Nvidia dan MediaTek Disinyalir akan Kerjasama dalam Pembuatan Chipset Mobile

Langkah serupa sempat dilakukan oleh Samsung dengan menggandeng AMD untuk pengembangan chipsetnnya.

Cesar Uji Tawakal

Posted: Rabu, 17 Mei 2023 | 16:03 WIB
Sumber: iPon

Sumber: iPon

Hitekno.com - Belakangan ini muncul isu bahwa Nvidia dan MediaTek telah sepakat untuk membangun chipset mobile dengan GPU GeForce mulai tahun depan. Salah satu target utama dari chipset ini akan menjadi perangkat Windows on ARM.

Saat ini, MediaTek memproduksi chipset yang digunakan pada Chromebook kelas entry-level dan memiliki sekitar 20% pangsa pasar dalam segmen tersebut.

Dengan adanya chipset unggulan yang dilengkapi dengan GPU Nvidia yang kuat, MediaTek dapat memasuki segmen laptop high-end.

Baca Juga: Joy Kena Nerf Besar-besaran di Patch Baru, Auto Jadi Hero Ampas?

Dilansir dari GSM Arena, Nvidia sendiri memiliki desain berbasis ARM, terkenal dengan chip Tegra yang digunakan pada konsol Nintendo Switch, meskipun sudah cukup tua saat ini. Ada juga Nvidia Shield, namun juga sudah menjadi produk lama.

Perusahaan ini juga membuat papan ARM dengan GPU GeForce, namun lebih ditujukan untuk tugas-tugas machine learning.

Contohnya adalah Jetson Orin NX yang memiliki GPU Ampere 1.024 core dengan 32 core Tensor, CPU Cortex-A78AE 8-core, dan RAM 16GB dengan TDP 10-25W.

Baca Juga: Daftar Kode Cheat God Hand PS2 Bahasa Indonesia, Darah Penuh hingga Kostum Pantai

Chipset MediaTek Dimensity 1100 yang digunakan POCO X3 GT. (POCO Indonesia)
Chipset MediaTek Dimensity. (POCO Indonesia)

Namun, chip-chip tersebut tidak mendukung Android atau ChromeOS secara resmi (meskipun ada port LineageOS yang berfungsi), hal ini dapat diperbaiki dengan keahlian MediaTek.

GPU GeForce akan meningkatkan kemampuan bermain game dari chipset MediaTek, yang saat ini menggunakan desain GPU ARM. Selain itu, chipset ini juga akan menghadirkan kemampuan AI unggulan dari Nvidia. Ini dapat menjadi pesaing menarik bagi laptop berbasis chip M-series dari Apple.

Saat ini belum jelas apakah chipset MediaTek/Nvidia ini akan ditujukan hanya untuk laptop Windows atau apakah akan ada versi dengan daya rendah untuk smartphone juga. Namun, dapat dipastikan bahwa Samsung dan AMD sedang memantau kolaborasi ini dengan seksama.

Baca Juga: Tak Hanya Emas, Indonesia Rebut Medali Perak PUBG Mobile di SEA Games 2023

Kerjasama antara Nvidia dan MediaTek dalam pengembangan chipset mobile dengan GPU GeForce ini menjadi kabar menarik di industri. Jika berhasil, chipset ini dapat memberikan peningkatan signifikan dalam performa gaming dan kecerdasan buatan pada perangkat-perangkat yang menggunakan chipset MediaTek. Para pesaing seperti Samsung dan AMD tentunya tidak akan melewatkan perkembangan ini dan akan mengikuti perkembangan kerjasama ini dengan cermat.

Berita Terkait
Berita Terkini

Cek berapa harga POCO Pad ini....

gadget | 11:17 WIB

Dengan harga terjangkau, cek apa yang ditawarkan POCO F6 dan POCO M6....

gadget | 11:08 WIB

Harga POCO Pad di Indonesia cenderung murah meriah....

gadget | 18:35 WIB

POCO memperkenalkan flagship terbarunya, yakni POCO F6 dan HP stylish dengan value terbaik POCO M6....

gadget | 18:25 WIB

Raline Shah membeberkan bagaimana fitur-fitur Vivo X Fold3 Pro dapat meningkatkan efisiensi, memicu kreativitas, dan mem...

gadget | 11:04 WIB