Games

5 Alasan Steam Masih Lebih Baik dari Epic Games Store

Epic Games Store boleh punya game eksklusif, tapi Steam punya kelebihan lain.

Agung Pratnyawan

Steam vs Epic Games Store. (HiTekno.com)
Steam vs Epic Games Store. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Mulai banyak game PC yang memilih untuk memindahkan distribusi digitalnya dari Steam ke Epic Games Store. Bahkan tak sedikit yang memilih eksklusif.

Masalah eksklusif ini membuat banyak gamer pun meradang. Apalagi beberapa game eksklusif di Epic Games Store ini awalnya muncul di Steam.

Gamer yang sudah terlanjur pre-order atau pun beli di Steam dibuat kecewa. Karena developer memilih mengutamakan game mereka di Epic Games Store.

Namun developer tak bisa selamanya disalahkan. Karena mereka mencari tempat terbaik untuk mendistribusikan karya mereka.

Dan Epic Games Store menawarkan bagi hasil yang lebih memihak developer. Dengan keuntungan lebih besar, developer jadi punya modal untuk menggarap game lebih baik.

Meme Steam vs Epic Games Store. (Know Your Meme)
Meme Steam vs Epic Games Store. (Know Your Meme)

 

Meski begitu, Steam tetaplah jadi salah satu distribusi game PC terbaik untuk saat ini. Bahkan Epic Games Store pun masih susah menyaingi untuk beberapa hal.

Kenapa bisa? Berikut ini alasannya kenapa Steam masih lebih baik dibandingkan Epic Games Store.

1. Jumlah Library Game

Gaben dan Steam. (HiTekno.com)
Gaben dan Steam. (HiTekno.com)

 

Mau tidak mau, library game di Steam memang masih lebih banyak dibandingkan Epic Games Store. Lebih dari 30 ribu game ada di Steam.

Mengingat Valve telah merilis distribusi game PC ini sejak 12 September 2003 yang lalu. Sedangkan Epic Games Store belum ada setahun umurnya.

2. Rajin Sale

Meme Steam Sale. (me.me)
Meme Steam Sale. (me.me)

 

Hampir tiap pergantian musim selalu ada sale di Steam. Dari Sumer, Spring, Winter, Autumn tiap tahunnya ditunggu-tunggu untuk mencari game PC murah.

Tak hanya pergantian musim, di beberapa kesempatan Steam juga melakukan sale. Dari Halloween, Golden Week, dan masih banyak perayaan lainnya dengan sale.

3. Tak Hanya Game

Banyak software di Steam, bukan cuma game. (Steam)
Banyak software di Steam, bukan cuma game. (Steam)

 

Di Steam tidak hanya tersedia game saja, ada banyak konten yang bisa kamu dapatkan. Dari software hingga film tersedia di Steam.

Paling banyak dicari selain game memang software. Dari RPG Maker, software editing, utility, dan masih banyak lainnya. Software ini juga sering dapat sale juga.

4. Pembayaran

Uang Receh. (unsplash/@f7photo)
Uang Receh. (unsplash/@f7photo)

 

Bagi gamer di Indonesia, untuk bisa membeli game di Steam kini sangatlah mudah. Sistem pembayaran hingga pembelian Steam Wallet pun gampang.

Kamu bisa membeli Steam Wallet lewat aplikasi marketplace, reseller, atau bahkan ke mini market terdekat. Dan telah tersedia mata uang Rupiah di Steam.

5. Komunitas Lebih Besar

Gamer cewek kehabisan ammo saat main PUBG. (Facebook/ Chemichy Gaming, DooM49)
Gamer cewek kehabisan ammo saat main PUBG. (Facebook/ Chemichy Gaming, DooM49)

 

Karena usianya juga, Steam telah mengumpulkan banyak gamer PC dari berbagai belahan dunia. Tak hanya itu, di setiap waktunya bakal banyak gamer yang online di Steam.

Tak hanya aktif di permainan, gamer di Steam juga aktif di forum distribusi game PC ini. Dari berdiskusi, jual-beli, hingga membuat fanart.

Masih bingung untuk memilih distribusi game PC mana yang kamu tuju? Kenapa tidak pilih keduanya saja. Mau Steam atau Epic games Store, yang penting bagi gamer adalah main game.

Berita Terkait