Games

Sony Jelaskan Fungsi Merekam Suara Pengguna di PlayStation 5

Fitur perekam suara di PlayStation 5 ini lantas membuat penggunanya kebingungan dan marah.

Dinar Surya Oktarini

PlayStation 5. (Sony)
PlayStation 5. (Sony)

Hitekno.com - Setelah mendapatkan pembaruan ke versi 8.0, pemain PlayStation 4 diberitahu mengenai fitur terbaru yang akan datang dan memungkinkan PlayStation 5 merekam obrolan suara yang akan dikirim ke Sony untuk moderasi.

Hal ini lantas membuat penggunanya kebingungan dan marah, pasalnya mereka berpikir Sonya akan merekam semua obrolan suara.

Pembaruan ini membuat penggunanya meresa Sony tengah memata-matai penggunanya.

Heboh dengan protes, Sony mengeluarkan klarifikasi terkait fitur tersebut dalam sebuah unggahan yang menyatakan bahwa Sony sendiri tidak akan merekam obrolan suara para gamer.

PlayStation 5. (Sony)
PlayStation 5. (Sony)

 

Sony mengatakan tidak semua obrolan suara akan direkam, sebaliknya pemain yang mengalami pelecehan melalui obrolan suara saat bermain game memiliki opsi untuk melaporkan pemain lain, yang hanya merekam lima menit terakhir.

Dilansir dari laman Ubergizmo, menurut Sony ''Setelah konsol PlayStation 5 diluncurkan, jika pemain perlu mengajukan laporan pelecehan, mereka akan dapat menyertakan klip Obrolan Suara berdurasi hingga 40 detik dalam laporan mereka - 20 detik percakapan utama dengan pemain lain, ditambah 10 detik tambahan sebelum dan sesudah pemilihan percakapan. Hanya lima menit terbaru dari Obrolan Suara yang akan tersedia untuk digunakan pemain untuk fungsi pelaporan ini.''

Meski sudah diklarifikasi, tampaknya tidak ada cara untuk pergi dari fitur ini yang berarti pengguna mungkin harus berperilaku terbaik jika tidak ingin dilaporkan.

Alternatif lainnya adalah berhenti menggunakan fitur sepenuhnya atau menggunakan aplikasi pihak ketika seperti Discord jika akan bermain PlayStation 5.

Berita Terkait