Games

Niat Banget, Setup Gaming Ini Bikin Geleng Kepala

Kreatif sekali setup gaming ini, bagaimana cara membuatnya?

Agung Pratnyawan

Setup gaming niat bagnet. (Facebook/Sigit Haryanto)
Setup gaming niat bagnet. (Facebook/Sigit Haryanto)

Hitekno.com - Setiap gamer pasti punya rig atau setup gaming untuk bermain game. Tak hanya gamer PC, para pemain PUBG Mobile di smartphone pun punya.

Tapi satu setup gaming PUBG Mobile satu ini sangat unik dan bikin geleng kepala. Ia nampak niat banget dalam membangun rig ini.

Setup gaming satu ini cukup sederhana, hanya keyboard dan mouse yang terhubung dengan smartphone untuk main PUBG Mobile.

Yang membuatnya unik, adalah peletakan smartphone ini. Ia meletakkannya di tembok seperti selayaknya sebuah monitor PC.

Setup gaming ini memang terlihat seperti untuk memainkan game PC. Lengkap dengan keyboard dan mouse, namun yang dimainkannya PUBG Mobile.

Setup gaming niat bagnet. (Facebook/Sigit Haryanto)
Setup gaming niat bagnet. (Facebook/Sigit Haryanto)

 

Bisakah main PUBG Mobile di smartphone dengan keyboard dan mouse ala game PC FPS lainnya? Bisa dong, caranya cukup mudah dengan memanfaatkan OTG.

Penampakannya difoto oleh netizen dan diunggah ke media sosial. Salah satunya foto yang diunggah Sigit Haryanto ke group Facebook Persatuan OP Warnet.

Foto yang diunggah ini menarik perhatian netizen dan menjadi viral di Facebook. Banyak netizen dibuat geleng kepala akan niat setup gaming ini.

''Kurang scope gan, biar fokus nembak tengah,'' ide dari Atsim Fakhruddin.

''boros batre kah suhu? Atau itu udah include charger?'' tanya Aditya P G.

''Terkadang, gw pen nekat cem gini,'' kata DONI yang belum kesampaian bikin setup gaming ini.

''Gw pake gini batre boros sangad, parahnya sampe akun gw di banned,'' pengalaman pribadi Imron Prianto.

''asw gue tinggal sehari ni fb banyak bener notif,'' keluh Sigit Haryanto yang postingannya viral di Facebook ini.

Dalam membuat setup gaming PUBG Mobile dengan keyboard dan mouse ini cukup mudah. Hanya membutuhkan USB OTG hub untuk menghubungkan keyboard dan mouse ke smartphone.

Setup gaming seperti ini memang sudah banyak yang membuat, untuk memainkan game mobile FPS dengan mouse dan keyboard seperti selayaknya game PC.

setup gaming smartphone. (OLX)
setup gaming smartphone. (OLX)

 

Lalu bagaimana cara membuat setup gaming seperti yang viral di Facebook tersebut?

Namun sebelumnya, pastikan smartphone kamu mendukung fitur OTG. Caranya dengan mengecek ke situs resmi produsen smartphone, atau langsung coba saja.

Selanjutnya, kamu membutuhkan aplikasi Mapping tombol-tombol di game ke Keyboard. Juga untuk mengenali gerakan mouse agar terbaca di game.

Beberapa aplikasi mapping ini adad Octopus dan Remampper. Gunakan saja salah satunya untuk memetakan tombol di game ke keyboard.

OTG Hub untuk smartphone. (Amazon)
OTG Hub untuk smartphone. (Amazon)

 

Namun sayangnya, cara ini sudah tidak diperbolehkan lagi untuk dipakai main PUBG Mobile. Pihak Tencent sudah melarang pemakainan aplikasi pihak ketiga pada PUBG Mobile.

Risikonya kena banned dari Tencent jika ketahuan memakai aplikasi mapping tombol atau aplikasi pihak ketiga lainnya ke PUBG Mobile.

Namun bisa saja setup gaming satu ini digunakan untuk bermain game lain. Tak harus PUBG Mobile, game FPS di smartphone lainnya bisa memakainya.

Berita Terkait