Games

Selamat Ulang Tahun PlayStation 2, Konsol Game Terlaris Sepanjang Masa

Selamat Ulang Tahun ke 20 PlayStation 2.

Agung Pratnyawan

PlayStation 2. (Wikipedia Commons)
PlayStation 2. (Wikipedia Commons)

Hitekno.com - 4 Maret 2000, Sony resmi meluncurkan PlayStation 2 di Jepang. Tak terasa konsol game ini telah berusia 20 tahun.

Hadir sebagai penerus kesuksesan PlayStation pertama, konsol game ini disambut antusias. Menyusul peluncuran di sejumlah regional.

26 Oktober 2000 meluncur di Amerika Utara, 24 November 2000 ke Eropa dan menyusul 30 November 2000 PlayStation 2 menyusul hadir ke Australia.

Selang beberapa tahun, Sony menghadirkan revisi PlayStation 2 dalam wujud lebih tipis. PlayStation 2 Slim meluncur pada 2004.

Perjalanan konsol game ini pun terus berlanjut. Produksi PlayStation 2 baru dihentikan pada 2013 ketika PlayStation 4 tiba.

Ketika PlayStation 3 datang, konsol game ini masih saja berada di puncak popuralaritas. Bahkan masih banyak game baru rilis.

Panjangnya masa produksi PlayStation 2 tidak lain karena memang masih laris manis. Bahkan disematkan sebagai konsol game terlaris sepanjang masa.

PlayStation 2. (Wikipedia Commons)
PlayStation 2. (Wikipedia Commons)

 

Penjualan PlayStation 2 ini masih jauh lebih tinggi dibandingkan konsol game populer lainnya, seperti Nintendo DS, Game Boy, bahkan Nintendo Wii.

Menurut data dari IGN, PlayStation 2 berada di puncak daftar konsol game terlaris sepanjang masa dengan membubuhkan angka penjualan 159 juta unit.

Lebih lengkapnya, berikut ini daftar konsol game terlaris sepanjang masa hingga 2019.

  1. PlayStation 2 - 159 juta unit,
  2. Nintendo DS - 154,02 juta unit,
  3. Game Boy / Game Boy Color - 118,69 juta unit,
  4. PlayStation 4 - 106 juta unit,
  5. PlayStation - 102,4 juta unit,
  6. Nintendo Wii - 101,63 juta unit,
  7. PlayStation 3 - 87,5 juta unit,
  8. Xbox 360 - 85 juta unit,
  9. Game Boy Advance - 81,51 juta unit
  10. PlayStation Portable - 80 juta unit,

Popularitas PlayStation 2 juga ditunjang pemakaian teknologi baru. Salah satunya pemakaian DVD yang memberikan kapasitas besar dibandingkan CD.

Gebrakan lain adalah pemakaian Ethernet atau LAN port yang akhirnya mempopulerkan game online ke konsol game. Sebelumnya game online lebih didominasi PC.

Sebelum PlayStation 2 memang sudah ada konsol game lain yang memiliki aksesoris untuk koneksi internet. Namun belum ada yang sepopuler PlayStation 2.

Secara hardware, PlayStation 2 mengandalkan CPU Emotion Engine yang didesain Sony bersama Toshiba. CPU ini berjalan pada kecepatan 300 MHz.

Ditunjang GPU Graphics Sunthesizer 150 MHz ditunjang 4 MB eDRAM sebagai VRAM dan 32 MB RDRAM sebagai system RAM. Sistem ini mampu melakukan komputasi 6,2 GFLOPS.

PlayStation 2. (Wikipedia Commons)
PlayStation 2. (Wikipedia Commons)

 

Meski memiliki hardware yang mumpuni di awal masa hidupnya, performa PlayStation 2 kalah jauh ketika PlayStation 3 dan Xbox 360 datang.

Namun popularitas PlayStation 2 masih melambung ketika dua konsol game baru itu hadir. Kenapa? Tidak lain karena deretan game-game menarik.

Dikutip dari web rismi Sony, PlayStation 2 memiliki 10.035 judul game. Jumlah yang sangat banyak untuk sebuah konsol game.

Beberapa judul game yang ternama dari PlayStation 2 seperti God of War, Ratchet & Clank, Jak and Daxter, Devil May Cry, Kingdom Hearts, dan Sly Cooper.

Lalu masih ada franchise ternama seperti Final Fantasy, Metal Gear Solid, dan Grand Theft Auto. Hingga game tahunan seperti FIFA dan Pro Evolution Soccer.

Sedangkan game terlaris di PlayStation 2 adlaah Grand Theft Auto: San Andreas. Game garapan Rockstar terjual lebih dari 12 juta copy hingga 2005.

Belum lagi, PlayStation 2 bisa menjalankan game PlayStation pertama. Bukan emulasi, melainkan Sony menanamkan CPU PlayStation di PlayStation 2.

Final Fantasy X. (Square Enix)
Final Fantasy X. (Square Enix)

 

PlayStation 2 pada akhirnya mengakhiri kejayaanya dengan dihentikan masa penjualannya pada 2012 di Jepang dan 2013 secara global.

Perjalanan panjang konsol game ini juga telah menemani banyak gamer. Dari pengguna bisanya yang main game, hingga mereka yang menamakan dirinya sebagai gamer.

Selamat ulang tahun PlayStation 2, konsol game yang tidak hanya terlaris namun juga pembuka jalan banyak gamer.

Berita Terkait