.

Ribuan netizen pernah berlomba membagikan meme saat mereka menemukan hal absurd pada eFootball 2022. Wajah Messi dan Ronaldo yang telah "di-scan" pada platform game justru nampak aneh sehingga eFootball 2022 menjadi bulan-bulanan netizen.

Meme eFootball 2022. (Twitter/ FootballlForAll)
Meme eFootball 2022. (Twitter/ FootballlForAll)

Hingga artikel ini ditulis, eFootball 2022 masih memuncaki posisi tiga besar di daftar Hall of Shame Steam250. Konami sepertinya mendapatkan banyak pelajaran atas hujatan penggemar kepada eFootball 2022.

Semoga saja Konami dapat memperbaikinya di tahun depan sehingga kasus eFootball 2022 tak terulang lagi. Itulah tadi daftar game paling banyak dicemooh sepanjang 2021, bagaimana pendapat kalian?

Berita Terkait