Games

Sony Pamer User Interface PlayStation 5, Lebih Futuristis?

Sony banyak menggunakan Picture-in-Picture untuk user interface di PlayStation 5.

Agung Pratnyawan

User interface PlayStation 5. (Sony)
User interface PlayStation 5. (Sony)

Hitekno.com - Sony baru saja memamerkan user interface dari konsol game baru mereka, PlayStation 5 atau PS5. Yakni tampilan menu yang akan menemani player nantinya.

Perusahaan asal Jepang ini memang terkesan pelit memberikan informasi terbaru terkait PlayStation 5. Sony membagikannya secara perlahan.

Beda dengan Microsoft yang secara gamblang membuka hampir semua informasi mengenai konsol game Xbox Series X sejak awal. Dari wujudnya, baik desain luar hingga hardware di dalam.

Namun kini secara bertahap Sony mulai membuka beberapa hal baru yang mereka tawarkan ke PS5 nantinya. Setelah kemarin diungkap jeroan konsol game tersebut, kini giliran bagian user interface.

Lewat video terbarunya, diungkap secara detail bagaimana menu dari PlayStation 5. Termasuk beberapa fitur yang akan dibawa user interface ini.

User interface PlayStation 5. (Sony)
User interface PlayStation 5. (Sony)

 

Nampak user interface konsol game baru ini memakai fitur picture-in-picture untuk berbagai fitur dan menu. Terlihat dari video yang dibagikan Sony lewat YouTube.

Pada video 11 menit tersebut, dipresentasikan bagaimana menu control center untuk mengatur banyak hal dari PlayStation 5 tanpa harus keluar sepenuhnya dari game.

Ada pula fitur Activity, yakni menu khusus terkait aktivitas kamu di game beserta informasi resmi terkait proges hingga bantuan bahkan informasi trophy melalui Game Help.

User interface PlayStation 5. (Sony)
User interface PlayStation 5. (Sony)

 

PlayStation 5 juga memiliki Interatif Notification yang memberitahu banyak hal. Seperti bergabung ke voice channel ke teman, sama seperti yang ada di PS4 maupun aplikasi PlayStation.

Dipamerkan pula bagaimana membuat screenshot maupun merekam video dari game yang sedang dimainkan di konsol game baru ini. Tentu saja dengan kualitas yang tinggi.

Sony juga memastikan untuk adanya Home Screen terpisah khusus untuk konten media saja, sehingga tidak tercampur dengan game-game yang ingin kamu mainkan.

Dan masih banyak fitur menarik yang dibagikan Sony terkait menu dari PS5 nantinya. Terutama bagaimana user interface konsol game ini yang akan menunjang pengalaman player.

PlayStation 5 sendiri dijadwalkan meluncur pada 12 November 2020 mendatang untuk region tertentu. Sedangkan wilayah lain seperti Asia diperkirakan mendapat PS5 pada 19 November 2020.

Berita Terkait