11 Game Asah Otak Gratis di Android dan iOS

Cek rekomendasi game asah otak ini, cocok untuk meningkatkan kemampuan diri.

Agung Pratnyawan
Kamis, 16 September 2021 | 18:30 WIB
Ilustrasi main game di HP. (Pixabay)

Ilustrasi main game di HP. (Pixabay)

Hitekno.com - Dilansir dari American Psychological Association bermain games, termasuk video games, dapat membantu meningkatkan pembelajaran, kesehatan, dan keterampilan sosial pada seseorang. Permainan ini juga disebut dapat membantu mengatasi stres dan depresi, mengurangi kemungkinan antisosial, hingga memperbaiki hubungan dengan pasangan, pada orang dewasa.

Game asah otak kini banyak diminati oleh para gamer, baik anak-anak maupun orang dewasa. Selain seru, game asah otak bisa meningkatkan kecerdasan para pemainnya. Kini banyak sekali game asah otak yang bisa kamu mainkan melalui smartphone. Memang prinsip dasar game adalah untuk memberikan hiburan di waktu luang.

Namun ada baiknya jika game yang di gunakan lebih bersifat edukasi bahkan menjadikan pikiran lebih aktif. Kamu bisa memilih beberapa game asah otak yang bisa meningkatkan fungsi otak kanan dan kirimu. Berikut game asah otak yang HiTekno.com rangkum untuk kamu.

Baca Juga: 4 Game Online Gratis Seru, Yuk Dicoba!

1. Lumosity: Brain Training

Game asah otak yang satu ini adalah salah satu permainan kognitif serta telah mendapat label ‘Editor’s Choice’ di Play Store. Game asah otak ini merupakan game yang dapat melatih otak maupun mental dengan cara yang menyenangkan. Game asah otak ini, kamu dapat menemukan lebih dari 50 aktivitas yang menantang otak. Jenis permainannya pun cukup variatif, mulai dari latihan ingatan, kecepatan otak, logika, matematika, hingga problem-solving.

2. Brain Out

Baca Juga: 4 Game Edukasi Anak, Bermain Sambil Belajar

Game asah otak ini menawarkan berbagai permainan yang lain dari biasanya. Beberapa pertanyaan mungkin terlihat konyol, tapi ternyata bertujuan menguji kemampuan logika, refleks, akurasi, memori, hingga kreativitas kamu. Bukan hanya menguji tingkat kecerdasan, permainan ini pun menantang kematangan emosi kamu yang akan diaduk-aduk dengan tes out-of-the-box. Namun, salah satu kekurangan game ini yang banyak dikeluhkan oleh pengguna mereka adanya banyaknya iklan yang muncul di sela-sela permainan.

3. Fit Brain

Game asah otak yang satu ini menawarkan sensasi melatih otak, terutama daya ingat, fokus, dan kecepatan dengan akses ke lebih dari 360 puzzle. Game asah otak ini pun bisa kamu unduh gratis di Play Store atau App Store. Menariknya, tingkat kesulitan akan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya level yang mampu kamu selesaikan. Dengan begitu kamu akan selalu merasa tertantang untuk menaklukkan tes-tes tersebut.

Baca Juga: 4 Game Sepak Bola iOS Terbaik Juli 2021

4. Brain Matrix
Kamu bisa berselancar di situs Brainmetrix. Disana terdapat berbagai jenis permainan untuk melatih konsentrasi, warna, IQ, kecerdasan spasial, dan lain-lain.

5. Roll The Bar: Slide Puzzle

Game asah otak ini sangat seru untuk dimainkan. Selain menghibur juga bisa mengasah problem solving mu. Dalam game ini kita diharuskan untuk menggeser kotak yang di dalamnya berisi pipa-pipa yang digunakan untuk jalannya bola. Kita harus membuat pipa tersebut saling terhubung satu sama lain agar bola yang berada di kotak berwarna putih dapat menggelinding sampai akhirnya ke kotak berwarna merah.

Baca Juga: 4 Game Android Open World Terbaik yang Bisa Kamu Mainkan

6. Infinity Loop

Game asah otak ini sangat bagus untuk mengasah fokus dan logika. Karena tidaklah mudah menggabungkan beberapa garis yang berantakan dengan lengkungan yang berbeda menjadi sebuah susunan balok. Menggabungkan garis-garis yang tak beraturan menjadi susunan balok yang rapi adalah tugas yang bisa dilakukan dengan bermain game asah otak satu ini. Kita tinggal menekan setiap garis yang akan dihubungkan, kemudian nantinya garis tersebut akan berputar sendiri secara otomatis.

7. Aa

Meskipun terlihat simpel, namun nyatanya game ini cukup baik untuk mengasah otak. Grafisnya yang sederhana memudahkan para pemain untuk memainkannya. Cara main game ini ketuk lalu angka yang ada di bawah lalu angka tersebut angka naik ke atas dan menusuk lingkaran besar tersebut, namun jika kamu mengenai lingkaran kecil, maka kamu akan mengulang kembali. Ingat, bahwa lingkaran tersebut akan terus berputar, jadi kamu harus ekstra fokus untuk memainkannya.

8. Unblock Me FREE

Game asah otak ini tak kalah serunya dari yang lainnya. Ketika memainkan game ini kamu harus ekstra fokus dan memiliki daya logika yang kuat. Game asah otak ini sebenarnya sederhana untuk dimainkan. Namun, setiap level yang ada akan semakin menantang. Dalam game Unblock Me FREE kamu hanya perlu membiarkan balok berwarna merah untuk melaju keluar.

9. Math Duel

Math Duel merupakan game asah otak yang tampilannya mirip dengan permainan kartu atau catur. Bedanya, game asah otak ini berisikan soal matematika yang harus kamu selesaikan demi memenangkan duel.

10. Brain It On!

Jika kamu baru mulai dari level 1, tingkat kesulitannya memang masih rendah, tetapi jika sudah melewati level 15 maka tingkat kesulitannya akan meningkat. Cara main game asah otak bernama Brain It On! ini sangat mudah. Kamu hanya harus menggambar sesuatu agar misinya terselesaikan.

11. Brain Dots

Game asah otak Brain Dots ini sangatlah mudah. Kamu hanya tinggal menggambar untuk membenturkan kedua bola yang ada di tiap stage. Tapi jangan senang dulu, biar pun cara mainnya mudah, semakin tinggi levelnya, maka tingkat kesusahannya makin tinggi. Dalam game ini kalian bisa mengoleksi banyak sekali pena mulai dari pensil biasa hingga pensil berwarna.

Itulah 11 game asah otak gratis yang bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu luang kamu. Selamat mencoba.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins
Berita Terkait
TERKINI

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB

ONIC CAMP Vol. 2 akan memberikan pembekalan tentang Ecosystem dan Opportunity yang ada di klub eSports....

games | 10:19 WIB
Tampilkan lebih banyak