Games

Persaingan Makin Panas, PlayStation 5 Disebut Lebih Kuat dari Xbox Scarlett

Pengakuan yang sudah mencoba, PlayStation 5 lebih kuat dari Xbox Scarlett.

Agung Pratnyawan

PlayStation 5 pakai arsitektur baru AMD. (AMD)
PlayStation 5 pakai arsitektur baru AMD. (AMD)

Hitekno.com - Perang konsol game bakal memasuki babak baru, persaingan Sony dan Microsoft makin panas. Sony menyiapkan konsol baru yang diduga bernama PlayStation 5.

Tak ketinggalan, Microsoft juga mengembangkan konsol game baru yang memakai nama project Xbox Scarlett. Keduanya bakal lebih kuat dari generasi sebelumnya.

Microsoft telah mengungkap sedikit dari Xbox Scarlett di E3 2019 kemarin. Sedangkan Sony absen dari event 'lebaran' para gamer tersebut.

Mengutip dari Wccftech, mantan editor IGN, Colin Moriarty dalam sebuah wawancara mengaku telah mencoba kedua konsol game masa depan ini.

Colin Moriarty menyebutkan kalau developer kits PlayStation 5 maupun Xbox Scarlett telah sampai ke tangan para developer game. Dan dari sana ia mencoba merasakan konsol game ini.

Menurutnya PlayStation 5 bakal lebih bertenaga dibandingkan dengan Xbox Scarlett. Secara spesifikasi, nampak PlayStation bakal lebih unggul.

Namun itu baru bocoran lewat development kits yang diterima pengembang game. Spesifikasi akhir dari kedua konsol game ini bisa saja berubah.

Logo Sony PlayStation. (Sony)
Logo Sony PlayStation. (Sony)

 

Senada dengan Colin Moriarty, Andrew Reiner dari Game Informer. Menurut Adrew Reiner, PlayStation 5 punya target spesifikasi yang lebih tinggi dari Xbox Scarlett.

Seperti dikabarkan sebelumnya, kedua konsol game ini kembali memakai arsitektur dari AMD. Tidak lain akan memakai AMD NAVI sebagai otak di balik konsol game tersebut.

PlayStation 4 maupun Xbox One juga memakai arsitektur dari AMD. Keduanya sama-sama memakai AMD Jaguar 8 core, yang membedakan hanya clock speed dan model memory yang dipakai.

Dalam E3 2019 sendiri, Microsoft mengumumkan kalau Xbox Scarlett akan tiba pada akhir 2020. Microsoft memasukkan banyak teknologi baru di konsol game ini.

Microsoft mengklaim Xbox Scarlett mendukung resolusi hingga 8K, load time makin kencang, mendukung frame rate 120 fps, tidak ketinggalan dukungan RTX.

Ilustrasi gamer PlayStation 4. (Pakutaso)
Ilustrasi gamer PlayStation 4. (Pakutaso)

 

Jika Xbox Scarlett bisa seperti itu, pastinya PlayStation 5 tidak ketinggalan. Karena disebut-sebut punya tenaga lebih kuat.

Hal ini juga didukung oleh pernyataan Toshihiro Nagoshi, sutradara Yakuza. Ia menyebutkan kalau PlayStation 5 punya kekuatan yang luar biasa.

Ia juga menyebutkan dengan adanya kecerdasan buatan dan deep learning yang ditanamkan dalam PlayStation 5. Tidak heran nantinya konsol game ini harus punya tenaga lebih.

Melihat kabar ini, pastinya akan menarik untuk menyimak persaingan konsol game yang makin memanas. Jadi kamu memihak ke PlayStation 5 atau Xbox Scarlett?

Berita Terkait