Games

Telak 3-0, Irene Sukandar Sukses Kalahkan Pak Dadang Subur

Gegara blunder, Pak Dadang Subur kalah dari Irene Sukandar.

Agung Pratnyawan

Irene Sukandar melawan Pak Dadang Subur. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Irene Sukandar melawan Pak Dadang Subur. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Hitekno.com - Pertandingan persahabatan antara Grandmaster wanita Irene Sukandar melawan Pak Dadang Subur telah usai disiarkan secara live streaming melalui Channel YouTube Deddy Corbuzier.

Irene Sukandar sukses mengalahkan Pak Dadang Subur dengan tiga kemenangan berturut-turut dalam pertandingan catur persahabatan hari ini, Senin (22/3/2021).

Pertandingan persahabatan yang membuktikan bagaimana kemampuan Dadang Subur dalam bermain catur. Sosok yang ramai menjadi sorotan netizen karena persoalan akun Dewa Kipas.

Akun Chess.com Dewa Kipas milik Pak Dadang yang kena blok karena tuduhan kecurangan usai melawan Levy Rozman atau dikenal sebagai GothamChess, pecatur profesional sekaligus streamer ternama.

Keramaian netizen soal akun Dewa Kipas ini pun menjadi perhatian Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi), hingga memicu permintaan akan pertandingan persahabatan antara GM Irene Sukandar dengan Pak Dadang Subur.

Pak Dadang Subur melawan Irene Sukandar. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Pak Dadang Subur melawan Irene Sukandar. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

 

Grandmaster Susanto Megaranto dan Woman International Master Chelsie Monica Ignesias Sihite sebagai komentator pertandingan catur persahabatan ini menyoroti bagaimana diminannya Irene Sukandar.

Kedua pecatur profesional ini menyampaikan beberapa langkah blunder dilakukan Pak Dadang di masing-masing game. Padahal ia memiliki waktu yang lebih unggul dari peraih Grandmaster wanita pertama dari Indonesia ini.

Susanto Megaranto menyoroti kalau Dadang Subur unggul dalam waktu, namun Irene Sukandar lebih unggul pada kualitas bidak catur. Sayangnya pemilik akun Dewa Kipas ini malah melakukan blunder yang menguntungkan lawannya.

"Level Irene di atas Pak Dadang," ucap Grandmaster Susanto Megaranto.

Sedangkan Chelsie Monica menyoroti gaya permainan kedua pemain. Menurutnya, Pak Dadang lebih posisional yang main perlahan. Sedangkan Irene lebih agresif dalam permainannya.

"Seharusnya posisional seharusnya jarang blunder," timpal Susanto.

Setelah kalah dalam tiga permainan dengan Irene Sukandar, Pak Dadang Subur akhirnya menyerah. Padahal pertandingan direncanakan sampai empat game.

Pertandingan catur persahabatan ini pun selesai, untuk kemenangan Grandmaster wanita tersebut.

Grandmaster Susanto Megarant, Deddy Corbuzier, dan Chelsie Monica. (YouTube/ Deddy Corbuzier)
Grandmaster Susanto Megarant, Deddy Corbuzier, dan Chelsie Monica. (YouTube/ Deddy Corbuzier)

Di akhir live streaming, baik dari Percasi maupun GM Irene Sukandar menyampaikan kalau pertandingan catur perashabatan ini bukan untuk membuktikan kecurangan akun Dewa Kipas.

Melainkan sebagai pembuktian seberapa kemampuan Dadang Subur dalam bermain catur atas permintaan netizen. Yakni dengan melawan Granmaster wanita Irene Sukandar.

Baik Susanto Megaranto maupun Chelsie Monica sepakat menilai kemampuan Pak Dadang Subur dalam bermain catur masih di bawah GM Irene Sukandar. Namun punya level yang cukup baik dalam bermain.

"Level hampir Master" kata Chelsie Monica.

Itulah hasil pertandingan catur persahabatan yang dimenangkan GM Irene Sukandar atas Pak Dadang Subur. 3-0 kemenangan berturut-turut dalam tiga game.

Berita Terkait