Games

Sepanjang 2020, Pengembang Call of Duty Mobile Raup Rp 145 Triliun

Pendapatan yang lebih besar dibanding pengembang PUBG Mobile.

Agung Pratnyawan

Call of Duty Mobile. (Activision)
Call of Duty Mobile. (Activision)

Hitekno.com - Call of Duty Mobile, game yang dikembangkan Timi Studios ini telah sukses besar. Karena kesuksesannya, studi game di bawah Tencent ini dilaporkan telah meraup Rp 10 miliar dolar AS atau setara Rp 145 triliun.

Pendapatan ini dilaporkan telah sukses diraup oleh pengembang Call of Duty Mobile sepanjang 2020 kemarin. Yang menjadikannya sebagai salah satu pengembang game tersukses tahun lalu.

Dikutip dari Gizmochina, angka pendapatan yang diraup Call of Duty Mobile berdasarkan laporan eksklusif yang diluncurkan Reuters berdasarkan bocoran orang dalam.

Tencent sendiri berdasarkan laporan terbaru telah menghasilkan 23 miliar doar AS atau setara dengan Rp 333 triliun. Angka ini didapatkan hanya dari game online mereka sepanjang 2021.

Dua game mobile andalan dari raksasa asal China ini adalah Honor of Kings dan Call of Duty Mobile. Dua game mobile yang sukses besar baik di China maupun secara global.

Call of Duty Mobile. (Activision)
Call of Duty Mobile. (Activision)

 

Menariknya, Honor of Kings dan Call of Duty Mobile merupakan game mobile yang dikembangkan oleh Timi Studio. Dua game yang sukses mendapatkan jutaan pengguna secara global.

Dari sanalah diduga sumber pendatan bagi pengembang game berbasis di Shanghai ini. Hingga menjadikan Timi Studio sebagai salah satu pengembang game dengan pendapatan terbesar di 2020 kemarin.

Dan pendapatan dua game garapan Timi Studio ini menyumbang sekitar 40 persen penghasilan Tencent dari industri game sepanjang 2020 kemarin. Dan jadi penyumbang terbesar.

Di lain sisi, ada Lightspeed & Quantum Studios juga ikut serta menambah penghasilan Tencent. Pengembang game ini bertanggung jawab pada PUBG Mobile yang tak kalah sukses.

Menurut laporan, PUBG Mobile garapan Lightspeed & Quantum Studios ini ikut menyumbang 29 persen dari pendapatan Tencent dari industri game.

Call of Duty Mobile. (Activision)
Call of Duty Mobile. (Activision)

 

Tak mengherankan jika Tencent makin melejit, berkat ada Lightspeed & Quantum Studios dan Timi Studio yang sukses membuat game mobile laris manis. Dari PUBG mobile, Honor of Kings dan Call of Duty Mobile.

Berita Terkait