Games

Berencana Bangun "Bumi" di Minecraft, YouTuber Ini Buat Proyek Skala Besar

Kamu bisa bergabung di proyek ambisius Minecraft melalui link yang ada di dalam artikel ini.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Akun PippenFTS berambisi membuat tiruan Bumi dalam skala 1 banding 1 di Minecraft. (YouTube/ PippenFTS)
Akun PippenFTS berambisi membuat tiruan Bumi dalam skala 1 banding 1 di Minecraft. (YouTube/ PippenFTS)

Hitekno.com - Komunitas gamer di Minecraft memang terkenal dalam membuat proyek "bangunan" berskala besar melalui platform game tersebut. Cukup ambisius, akun YouTuber gaming ini mengajak puluhan ribu gamer lainya untuk bergabung membuat "Bumi" dalam skala 1:1 di Minecraft.

Kebijakan untuk melakukan social distancing dan karantina rumah di tengah pandemi global membuat gamer lebih leluasa menghabiskan waktunya di rumah.

YouTuber gaming dengan akun PippenFTS mengklaim telah membuat versi skala 1: 1 Bumi di Minecraft untuk pertama kalinya.

Akun PippenFTS menjelaskan bahwa proyeknya diyakini bisa berhasil dengan mengandalkan dua mod khusus yaitu Terra 1-to-1 dan Cubic Chunks.

Seperti dijelaskan oleh PippenFTS, Minecraft biasanya memiliki batas ketinggian 255 m, yang akan membuat pembuatan Bumi dalam skala penuh menjadi tidak mungkin.

Ilustrasi Gunung Everest di Minecraft. (YouTube/ PippenFTS)
Ilustrasi Gunung Everest di Minecraft. (YouTube/ PippenFTS)

 

"Menggunakan mod Cubic Chunks dapat mengubah bentuk kubik Minecraft menjadi 16x16x16, yang memberi Anda kedalaman bangunan tak terbatas di kedua arah vertikal," kata PippenFTS dalam video YouTube-nya.

Tahap selanjutnya adalah menerapkan mod Terra 1-1, yang mengambil informasi dari arsip data geografis (seperti Google Maps) dan mengubahnya menjadi blok Minecraft.

Dikutip dari Euro Gamer, PippenFTS telah menunjukkan sejumlah landmark luas yang terwujud di Minecraft, seperti Gunung Everest, Grand Canyon, dan Half Dome dari Taman Nasional Yosemite di AS.

Proyek Build The Earth milik PippenFTS. (Discord)
Proyek Build The Earth milik PippenFTS. (Discord)

 

Hasilnya, kurang lebih merupakan perkiraan Bumi seolah-olah kita mengeluarkan peta geografis yang datar dan mengubah setiap detail menjadi sebuah blok, lengkap dengan ketinggian dan kedalaman.

Karena menggunakan skala 1:1, berdiri di atas Gunung Everest versi Minecraft akan terlihat seperti ketika kita berdiri di atas Gunung Everest yang asli (meski terlihat lebih kotak-kotak).

Proyek ini sudah diikuti lebih dari 120 ribu member yang bergabung di grup Discord PippenFTS. Jika kamu tertarik mengikuti proyek yang dinamakan "Build The Earth (1:1 scale)" kamu bisa bergabung melalui link ini.

Meski tampak keren dan ambisius, proyek ini masih mempunyai beberapa rintangan. Rincian bangunan raksasa sepertinya berjalan kurang baik ketika diaplikasikan di Minecraft.

Kedua mod tidak cukup untuk sepenuhnya menciptakan dunia seperti yang kita kenal.

Piramida-piramida Mesir menjadi terlihat seperti boneka lumpur raksasa, puncak gunung yang seharusnya bersalju menjadi terlihat gundul, dan masih banyak masalah lainnya.

Berita Terkait