Niatnya Mau Mengakali USB C Biar Ekslusif, iPhone Kembali Terancam Hukuman di Eropa

Lightning port iPhone diganti dengan USB C karena regulasi Uni Eropa, tapi Apple datang dengan trik baru, dan malah menjadi senjata makan tuan.

Cesar Uji Tawakal
Sabtu, 06 Mei 2023 | 14:55 WIB
Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay)

Ilustrasi charger smartphone. (Pixabay)

Hitekno.com - Komisioner Uni Eropa untuk pasar internal, Thierry Breton, mengeluarkan peringatan ketat terkait kemungkinan pengenalan USB C pada iPhone. Breton menyatakan bahwa jika USB C diperkenalkan pada iPhone, tidak boleh ada batasan atau blokir dari jenis apapun. Jika tidak mematuhi hal tersebut, maka Uni Eropa dapat memberlakukan larangan penjualan.

Dilansir dari GizchinaApple mungkin sudah mempertimbangkan untuk memperkenalkan USB C pada iPhone 15. Namun, rumor mengatakan bahwa mereka sedang menjelajahi cara untuk menghasilkan uang dari perubahan tersebut. Salah satu cara yang sedang dipertimbangkan adalah sertifikasi Made for iPhone (Mfi).

Hal tersebut akan memastikan bahwa kecepatan pengisian dan transfer data penuh hanya dimungkinkan dengan aksesori bersertifikasi. Hal ini akan membatasi penurunan omset yang disebabkan oleh kewajiban mematuhi konektor tunggal, yaitu USB C, di Cupertino.

Baca Juga: Intip Bocoran Spesifikasi Oppo A98 5G, Bikin Penasaran

Namun, Uni Eropa tampaknya tidak bersedia mendengarkan alasan apapun. Komisioner Breton dilaporkan telah menulis dan mengirimkan surat ke Apple Park untuk memastikan bahwa mereka mengetahui konsekuensi dari tidak mematuhi regulasi Uni Eropa.

Menurut rekan-rekan di Die Zelt, Breton menyatakan bahwa "Perangkat yang tidak memenuhi persyaratan untuk pengisi daya tunggal tidak akan menerima persetujuan untuk dijual di pasar Uni Eropa".

Ilustrasi charger iPhone. (Pixabay)
Ilustrasi charger iPhone. (Pixabay)

Uni Eropa mengeluarkan undang-undang pada akhir 2022 yang menyatakan bahwa dari 2024, semua perangkat elektronik harus memiliki USB C untuk pengisian daya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kenyamanan bagi konsumen dan mengurangi limbah elektronik.

Baca Juga: Sanksi AS Tidak Banyak Berdampak pada Industri Semikonduktor di China

Tampaknya Apple akan mematuhi persyaratan ini dengan iPhone 15. Namun, perundang-undangan Uni Eropa memberikan dua batas waktu yang memungkinkan Cupertino untuk tetap menggunakan konektor Lightning untuk sementara waktu.

Negara harus menyesuaikan undang-undang mereka dengan pengisi daya tunggal pada tanggal 28 Desember tahun ini. Namun, mereka tidak diwajibkan untuk menegakkan undang-undang ini hingga 28 Desember 2024.

Pengenalan USB C pada iPhone sejalan dengan tujuan Uni Eropa untuk mengurangi limbah elektronik dan meningkatkan kenyamanan bagi konsumen. Ketetapan Uni Eropa untuk mencegah batasan atau blokir bagi konsumen cukup jelas.

Baca Juga: Honkai Star Rail: Link Download dan Spesifikasi PC Minimal

Belum jelas bagaimana Apple akan merespons peringatan tersebut dan apakah akan mematuhi regulasi pada batas waktu yang telah ditentukan.

Pergantian ke USB C akan membawa banyak manfaat bagi pengguna iPhone. USB C adalah konektor universal yang sudah digunakan oleh banyak perangkat lain, termasuk smartphone Android dan laptop.

Hal ini berarti pengguna akan dapat mengisi daya iPhone menggunakan kabel yang sama yang mereka gunakan untuk perangkat lain, mengurangi kekacauan dan memudahkan hidup mereka.

USB C juga mendukung kecepatan pengisian dan transfer data yang lebih cepat dari Lightning. Ini akan menjadi peningkatan yang signifikan bagi pengguna iPhone.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak