Games

Susul Kebijakan Game Lainnya, Update Borderlands 3 Ditunda

Gearbox Software selaku developer dari Borderlands mendukung penuh aksi solidaritas Black Lives Matter.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi game Borderlands 3. (Borderlands.com)
Ilustrasi game Borderlands 3. (Borderlands.com)

Hitekno.com - Isu rasisme yang mencuat di Amerika Serikat ternyata berdampak juga terhadap kebijakan game. Menyusul kebijakan dari beberapa publisher dan developer game lain, update Borderlands 3 juga mengalami penundaan.

Developer dari Borderlands, Gearbox Software, telah bergabung dengan developer dan publisher lainnya dalam mendukung gerakan Black Lives Matter.

Sebagai informasi, berbagai demonstrasi besar-besaran terjadi pada sejumlah negara bagian di Amerika Serikat setelah pria kulit hitam, George Floyd (46) mendapatkan kekerasan rasial hingga meninggal dunia oleh oknum anggota polisi Minneapolis.

Dia dicekik menggunakan lutut hingga akhirnya meninggal dunia pada hari Rabu (27/5/2020). Video kekerasan berbau rasial itu telah tersebar di internet.

Sebagian developer bahkan memilih untuk menunda Season hingga mengundurkan update game sehingga mereka berfokus untuk mendukung aksi solidaritas Black Lives Matter.

Update Borderlands 3 ditunda. (Twitter/ Borderlands)
Update Borderlands 3 ditunda. (Twitter/ Borderlands)

 

Dalam sebuah pernyaataan di Twitter, developer menjelaskan bahwa mereka menunda perilisan Takedown pada update Guardian Breach.

Selain, itu mereka juga mematikan saluran channel Twitter-nya (selain pengumuman ini) untuk menghormati atas "apa yang terjadi di dunia saat ini.

2K Games, selaku publisher game Borderlands, mengungkapkan bahwa mereka telah menambah donasi sebanyak 1 juta dolar AS atau Rp 14,1 miliar untuk 2K Foundations Program.

Dikutip dari GameSpot, program itu akan difokuskan untuk memerangi ketidakadilan rasial dan ketidaksetaraan dalam komunitas kulit hitam di seluruh dunia.

Gearbox mendukung gerakan solidaritas Black Lives Matter. (Twitter/ GearboxOfficial)
Gearbox mendukung gerakan solidaritas Black Lives Matter. (Twitter/ GearboxOfficial)

 

Gearbox juga mengonfirmasi bahwa event Revenge of the Cartels yang sedang berlangsung di Borderlands 3 akan diperpanjang sampai Takedown pada update Guardian Breach tiba.

Gearbox Software tidak sendirian dalam aksi ini. Infinity Ward telah menunda season anyar pada Call of Duty.

Modern Warfare Season 4 dan Call of Duty: Mobile Season 7 telah diundur untuk waktu yang belum ditentukan.

Sony yang pada awal Juni bersiap membuat acara terkait PlayStation 5 juga memilih untuk menundanya.

EA Sports menunda peluncuran game Madden NFL 21 dan mengatakan bahwa "Ini bukan waktunya".

Atas beberapa penundaan update serta penundaan season dan peluncuran game, sepertinya para publisher dan developer benar-benar menaruh perhatian pada gerakan Black Lives Matter.

Berita Terkait