SamsungGalaxy Z Fold6 dan SamsungGalaxy Z Flip6 Resmi Dikenalkan, Kapan Mulai Tersedia?

SamsungGalaxy Z Fold6 dan SamsungGalaxy Z Flip6 hadir dengan Galaxy AI yang telah ditingkatkan.

Agung Pratnyawan

Posted: Kamis, 11 Juli 2024 | 13:43 WIB
Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6. [Samsung]

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6. [Samsung]

Hitekno.com - Samsung Electronics resmi mengungkap jajaran HP layar lipat terbarunya. Yakni Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6 bersama dengan TWS Samsung Galaxy Buds3 Pro,

Peluncuran HP layar lipat dan TWS terbaru ini digelar dalam acara bernama Galaxy Unpacked yang berlangsung Paris, Prancis.

Awal tahun ini, Samsung telah memulai era mobile AI melalui Galaxy AI. Melalui peluncuran seri terbaru Galaxy Z, Samsung memulai babak  baru Galaxy AI dengan memanfaatkan form factor yang paling versatile dan fleksibel, yang didesain secara sempurna untuk memungkinkan berbagai pengalaman mobile yang unik. Baik saat  menggunakan layar lebar Galaxy Z Fold, FlexWindow pada Galaxy Z Flip atau membuat FlexMode yang paling ikonis.

Baca Juga: Samsung Klaim Galaxy AI Makin Digemari di Asia Tenggara dan Oseania

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6 menawarkan lebih banyak kesempatan bagi pengguna untuk memaksimalkan kemampuan AI. Mengusung desain inovasi form factor Samsung yang ikonik , Galaxy AI memanfaatkan pengalaman menggunakan foldable yang tangguh, canggih dan durable untuk mengakselerasi era baru dalam berkomunikasi, berproduktivitas dan berkreasi.

Sejarah panjang Samsung dalam berinovasi membuat kami memimpin dunia mobile, menciptakan foldable form factor, dan membuka era mobile AI. Kami bersemangat untuk menyatukan kedua teknologi yang saling melengkapi ini dan membuka peluang-peluang baru bagi pengguna di seluruh dunia,” tutur TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business at Samsung Electronics. 

Lini produk HP lipat kami mampu memenuhi kebutuhan unik setiap pengguna dan kini semakin ditingkatkan dengan hadirnya Galaxy AI. Dengan begitu, Samsung menghadirkan pengalaman yang belum pernah ada sebelumnya.” lanjutnya

Baca Juga: Samsung Galaxy Z Fold dari Masa ke Masa, Evolusi Semakin Tipis dan Kokoh

Inovasi berkelanjutan Samsung untuk produk foldables telah menghasilkan seri Galaxy Z yang paling tipis dan ringan, sehingga semakin mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Desainnya yang simetris sempurna dengan pinggiran lurus memberikan sentuhan finishing yang sleek, sementara rasio cover screen  terbaru pada Samsung Galaxy Z Fold6 memberikan pengalaman bar-type viewing yang lebih natural.

Di samping desain yang disempurnakan, seri Galaxy Z juga didesain dengan durabilitas yang ditingkatkan, memberikan pengguna pengalaman yang unik tanpa rasa khawatir. Struktur dual rail hinge juga didukung oleh folding edge yang diperkuat, sehingga mampu mendistribusikan dampak dari  benturan eksternal dengan lebih baik.

Baca Juga: Samsung Galaxy M15 5G, HP 5G Murah Baterai Besar 6.000 mAh Layar Super AMOLED

Selain itu, lapisan yang ditingkatkan pada layar utama membantu mengurangi lipatan sekaligus mempertahankan kekuatan. Seri Galaxy Z terbaru juga dilengkapi dengan Armor Aluminum dan Corning Gorilla Glass Victus 2 yang semakin ditingkatkan, menjadikannya produk seri Galaxy Z yang paling durable. 

Selain reliable, setiap elemen dari Galaxy Z juga tangguh. Baik Samsung Galaxy Z Fold6 maupun Samsung Galaxy Z Flip6 dilengkapi oleh Snapdragon 8 Gen 3 Mobile Platform for Galaxy, prosesor mobile Snapdragon paling canggih, yang memadukan kinerja CPU, GPU dan performa NPU terbaik di kelasnya.

Prosesor ini semakin dioptimalkan dengan pemrosesan AI serta menawarkan grafis yang telah ditingkatkan, sekaligus performa yang lebih baik secara keseluruhan. Sistem pendinginan yang telah di-upgrade juga semakin memaksimalkan performa dengan vapor chamber yang lebih besar pada Samsung Galaxy Z Fold6, dan untuk pertama kalinya, Samsung menghadirkan vapor chamber pada Galaxy Z Flip. 

Baca Juga: Memaksimalkan Samsung Galaxy Tab S9 FE untuk Mendukung Aktivitas Mahasiswa

Samsung Galaxy Z Fold6: Layar Besar untuk Produktivitas yang Ditingkatkan dengan AI

Samsung Galaxy Z Fold6. [Samsung]
Samsung Galaxy Z Fold6. [Samsung]

Samsung Galaxy Z Fold6 menawarkan rangkaian fitur dan tools yang ditenagai AI, yang semakin memaksimalkan penggunaan layar besar dan meningkatkan produktivitas secara signifikan. 

Note Assist pada Samsung Notes mampu membuat terjemahan, rangkuman dan format otomatis untuk semakin memudahkan pengguna dalam mencatat isi meeting. Fitur transkrip terbaru juga disematkan untuk membantu melakukan transkripsi, menerjemahkan dan merangkum rekaman suara secara langsung pada Notes.

Teks pada dokumen-dokumen PDF bisa diterjemahkan dan diposisikan dengan sempurna melalui fitur PDF overlay translation pada Notes - fitur ini bahkan mendukung teks di dalam image dan grafis. Sementara itu, fitur Composer terbaru yang disematkan pada Samsung Keyboard mampu memberikan saran teks berdasarkan keywords simple untuk email dan aplikasi media sosial yang mendukungnya. 

Khusus untuk media sosial, fitur Composer mengkreasikan teks yang dapat merefleksikan tone pengguna dengan menganalisis postingan-postingan sebelumnya. Sementara itu, pengalaman menggunakan  S Pen semakin diperluas dengan disematkannya Galaxy AI pada layar Samsung Galaxy Z Fold6.

Adapun fitur Sketch to Image terbaru semakin memudahkan pengguna untuk menciptakan karya seni dengan menghadirkan pilihan-pilihan image ketika pengguna membuat sketsa atau menggambar pada foto-foto di Galeri atau layar Note. 

Samsung Galaxy Z Fold6 juga memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi cara baru dalam bekerja, bermain dan mendapatkan informasi, semuanya berkat kerjasama jangka panjang Samsung dengan Google.

Aplikasi terbaru Google Gemini sepenuhnya terintegrasi  pada seri Galaxy Z yang baru, menghadirkan asisten pribadi ditenagai AI langsung di ponsel pengguna. Hanya dengan swipe sudut layar atau mengatakan, “Hey Google”, pengguna bisa menggunakan Gemini’s overlay yang dapat membantu dalam menulis, belajar atau menyusun rencana. 

Gemini juga terintegrasi dengan sejumlah aplikasi Google terpopuler, sehingga menyusun travel itinerary kini semakin mudah karena informasi pesawat dan booking hotel bisa didapatkan secara real-time.

Pengguna juga bisa mengeksplorasi landmark-landmark terkenal dan rute terbaik untuk mengunjunginya dengan menggunakan Google Maps. Pengguna yang ingin mendapatkan informasi mendetail tentang sebuah video musik K-pop sambil menonton YouTube pada layar besar Samsung Galaxy Z Fold6 bisa mengakses Gemini overlay dari multi-window split screen untuk melakukan pencarian.

Jika pengguna ingin tahu mengenai artis yang ada di dalam video tersebut, cukup tekan tombol home, lalu circle, highlight atau tap layar - dan Circle to Search akan memberikan hasil pencariannya dengan cepat. 

Dengan Galaxy AI, pengalaman berkomunikasi dengan Samsung Galaxy Z Fold6 juga semakin bebas dari hambatan. Memaksimalkan dual screen form factor yang unik, Interpreter menghadirkan mode percakapan terbaru dimana masing-masing pihak bisa melihat hasil terjemahan dengan nyaman pada layar utama dan cover screen untuk interaksi yang lebih natural.

Fitur ini juga menawarkan terjemahan satu arah melalui Listening Mode, sehingga pengguna bisa dengan mudah mendengarkan pemaparan kuliah atau presentasi lainnya.

Sementara itu, Live Translate yang mampu menerjemahkan panggilan telepon secara langsung dan real-time pada device, kini juga semakin diperluas, sehingga tidak hanya bisa dipakai pada panggilan telepon biasa di aplikasi native calling Samsung, tetapi juga bisa digunakan di sejumlah aplikasi pihak ketiga yang populer.

Baik untuk capture, edit sampai viewing, fitur ProVisual Engine yang ditenagai AI pada Samsung Galaxy Z Fold6 akan semakin meningkatkan kreativitas pengguna. Pengalaman editing yang semakin canggih dengan Photo Assist pada layar yang besar dapat membantu pengguna menciptakan konten berkelas layaknya profesional dengan lebih mudah. 

Portrait Studio menghadirkan variasi style foto, seperti kartun 3D atau cat air untuk kreativitas lebih. Pengguna yang ingin menikmati detail pada video di setiap detiknya bisa menggunakan Instant Slow-mo untuk memperlambat laju video secara instan dengan menghasilkan bingkai tambahan, dengan tetap memastikan pengalaman menonton yang lancar. Pengguna juga bisa memilih untuk menyimpan atau langsung share hasil video kepada teman dan keluarga. 

Dengan Samsung Galaxy Z Fold6, pengguna tidak hanya bisa mengkreasikan konten, tetapi juga menikmatinya. Produk ini menawarkan pengalaman gaming yang sudah ditingkatkan, berkat chipset tangguh dan vapor chamber 1.6x lebih besar untuk kemampuan bermain game lebih lama tanpa mengurangi performa.

Grafis yang vivid dan nyata didukung oleh Ray Tracing akan terasa semakin hidup pada layar 7.6 inci yang menghadirkan tampilan yang lebih cerah hingga 2.600 nit untuk pengalaman gaming yang lebih imersif.

Samsung Galaxy Z Flip6: Menciptakan Pengalaman Unik dan Personal untuk Setiap Pengguna

Samsung Galaxy Z Flip6. [Samsung]
Samsung Galaxy Z Flip6. [Samsung]

Samsung Galaxy Z Flip6 tidak hanya dioptimalkan agar mudah dibawa ke mana-mana, tetapi juga menawarkan rangkaian fitur kustomisasi dan kreativitas terbaru, sehingga pengguna bisa memanfaatkan setiap momen dengan maksimal. 

Super AMOLED FlexWindow 3.4 inci kembali ditingkatkan, sehingga fungsi-fungsi yang ditenagai AI bisa digunakan tanpa pengguna perlu membuka device. Untuk memudahkan komunikasi on-the-go, pengguna bisa membalas pesan dengan Suggested replies yang akan menganalisis beberapa pesan terakhir yang dikirimkan untuk memberikan pilihan respon yang tepat.

Dengan Galaxy AI, pengguna juga bisa semakin memaksimalkan device yang ramping ini dengan FlexWindow yang menghadirkan sejumlah fitur yang seamless. Dengan FlexWindow, pengguna bisa mengakses update dan notifikasi pada Samsung Health, serta memilih lagu dari widget musik. FlexWindow juga menghadirkan semakin banyak Widgets - pengguna bahkan bisa mendapatkan informasi dari beberapa Widgets sekaligus.

Pengalaman menggunakan Samsung Galaxy Z Flip6 pun semakin lengkap karena pengguna bisa melakukan kustomisasi device dengan berbagai cara. Misalnya, dengan Photo Ambient yang ditenagai AI, wallpaper bisa berubah secara real-time mengikuti waktu dan cuaca.

Pengguna juga dapat dengan mudah membuat tampilan dan nuansa yang seragam dengan opsi suggested screen layout dengan menganalisis wallpaper yang digunakan, seperti menggerakkan jam dan mengubah warna bingkai untuk memastikan background image tampak menonjol. 

Kreativitas semakin tak terbatas dengan FlexWindow. FlexCam kembali menghadirkan pengalaman kamera paling versatile dilengkapi sejumlah opsi kreatif terbaru. Dengan Auto Zoom, FlexCam dapat secara otomatis menemukan framing yang paling tepat untuk shot yang diambil dengan mendeteksi subjek dan melakukan zoom in dan zoom out sebelum melakukan penyesuaian.

Dengan begitu, pengguna tidak perlu bingung memilih capture teman atau backdrop yang indah dalam satu shot - dan semua ini bisa dilakukan dengan hands-free. 

Sensor 50MP Wide dan 12MP Ultra-wide terbaru memberikan pengalaman kamera yang ditingkatkan dengan detail gambar yang jelas dan tajam. Sensor 50MP terbaru juga mendukung 2x optical zoom untuk foto bebas noise, sekaligus menawarkan AI zoom untuk pengalaman shooting yang semakin canggih dengan 10x zoom.

Tidak hanya itu, fitur Nightography yang ditingkatkan dengan video HDR memungkinkan pengguna untuk capture lebih banyak video memukau, bahkan dalam kondisi low-light. Fitur ini pun kini semakin dikembangkan lewat kerjasama dengan aplikasi sosial media popular. Fitur night capturing kini hadir dalam aplikasi Instagram, jadi pengguna bisa mengambil foto menakjubkan di malam hari dan membagikannya  langsung dari aplikasi. 

Pengguna bisa memaksimalkan semua fitur custom dan kreatif pada Samsung Galaxy Z Flip6 tanpa perlu mengkhawatirkan battery life, bahkan untuk waktu penggunaan lebih lama berkat optimalisasi hardware dan software.

Keamanan yang Bisa Dipercaya dan Dikendalikan Seutuhnya

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6 dilindungi oleh Samsung Knox, platform keamanan berlapis dari Samsung Galaxy yang dibuat untuk mengamankan informasi penting dan melindungi device dari berbagai bentuk kerentanan berkat solusi dari hulu ke hilir, deteksi ancaman secara real time, dan perlindungan kolaboratif.

Di era AI seperti saat ini, komitmen Samsung semakin kuat dalam memberdayakan pengguna melalui pilihan pengaturan device sesuai preferensinya. Maka dari itu, pengguna memiliki kendali penuh dalam mengizinkan akses terhadap data pada perangkat untuk meningkatkan pengalaman menggunakan fitur-fitur AI melalui pengaturan dari Galaxy AI.

Sebagai lapisan perlindungan tambahan, Enhanced Data Protection menawarkan enkripsi end-to-end saat pengguna melakukan backup, sync, atau restore data dengan Samsung Cloud. Galaxy Z Series terbaru juga didukung fitur-fitur keamanan dan privasi lainnya dari Samsung, termasuk Knox Vault, Security & Privacy Dashboard, Auto Blocker, passkeys, Secure Wi-Fi, dan Private Sharing di Quick Share.

Perjalanan Menuju Masa Depan yang Berkelanjutan

Galaxy Z Series terbaru memperkuat komitmen Samsung untuk memberikan lebih banyak dampak positif bagi bumi dan manusia dengan menata ulang bagaimana teknologi seluler dirancang dan dikemas. Samsung semakin meningkatkan penggunaan bahan daur ulang melalui Galaxy Z Fold6 dan Flip6 dengan penggunaan emas dan tembaga daur ulang untuk pertama kalinya.

Awal tahun ini, Samsung telah memperkenalkan mineral daur ulang seperti kobalt dan elemen rare earth dalam Galaxy S24 Series, yang semuanya kini bisa ditemukan di dalam komponen Galaxy Z Fold6 dan Z Flip6, bersama dengan plastik, aluminium, dan kaca daur ulang.

Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6 pun hadir dalam kotak kemasan yang terbuat dari 100% bahan kertas daur ulang. Galaxy Z Series terbaru juga menyediakan upgrade OS sebanyak tujuh generasi dan pembaruan keamanan selama tujuh tahun.

Samsung Galaxy Buds3 Series: Memperluas Pengalaman Serba Terkoneksi melalui Galaxy AI 

Samsung Galaxy Buds3 Series. [Samsung]
Samsung Galaxy Buds3 Series. [Samsung]

Dengan kekuatan Galaxy AI, Samsung Galaxy Buds3 Series menghadirkan pengalaman komunikasi yang baru. Saat mengikuti kelas berbahasa asing, pengguna dapat mengaktifkan Interpreter dalam mode Listening di Samsung Galaxy Z Fold6 dan Samsung Galaxy Z Flip6 yang terhubung dengan Samsung Galaxy Buds3 Series yang terpasang di telinga pengguna.

Jadi, pengguna bisa mendengarkan hasil terjemahan dari penjelasan pembicara secara langsung melalui Galaxy Buds yang tentunya menghilangkan hambatan bahasa yang mungkin terjadi.

Selain itu, hanya dengan mengucapkan dua kata melalui Voice Command, pengguna dapat memutar atau menghentikan musik serta mengontrol fungsi lain tanpa perlu menyentuh earbud atau layer smartphone yang terhubung secara manual. Suara yang dihasilkan juga dapat dioptimalkan dengan cerdas, terlepas dari bagaimana pengguna mengenakan Galaxy Buds.

Mikrofon pada Samsung Galaxy Buds3 Series menganalisis suara internal dan eksternal secara real time untuk meningkatkan kualitas suara dan Active Noise Cancellation (ANC) melalui Adaptive EQ dan Adaptive ANC.

Saat mendengarkan musik, Galaxy Buds3 Pro akan terus mengumpulkan dan mengidentifikasi suara di lingkungan sekitar dan secara otomatis menyesuaikan tingkat kebisingan dan suara yang optimal tanpa melakukan penyesuaian manual melalui Adaptive Noise Control, Siren Detect, dan Voice Detect, untuk menjamin kenyamanan pengguna.

Dirancang berdasarkan berbagai data dan statistik, Galaxy Buds3 Series hadir dengan desain komputasi baru yang mengedepankan kenyamanan. Desain premium blade pun menargetkan konsumen yang mementingkan gaya berkat desain yang sangat ramping dan modern, lengkap dengan Blade Lights.

Desain baru ini memungkinkan pengalaman penggunaan perangkat yang lebih intuitif, seperti memungkinkan pengguna untuk mengontrol perangkat hanya dengan melakukan gerakan pinch, swipe up, atau swipe down pada blade, yang menawarkan kenyamanan dan estetika secara bersamaan.

Samsung Galaxy Buds3 dan Buds3 Pro menawarkan dua pilihan desain yang dibuat khusus. Galaxy Buds3 Pro merupakan Canal Type bagi yang mencari suara yang immersive, sedangkan Galaxy Buds3 adalah Open Type untuk pengguna yang lebih suka menggunakan device dalam berbagai situasi untuk jangka waktu yang lama.

Untuk menghadirkan pengalaman audio premium, Galaxy Buds3 Pro dilengkapi hardware yang canggih. Galaxy Buds3 Pro hadir dengan 2-way speakers yang telah disempurnakan dengan planar tweeter untuk memproduksi range suara yang luas dengan metode terkini secara presisi, lengkap dengan Dual Amplifier untuk pengalaman suara yang sangat jernih saat bepergian.

Lalu, berkat Ultra High Quality Audio yang mendukung doubled sampling rate dengan codec dari Samsung Seamless Codec (SSC), pengguna bisa mendengarkan sumber audio beresolusi tinggi sebagaimana mestinya dan menikmati setiap suara dengan detail yang luar biasa. Level kualitas suara ini juga berlaku untuk panggilan telepon. 

Berkat pre-trained model yang berbasis machine learning, Galaxy Buds3 Series kini mampu mengembalikan suara asli pembicara di berbagai lingkungan dan tingkat kebisingan sekaligus memberikan panggilan suara yang kaya dan alami, mirip dengan panggilan berkualitas tinggi pada ponsel cerdas, dengan fitur Super-Wideband Call.

Samsung Galaxy Buds3 Series tidak hanya dirancang untuk memberikan pengalaman audio premium, tetapi juga untuk semakin mengoptimalkan sumber daya yang ada demi bumi dan manusia.

Samsung Galaxy Buds3 dan Buds3 Pro memiliki beberapa komponen pada cradle dan earbud yang menggunakan plastik daur ulang dari jaring ikan atau tong air yang dibuang. Setiap Galaxy Buds3 Series dikemas dalam kotak kemasan yang terbuat dari 100% bahan kertas daur ulang.

Ketersediaan

Samsung Galaxy Z Fold6, Samsung Galaxy Z Flip6 dan Samsung Galaxy Buds3 Series akan tersedia untuk pre-order mulai hari ini, 10 Juli 2024. Ketersediaan secara luas akan dimulai pada tanggal 24 Juli 2024. 

Samsung Galaxy Z Fold6 tersedia dalam warna Silver Shadow, Pink, dan Navy, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip6 tersedia dalam pilihan warna Silver Shadow, Yellow, Blue dan Mint sehingga pengguna dapat memilih warna yang paling sesuai dengan gaya pengguna.

Pesan secara online melalui Samsung.com untuk mendapatkan Galaxy Z Series dengan warna-warna eksklusif, seperti Crafted Black dan White untuk kedua foldables serta Peach khusus untuk Samsung Galaxy Z Flip6. 

Samsung Galaxy Buds3 Series menawarkan desain yang sangat ramping, modern, dan nyaman yang tersedia dalam dua warna, yaitu Silver dan White.

Selama masa pre-order, layanan Samsung Care+ yang melindungi produk pengguna dari kerusakan yang tak disengaja dengan perawatan bersertifikat oleh para ahli di Samsung akan diberikan gratis selama satu tahun.

Berita Terkait
Berita Terkini

Samsung menyebutkan kalau penerimanaan yang baik ini dari pengguna non-Samsung maupun pengguna Samsung Galaxy....

gadget | 13:52 WIB

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB