Review WD My Passport 6TB: Hardisk Eksternal Ideal untuk Penyimpanan Data Besar

Butuh hardisk potabel dengan kapasitas besar? Cek WD My Passport 6TB.

Agung Pratnyawan

Posted: Selasa, 18 Juni 2024 | 13:40 WIB
Review WD My Passport 6 TB. [HiTekno.com]

Review WD My Passport 6 TB. [HiTekno.com]

Hitekno.com - Mencari hardisk eksternal yang portabel namun punya kapasitas besar? Western Digital menjadi salah satu brand yang harus dipertimbangkan. Terlebih dengan adanya WD My Passport 6TB.

Ya, WD My Passport memiliki pilihan kapasitas hingga 6TB. Kapasitas yang cukup besar bagi hardisk eksternal dengan desain portable 2,5 inci.

Seperti apa hardisk eksternal dari Western Digital ini? Simak review WD My Passport 6TB dari Hitekno.com yang mengujinya dalam beberapa situasi.

Baca Juga: Review POCO X6 5G, Peningkatan Signifikan Berbagai Aspek

Kapasitas masih jadi salah satu faktor penting untuk hardisk portable. Terlebih di ukuran HDD 2,5 inci kapasitas masih jadi batasan tersendiri.

Namun kini Western Digital bisa melampaui batas kapasitas penyimpanan HDD 2,5 inci. Tidak hanya 4TB atau 5TB saja, namun dengan WD My Passport kini hadir dalam kapasitas 6TB.

Dengan ukuran ringkas, WD My Passport 6TB ini menjadi pilihan HDD portable dengan kapasitas super besar yang resmi ada di pasaran.

Baca Juga: Review Xiaomi 13T, Kolaborasi Leica Bukan Sekadar Gimmick

Review WD My Passport 6 TB. [HiTekno.com]
Review WD My Passport 6TB. [HiTekno.com]

Namun bukan sekadar kapasitas dan portabilitas yang ditawarkan Hardisk eksternal ini. WD My Passport ini juga dibekali beberapa fitur hingga software dukungan.

HDD portabel ini menggunakan sudah mendukung USB 3.2 Gen1 dengan tipe port USB-A yang punya kecepatan cukup tinggi. Bahkan konektivitas ini mendukung sampai 5Gbps.

Namun untuk kecepatan write dan read dari WD My Passport 6TB masih secepat HDD pada umumnya. Masih cukup jauh tertinggal dari kecepatan SSD.

Baca Juga: Review Realme 11, Akhirnya NFC dan Memori Besar di Kelasnya

Hasil pengujian HiTekno.com dalam review WD My Passport 6TB ini, mendapati kecepatan Read 126,50 MB/s. Sedangkan write 114,60 MB/s.

Review WD My Passport 6 TB - Uji kecepatan read dan write. [HiTekno.com]
Review WD My Passport 6TB - Uji kecepatan read dan write. [HiTekno.com]

Kami juga menguji dengan menyalin file ukuran besar ke WD My Passport 6TB juga mencapai kecepatan rata-rata di atas 110 MB/s.

Kecepatan yang masih tertinggal dari SSD yang bisa tembus di atas 300 MB/s baik untuk write dan read. Namun sudah tergolong sangat baik dibandingkan HHD 2,5 inci yang ada di kisaran 100 MB/s write dan read.

Baca Juga: Review Undawn, Open World Survival yang Luas Banget dan Kompleks

Dengan kecepatan yang ditawarkan WD My Passport 6TB, cukup mumpuni sebagai penyimpanan portabel. Loading mengambil dan menyimpan file tidak begitu lama.

Review WD My Passport 6 TB - Uji kecepatan read dan write. [HiTekno.com]
Review WD My Passport 6TB - Uji kecepatan read dan write. [HiTekno.com]

Western Digital juga membekali HDD eksternal ini dengan berbagai software dukungan. Secara bawaan disertai file installer aplikasi WD Discovery untuk Mac dan Windows.

Aplikasi WD Discovery ini membantu Anda untuk mengelola hardisk eksternal ini. Juga menghubungkan dengan layanan cloud hingga menambahkan password.

Melalui aplikasi ini juga Anda bisa download tiga aplikasi tambahan lainnya untuk mengelola WD My Passport 6TB, yakni Backup - Acronis, WD Drive Utilities dan WD Security.

Bagi Anda yang membutuhkan perlindungan data tinggi, aplikasi WD Security menjadi software dukungan wajib. Tidak hanya melindungi dengan password, namun juga enkripsi data.

Western Digital membekali 256-bit AES encryption untuk melindungi data anda.

WD Drive Utilities merupakan fitur untuk melakukan pengelolaan dan perawatan. Seperti cek status, quick drive test, mengatur sleep timer hingga mem-format drive.

WD Backup menjadi software dukungan yang memudahkan untuk melakukan backup data. Baik ke drive maupun ke cloud untuk file-file tertentu.

Spesifikasi

Interface: USB 3.2 Gen1
HHD 2,5 inci berkapasitas 6TB
Speed: 126,50 MB/s read, 114,60 MB/s write
Dimensi: 4.33" x 3.21" x 0.87" (10,9 x 8,1 x 2,2 cm)
Berat: 235,8 gram
Sistem operasi yang didukung: Windows 10, ChromeOS dan Mac

Paket Penjualan

  • HDD
  • Kabel SuperSpeed USB-A
  • Quick Install Guide
  • Software management
Review WD My Passport 6 TB. [HiTekno.com]
Review WD My Passport 6TB. [HiTekno.com]

Harga

WD My Passport 6TB dibanderol dengan harga Rp 2.890.000 dan sudah bisa didapatkan di Toko Resmi WD di Tokopedia, Shopee, dan Lazada mulai Juni 2024.

Kelebihan

  • Ukuran yang mudah dibawa
  • Kapasitas besar sampai 6TB
  • Mendukung USB 3.2 Gen 1
  • Banyak software pendukung

Kekurangan

  • Belum SSD
  • Tidak disertai kabel USB type-C

Kesimpulan

WD My Passport 6TB adalah hardisk portable dengan kapasitas besar. Tidak hanya untuk backup data, namun juga untuk penyimpanan file secara portable.

Dengan harga yang ditawarkan, WD My Passport 6TB cocok sebagai hardisk portable yang layak dilirik. Harga terjangkau, kapasitas besar, fitur lengkap.

Itulah review WD My Passport 6TB dari HiTekno.com, hardisk eksternal dengan kapasitas besar namun mudah dibawa-bawa.

Berita Terkait
Berita Terkini

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB

Raline Shah membeberkan bagaimana fitur-fitur Vivo X Fold3 Pro dapat meningkatkan efisiensi, memicu kreativitas, dan mem...

gadget | 11:04 WIB