Games

Animal Crossing New Horizons Lenyap di Pasar China, Kenapa?

Ada masalah apa dengan Animal Crossing New Horizons ini?

Agung Pratnyawan

Animal Crossing New Horizons. (Nintendo)
Animal Crossing New Horizons. (Nintendo)

Hitekno.com - Game Nintendo Switch, Animal Crossing New Horizons tengah jadi game terpopuler saat ini. Saking populernya, harganya jadi melambung tinggi.

Namun laporan terbaru dari Reuters, menyebut pemerintah China telah menarik Animal Crossing New Horizons dari peredaran di negara tersebut.

Tindakan pemerintah China ini terkait dengan aksi protes aktivis Hong Kong, Joshua Wong. Ia memakai game Animal Crossing New Horizons ini untuk menyuarakan protesnya.

Dalam cuitannya, Joshua Wong mempostingkan sceenshot game Nintendo Switch ini dengan tulisan "Bebaskan Hong Kong, revolusi sekarang."

"Animal Crossing dengan Cepat Menjadi Cara Baru bagi Pengunjukrasa Hong Kong untuk Berjuang demi Demokrasi! Pandemi # Covid_19 telah menghentikan demonstrasi publik, jadi pengunjuk rasa membawa penyebabnya ke #AnimalCrossing" tulis Joshua Wong dalam cuitannya.

Animal Crossing New Horizons dipkai aktivis Hong kong. (Twitter/ joshuawongcf)
Animal Crossing New Horizons dipkai aktivis Hong kong. (Twitter/ joshuawongcf)

 

Seperti diketahui, China sendiri punya aturan ketat untuk konten. Termasuk video game, film, musik, yang disensor ketika melanggar nilai-nilai tertentu.

Perusahaan game juga harus mengajukan lisensi untuk game yang ingin mereka publiskan di China. Seperti Nintendo yang menggandeng Tencent.

Semenjak protes para aktivis Hong Kong lewat Animal Crossing New Horizons, game Nintendo Switch ini pun lenyap dari sejumlah eCommerce lokal China.

Sedangkan analis game ternama, Daniel Ahmad menyebutkan kalau game ini memang belum resmi tersedia untuk pasar China namun sudah jadi game populer di sana.

Popularitas game Nintendo Switch ini mendorong para warga China untuk membelinya lewat pasar tak resmi hingga mengimpornya sendiri.

Animal Crossing New Horizons di China. (Twitter/ ZhugeEX)
Animal Crossing New Horizons di China. (Twitter/ ZhugeEX)

 

Sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari pemerintah China mengenai penarikan game Nintendo Switch Animal Crossing New Horizons.

Mengingat Animal Crossing New Horizons memang belum dapat izin resmi untuk beredar di China. Namun sangat populer termasuk digunakan para aktivis Hong Kong.

Berita Terkait