Games

Gandeng 3 Developer, Epic Games Kini Jadi Publiser

Epic Games makin melebarkan sayapnya!

Agung Pratnyawan

Logo Epic Games. (Epic Games)
Logo Epic Games. (Epic Games)

Hitekno.com - Epic Games, selama ini dikenal dengan game Fortnite dan Unreal Turnament. Juga sebagai pengembang game engine Unreal Egine yang laris digunakan game developer.

Selain itu, Epic Games mulai agresif dengan membuka distri busi game PC digital sendiri. Yakni Epic Games Store yang sangat agresif di pasar.

Tak berhenti di sini, Epic Games kini jadi publisher game. Yup, tidak hanya merilis game buatannya sendiri namun juga garapan game developer lain.

Sebagai langkah awal menjadi publisher game, Epic Games telah menggandeng tiga game developer yang namanya sedang melambung.

Pertama, Remedy Entertainment game developer yang tengah naik daun dengan Control dan Alan Wake. Terutama Control yang mendapatkan banyak penghargaan.

Kedua, Playdead developer game yang terkenal dengan Limbo dan INSIDE. Dua game ini menawarkan platformer dengan puzzle yang menantang.

Ketiga, genDesign game developer yang cukup dekat dengan Sony PlayStation. genDesign Telah sukses menggarap The Last Guardian, game eksklusif PlayStation 4.

Tiga game developer yang di bawah naungan Epic Games. (Epic Games)
Tiga game developer yang di bawah naungan Epic Games. (Epic Games)

 

Berbekal tiga game develoepr ini, nampaknya Epic Games cukup kuat sebagai publisher game. Namun yang lebih penting, soal kebijakan.

Epic Game menjanjikan kebijakan yang lebih menguntungkan dan berpihak pada game developer. Termasuk dalam pengembangan game.

Melalui rilis resmi di situsnya, Epic Games menjajikan tiga hal berikut ini kepada game developer.

  1. Full creative freedom and ownership. Yakni game developer punya kebebasan dalam kreativitas mengembangkan game dan intellectual property sepenuhnya.
  2. Fully-funded projects. Yakni Epic Games sepenuhnya membiayai pengerjaan dari game developer. Dari gaji karyawan, hingga sepenuhnya game rilis ke pasar.
  3. 50/50 profit sharing. Yup, keuntungan yang didapatkan dari penjualan game akan dibagi rata antara publisher dengan game developer.

 

Bukan cuma itu, Epic Games juga menjanjikan game-game garapan Playdead, Remedy Entertainment dan genDesign akan diluncurkan secara multi platform.

Bukan cuma di PC, game-game garapan mereka akan ke konsol game juga. Terutama next-gen, alias PlayStation 5 dan Xbox Series X.

Yang disayangkan memang Epic Games tidak menjelaskan apakah garapan game developer tersebut hanya rilis di Epic Games Store atau ke toko digital lainnya.

Berita Terkait