Curhatan Para Pemain Ragnarok M: Eternal Love

Ragnarok Online bukanlah sekedar game untuk bersenang-senang, tapi juga kenangan.

Agung Pratnyawan
Selasa, 27 November 2018 | 14:48 WIB
Ragnarok M: Eternal Love. (Unipin)

Ragnarok M: Eternal Love. (Unipin)

Hitekno.com - Sudah memainkan game Ragnarok M: Eternal Love di smartphone kamu? Buat anak Ragnarok Online lama, game ini wajib untuk dimainkan. Ragnarok M: Eternal Love telah dirilis ke Android dan iOS.

Nama Ragnarok Online telah menggema sejak 2002, dan masih terdengar gaungnya hingga 2018. Dimulai dari Korea Selatan meluas hingga Cina, Ragnarok Online telahmengisi hari-hari para gamers selama 16 tahun lamanya. 

Bagi kebanyakan adventurer (julukan untuk pemain game ini), Ragnarok Online bukan hanya sekedar sebuah game, melainkan juga sebuah kenangan manis bagi para generasi muda.

Baca Juga: Ini Cara Main Ragnarok M: Eternal Love di PC, Laptop Juga Bisa

Hingga detik ini, Ragnarok M (Ragnarok Mobile) masih mewarisi ciri khas desain yang imut dari game aslinya, alunan musik yang merdu serta gameplay yang menarik. Hal ini pun mengembalikan memori pertama saat para gamers bergabung di Rune Midgard!

Ragnarok M: Eternal Love. (Unipin)
Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)

Dari sejak perilisan Ragnarok M: Eternal Love SEA Ver. dimulai, Gravity, selaku publisher game ini telah menerima banyak dukungan dan feedback positif.

Sebagai ucapan terima kasih kepada para adventurer, kali ini salah satu bagian dari Komite Prontera telah menyiapkan sebuah wawancara eksklusif dengan tiga pemain veteran RO.

Baca Juga: Gusur Mobile Legends, Ragnarok M: Eternal Love Jadi Game Terlaris

Mari bersama kita simak apa saja sih kisah misteri yang mereka alami di Prontera, serta kejadian berkesan lainnya yang ada di ROM!

Ilona Wu: Ke warnet untuk bermain RO, hanya bisa bermain saat akhir pekan dan sekali main menghabiskan waktu 4 jam.

Baca Juga: Akhirnya Ragnarok M: Eternal Love Hadir ke Indonesia, Sikat!

Ilona Wu bekerja sebagai seorang Freelancer, sebelumnya ia pernah bekerja di sebuah perusahaan game di China dan merupakan seorang fans setia ROM.

''Sewaktu kecil kakak laki laki yang pertama kali mengajariku bermain RO'', ujar Ilona Wu.

Ia mengatakan setiap minggunya ia dan kakaknya pasti akan menyisihkan sejumlah uang untuk setiap pekannya pergi ke warnet bermain RO, setiap kali kira-kira 4 jam lamanya mereka menghabiskan waktu bermain di warnet.

Baca Juga: Bikin Nggak Mau Pulang, Ini 10 Game Warnet Zaman Dulu

Ragnarok Online adalah game online pertama yang dimainkan oleh Ilona Wu, Poring adalah salah satu alasan yang membuatnya begitu mencintai Ragnarok Online.

Selain itu, ia juga selalu memainkan Ragnarok Online bersama teman-temannya, oleh karena itu semakin banyak juga topik yang bisa dibahas bersama.

Ilona Wu, Pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Unipin)
Ilona Wu, Pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)

Setelah mencapai level 30 dan Ilona memilih peran sebagai seorang Mage, dirinya pergi ke Pyramid untuk memburu Mummy, di tengah proses farming, dia akan bertemu dengan Isis yang cukup merepotkannya.

Lukkeaw Thitikun: Kuota internet yang habis namun masih gagal untuk menginstall RO, sehingga dirinya pun mengganti ke kuota unlimited.

Pertemuan Lukkeaw Thitikun dengan Ragnarok Online bermulai dari sebuah toko disc, saat dirinya akan membeli sebuah disc game, pemilik toko menawarkannya sebuah game populer Ragnarok Online.

Yang unik disini adalah Lukkeaw Thitikun menggunakan kuota internet yang cukup besar dan kuota yang tersisa sudah hampir habis, namun dirinya masih belum berhasil menyelesaikan download game.

Pada zaman itu masih belum tersedia Ragnarok Online versi server Thailand, ia pun akhirnya bermain di server inter Chaos.

Setiap kali tersambung ke koneksi internet akan ada suara berisik dari modem, Lukkeaw Thitikun yang diam-diam mencuri waktu bermain di malam hari pun mengambil inisiatif dengan meletakkan sebuah kain diatas modem untuk menghilangkan suara berisik tersebut.

Kebiasaan bermainnya di malam hari ini pun mengakibatkan membengkaknya tagihan rumah hingga 1.000 Baht lebih atau sekitar 430 ribu rupiah.

Bermain Ragnarok Online membuat Lukkeaw Thitikun semakin lebih mengenal dunia internet dan kemajuan teknologi, hal ini diakuinya sangat bermanfaat bagi perkembangan usaha yang sedang ditekuninya, selain itu dirinya juga banyak mendapat kenalan teman di dalam game.

Lukkeaw Thitikun, pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Unipin)
Lukkeaw Thitikun, pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)

''Aku pernah selama 4 hari lamanya tidak tidur, menghajar BOSS, hunting equipment, dari mendapatkan Maya Card sampai Ghostring Card, semuanya laku terjual hingga 3.0000 Baht (sekitar 13 juta rupiah) ke pemain lainnya'', pungkas Lukkeaw Thitikun dengan bangganya.

Gike Tanes P.: Tersihir oleh karakter imut, terus melanjutkan petualangan.

Sama seperti Ilona Wu, Gike Tanes P. memulai awal permainannya di warnet, spanduk yang terpajang di warnet saat itu telah menarik perhatiannya.

Seiring dengan keseringannya bermain, ia pun semakin tergila-gila dengan game ini, hingga ayahnya membelikan sebuah PC dan ia pun terus melanjutkan permainannya di rumah.

Gike mengatakan ''Bisnis yang dijalankan oleh keluarga kami adalah sebuah layanan pesan antar (delivery), orang tuanya sibuk untuk mencari nafkah, sampai-sampai tidak ada waktu untuk berkomunikasi dengannya. Selama bermain RO, ia pun mengenal banyak teman, diantaranya ada seorang teman yang usianya terpaut jauh lebih tua 6-7 tahun darinya dan sering sekali memberikan saran positif untuknya. Dimulai dari memberi saran mengenai hubungannya dengan keluarganya, sehingga lama kelamaan membuat hubungan Gike dan keluarga yang awalnya renggang pun menjadi lebih harmonis.''

Gike Tanes P., pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)
Gike Tanes P., pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)

Banyak pemain yang mencariku untuk penambahan ''Buff'', inilah yang diutarakan Gike saat kami melakukan wawancara lebih lanjut.

Sebagai seorang Priest, ia telah membantu banyak orang, serta lebih menghargai waktu kebersamaannya saat bermain dengan pemain lainnya.

Gike Tanes P., pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)
Gike Tanes P., pemain Ragnarok M: Eternal Love. (Ragnarok M: Eternal Love)

Gike sendiri juga telah mengoleksi banyak miniatur yang berhubungan dengan RO, selama masa event TGS (Thailand Game Show), pihak official turut mengundangnya dan ia berkesempatan memamerkan ragam koleksinya kepada seluruh gamers.

Xom: MC TGS, pemain veteran RO

Pembawa acara Ragnarok M di ajang TGS (Thailand Game Show) adalah seorang pemain veteran RO. Game tersebut sudah ia mainkan sejak tahun 2002, bahkan ia pun juga menemukan cinta pertamanya melalui RO.

Sebagai seorang Priest yang berbakat, ia pun pernah diliput dan masuk dalam majalah RO. Meskipun telah putus dengan pacarnya, ia masih sangat mencintai RO. Bahkan selama beberapa tahun belakangan ini, ia pun selalu menjadi MC untuk acara RO.

Xom, pemain veteran RO. (Unipin)
Xom, pemain veteran RO. (Unipin)

Dalam kesempatan ini ia memberitahukan bahwa, sama seperti Gike Tanes P. dan kebanyakan orang, ia terus mengikuti perkembangan Ragnarok M dan pernah mencoba bermain untuk versi Bahasa Chinese.

Ragnarok Online bukanlah sekedar game untuk bersenang-senang bagi mereka, tapi juga sebuah game yang memiliki kenangan dan bisa menemukan arti persahabatan dan cinta di dalamnya.

Berikut kutipan pesan dari Gravity, ''Sekali lagi terima kasih kepada seluruh sahabat RO yang memiliki kenangan manis dan indah di RO. Senyuman dan keceriaan kalian adalah sebuah bentuk dukungan dan cinderamata mahal bagi kami''.

Dan untuk kalian yang pengen top up Big Cat Coin atau Zeny untuk Ragnarok M Eterrnal Love, langsung aja pakai UniPin. Murah, mudah dan aman pastinya! Langsung aja buka di https://www.unipin.co.id/ragnarok/

Berita Terkait
TERKINI

Acara Khusus Fan Art Genshin Impact HoYoFair2024 akan disiarkan secara langsung pada 13 April 2024....

games | 10:21 WIB

Astra Carnival: The Prince Cup 2024 digelar dengan sistem kompetisi yang telah diperbarui....

games | 11:44 WIB

HoYoverse akan menghadirkan event menarik dan keseruan lainnya di Tears of Themis....

games | 09:50 WIB

Kota mana saja gelaran Genshin Impact ini berlangsung....

games | 10:16 WIB

Setelah rilis di Xbox Series X/S dan PC, kini Hi-Fi RUSH dihadirkan ke PS5....

games | 14:10 WIB

Tak hanya update, HoYoverse juga perayakan anniversary pertama Honkai Star Rail....

games | 10:29 WIB

Jangan lewatkan tes amplifikasi Zenless Zone Zero....

games | 12:37 WIB

Film dokumenter "Suara Alam" merupakan Genshin Impact dan Discovery Channel bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan ...

games | 15:51 WIB

Garena CODM Indonesia memberikan hadiah spesial untuk para pemain yang bisa didapatkan melalui event spesial Ramadan Ral...

games | 15:16 WIB

Chiori, karakter baru yang dikenalakan HoYoverse untuk Genshin Impact....

games | 16:35 WIB

Serangkaian event waktu terbatas dan bonus dalam game akan hadir untuk menyambut perilisan Honkai Impact 3 Bagian 2....

games | 08:31 WIB

Seperti apa game PC ini? Nightingale adalah game survival-crafting PVE....

games | 18:13 WIB

Early access game Nightingale ini akan segera hadir di PC melalui Steam dan Epic Game Store....

games | 21:19 WIB

Brasil akan menjadi tuan rumah kompetisi Free Fire tertinggi dunia untuk kedua kalinya....

games | 15:54 WIB

Undawn akan mendapatkan petualangan baru dengan hadirnya map Dragon Gate Street....

games | 20:51 WIB

Zenless Zone Zero adalah ARPG fantasi urban terbaru dari HoYoverse....

games | 13:38 WIB

Banyak hadiah menarik dan alur cerita seru yang sayang untuk dilewatkan dari event terbatas Tears of Themis ini....

games | 13:31 WIB

Selama periode 31 Januari 14 Februari, pengguna pertama dapat berlangganan PC Game Pass hanya dengan Rp. 14,999! Penawa...

games | 09:49 WIB
Tampilkan lebih banyak