Games

Miliki 100 Persen Saham, Nintendo Akuisisi Next Level Games

Next Level Games adalah developer yang membesut game Luigi's Mansion 3.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Luigi's Mansion 3. (Nintendo)
Luigi's Mansion 3. (Nintendo)

Hitekno.com - Pada awal 2021, Nintendo membeli 100 persen saham dan resmi mengakuisi Next Level Games. Bagi yang kurang familiar, Next Level Games merupakan developer dari game action-adventure Luigi's Mansion 3.

Developer yang berbasis di Vancouver, Kanada tersebut kini telah resmi menjadi anak perusahaan dari Nintendo.

Melalui dokumen dua halaman di situs resmi Nintendo, para petinggi perusahaan sudah sepakat dalam membeli 100 persen saham serta mengakuisisi Next Level Games.

Sayangnya, Nintendo tidak mengumumkan besaran dana yang dikeluarkan untuk mengakuisisi developer tersebut. Diketahui Next Level Games telah mengembangkan sejumlah judul game untuk Nintendo.

Beberapa game yang pernah mereka buat termasuk Super Mario Strikers untuk GameCube, Mario Strikers Charged, dan Punch-Out !! untuk Wii, Luigi's Mansion: Dark Moon dan Metroid Prime: Federation Force untuk 3DS, dan Luigi's Mansion 3 untuk Switch.

Luigi's Mansion 3. (Nintendo)
Luigi's Mansion 3. (Nintendo)

 

Di antara beberapa game di atas, Luigi's Mansion 3 mungkin cukup dikenal. Dilansir dari Polygon, Luigi's Mansion 3 langsung mendapatkan sambutan sangat positif setelah dirilis pada kuartal keempat 2019.

Game tersebut memperoleh rating 86 di Metacritic serta 8,3 dari IGN. Tak hanya penilaiannya, namun game ini juga memperoleh penjualan yang menggembirakan. Per November 2020, Luigi’s Mansion 3 dari Next Level Game telah terjual 7,83 juta copy di seluruh dunia.

Luigi's Mansion 3 besutan Next Level memenangkan beberapa penghargaan termasuk The Game Awards 2019, DICE Awards, dan BAFTA's Games Awards 2020.

Luigi's Mansion 3 besutan Next Level Games. (Nintendo)
Luigi's Mansion 3 besutan Next Level Games. (Nintendo)

 

Nintendo mengatakan sejumlah petinggi Next Level sudah menentukan bahwa "ini adalah waktu yang tepat bagi mereka untuk menjual sahamnya".

Perusahaan berharap bahwa hubungan yang lebih dekat dengan studio akan menghasilkan peningkatan serta akselerasi terkait kualitas pengembangan game.

Meski belum diumumkan besaran dana yang digelontorkan namun Nintendo menambahkan bahwa itu hanya akan menambah efek kecil pada tahun fiskal perusahaan. Mereka juga akan memberikan forecast pendapatan Next Level Games pada tahun fiskal berikutnya.

Berita Terkait