Games

Death Stranding Banjir Review Negatif dari AS, Ini Jawaban Hideo Kojima

Di Eropa dan Jepang, Death Stranding dianggap sempurna. Tapi di Amerika malah dicaci.

Agung Pratnyawan

Hideo Kojima. (Twitter/ @HIDEO_KOJIMA_EN)
Hideo Kojima. (Twitter/ @HIDEO_KOJIMA_EN)

Hitekno.com - Game baru garapan Hideo Kojima, Death Stranding mendapatkan beragam tanggapan. Ada yang memberikan review negatif, tapi ada yang menganggapnya sempurna.

Seperti biasanya, game Hideo Kojima selalu menghasilkan pro-kontra. Anatara yang sangat suka, namun di sisi lain ada yang tidak.

Begitu juga dengan game Death Stranding kali ini dibanjiri review negatif dari gamer dan media Amerika Serikat (AS).

Namun di Eropa dan Jepang, game yang sudah meluncur di PlayStation 4 ini mendapatkan banyak review positif bahkan dianggap sempurna.

Menanggapi banyaknya review negatif dari AS, Hideo Kojima pun menyampaikan tanggapannya dalam interview dengan media Italia Tgcom24.

Dalam interviewnya, pria asal Jepang ini menyampaikan kalau review negatif datang dari mereka penggemar first-person.

Dan menurutnya, orang Amerika lebih menggemari game first-person. Sehingga lebih sulit memahami Death Stranding dibandingkan Eropa dan Jepang.

Hideo Kojima. (Instagram/ @hideo_kojima)
Hideo Kojima. (Instagram/ @hideo_kojima)

 

"Saya harus mengatakan bahwa game ini mendapatkan sambutan hangat, terutama di Eropa dan Jepang. Namun di AS, kami mendapatkan kritik yang lebih kuat" kata Hideo Kojima.

"Mungkin ini adalah game yang sulit dipahami bagi jenis kritik dan audiens tertentu. Orang Amerika adalah penggemar first-person shooter dan Death Stranding bukan salah satunya, ini terbang lebih tinggi" lanjutnya.

"Saya selalu mencoba untuk menciptakan hal-hal baru yang membuat perselisihan dan diskusi yang baik baik saja, namun harus dikatakan kalau orang Italia atau Perancis memiliki kepekaan artistik yang berbeda sehingga memungkinkan mereka menghargai produk yang original, tidak hanya di video game tetapi juga di film," ungkap Hideo Kojima kepada Tgcom24.

Apa yang dikatakan creator Metal Gear Solid ini tentu saja membuat beberapa fans tersinggung. Apalagi anggapan review negatif karena tidak memahaminya.

Terlebih lagi klaim Hideo Kojima kalau Death Stranding adalah game yang sangat original, padahal tetaplah berbasis open-world yang sama dengan game lain.

Game Death Stranding. (PlayStation)
Game Death Stranding. (PlayStation)

 

Namun tidak dipungkiri kalau game baru ini memang mengusung banyak hal unik dalam permainannya sehingga membuatnya berbeda dari game open-world lainnya.

Di balik keramaian ini, kita tahu kalau lagi-lagi Hideo Kojima bermasih membuat keriuhan di kalangan gamer berkat karyanya.

Tidak dipungkiri, setiap orang punya selera masing-masing. Begitu juga pada Death Stranding garapan Hideo Kojima ini. Ada yang suka, ada pula yang tidak.

Berita Terkait