Gunakan Air Quality Backpack, Dyson Ungkap Tingkat Paparan Polusi di Jakarta

Menggandeng sejumlah influencer ternama, Dyson Air Quality Backpack digunakan untuk mengetahui tingkat polusi udara di berbagai lokasi di Jakarta.

Agung Pratnyawan
Jum'at, 14 April 2023 | 10:39 WIB
Dyson Air Quality Backpack. (Dyson)

Dyson Air Quality Backpack. (Dyson)

Hitekno.com - Dyson menggandeng YouTuber dan travel host penggemar kebugaran, Bima Aryo untuk menyusuri Jakarta bersama Dyson Air Quality Backpack. Yakni perangkat wearable yang memungkinkan pemantauan pararan poplusi.

Kampanye dengan Dyson Air Quality Backpack  ini bertujuan untuk mempelajari lebih banyak tentang paparan polusi udara yang mereka alami di kota tempat tinggal mereka.

Kampanye tersebut turut didukung sejumlah influencer penggemar lingkungan, kesehatan, dan gaya hidup, antara lain Ario Pratomo (@sheggario), Vania F. Herlambang (@vaniafherlambang), Bev Tan (@odetoless), dan F.X. Mario Hadiwono (@fxmario).

Baca Juga: Sambut Imlek dan Hari Valentine, Dyson Kenalkan Kombinasi Warna Topaz Orange

Sekelompok influencer juga menangkap kilasan data tentang paparan polusi udara yang mereka alami sehari-hari.

Dyson Air Quality Backpack, yang merupakan hasil pengembangan dari teknologi air purifier Dyson, adalah alat sensor udara portabel yang mengumpulkan data polusi udara secara waktu nyata kala pengguna beraktivitas.

Dengan sensor bawaan, baterai, dan GPS, backpack tersebut dapat mendeteksi PM2.5, PM10, senyawa organik mudah menguap (VOC), nitrogen dioksida (NO2), dan karbon dioksida (CO2).

Baca Juga: Dyson Hadirkan Demo Store Pertama dan Terlengkap di Pondok Indah Mall 3

"Saya sangat bersemangat ketika mendapatkan kesempatan untuk memahami lebih jauh tentang kualitas udara di lingkungan saya, terutama dengan gaya hidup saya yang sering berada di luar ruangan," kata Bima Aryo.

"Meskipun sering ada peringatan tentang kualitas udara yang buruk di Jakarta dalam berbagai laporan, banyak warga masih tidak sepenuhnya memahami dampak polutan yang mereka hadapi. Dengan Dyson Air Quality Backpack, saya berharap bisa memberikan perspektif baru tentang kualitas hidup sehari-hari, bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk orang lain." lanjutnya.

Frederic Nicolas, Dyson Air Science Engineering Lead menjelaskan, "Pencemaran udara adalah masalah global. Insinyur-insinyur kami mengembangkan sensor-sensor cerdas berdasarkan pengetahuan yang berasal dari pengalaman dan riset terhadap teknologi udara selama bertahun-tahun. Dalam fase teknologi sensor udara Dyson kali ini, kami telah memperbarui Air Quality Backpack kami dengan meningkatkan kemampuan sensor dan mengembangkan aplikasi kualitas udara—untuk memperlihatkan yang tidak kasat mata dan agar pengguna dapat mengontrol paparan mereka terhadap polusi."

Baca Juga: Efek Polusi Udara, Empat dari Lima Keluarga di Delhi Mengalami Gangguang Kesehatan

Hasil-hasil Bima

Sebagai pengendara sepeda aktif, Bima mencatat bahwa kadar PM2.5 meningkat hingga 100 µg/m3 saat bersepeda pada malam hari di jalan raya. Hal ini kemungkinan besar disebabkan  pembakaran mesin kendaraan di sekitarnya.

Paparan PM2.5 lebih lanjut terdeteksi ketika Bima bersepeda di Jakarta Selatan, dengan kadar yang tergolong ‘sangat buruk’ pada Dyson Air Quality Index (AQI). Kendaraan diesel, termasuk bus dan minibus, merupakan sumber umum polusi di jalanan perkotaan Jakarta.

Baca Juga: Soroti Kawasan Menteng di Tahun 1980, Langit Biru Tanpa Polusi Bikin Netizen Melongo

Hal ini bisa menimbulkan ‘Street Canyon Effect’, yaitu fenomena emisi dari tepi jalan yang terperangkap di antara bangunan, menyebabkan bertumpuknya kadar emisi di jam-jam sibuk.

Selama Bima mengumpulkan data di dalam rumah, kenaikan VOC juga terdeteksi saat ia memasak, bahkan mencapai lebih dari 12.000µg/m3, empat kali lipat di atas batas kadar wajar dan tergolong ‘sangat buruk’ pada indeks kualitas udara Dyson.

Lonjakan serupa juga terjadi dengan kadar CO2 saat ia tengah mengendarai mobil. Kadar polusi udara dalam ruang mobil menetap secara konstan pada tingkat lebih dari 2.000 µg/m3 dan baru turun ketika Bima keluar dari mobil.

Bima menyimpulkan, "Ini merupakan pengalaman yang mencengangkan, dan saya senang sekali melihat temuan-temuan dan rekomendasi-rekomendasi itu. Ini menunjukkan bahwa walaupun kita tidak bisa secara langsung mengendalikan polusi udara di luar, ada sejumlah tindakan sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu mengurangi paparan di dalam maupun di luar ruangan. Saya sekarang lebih berhati-hati dengan apa yang saya lakukan di ruang publik maupun dalam ruangan agar keterpaparan  saya terhadap polutan udara secara umum berkurang."

Hasil-hasil Lebih Lanjut

Sejumlah influencer lain yang menggunakan backpack Dyson untuk mengumpulkan data juga mendapatkan beberapa temuan yang serupa dengan temuan dari Bima Aryo.

Contohnya, Ario Pratomo (@sheggario) mengenakan backpack tersebut saat bepergian menggunakan MRT. Temuan-temuannya menunjukkan partikel NO2 meningkat di depan stasiun MRT Bundaran HI, yang terletak di kawasan lalu lintas padat.

Berikutnya, Vania F. Herlambang (@vaniafherlambang) mengunjungi kawasan Blok M pada malam hari dan mencatat kenaikan PM2.5 dan VOC saat melewati pedagang yang sedang membakar makanan.

Selain itu, lonjakan PM2.5 terdeteksi ketika F.X. Mario Hadiwono (@fxmario) berkunjung ke pasar tradisional di Jakarta Utara yang terdapat banyak pedagang merokok.

Sejumlah temuan di atas menunjukkan betapa penting bagi kita untuk selalu mengetahui apa yang menyebabkan polusi dan bagaimana ke depannya kita bisa menurunkan paparan terhadap polusi.

Hal ini didukung oleh temuan-temuan Bev Tan (@odetoless) yang mencatat kondisi udara baik ketika ia mendatangi kawasan hijau di Pantai Indah Kapuk.

Dyson Air Quality Backpack

Dyson Air Quality Backpack awalnya dikembangkan para insinyur Dyson untuk penelitian Breathe London bersama King’s College London dan the Greater London Authority.

Para insinyur merancang alat portabel berukuran lebih kecil daripada generasi sebelumnya, tetapi tetap dilengkapi teknologi sensor yang telah ada dan digunakan dalam air purifier Dyson, agar dapat tetap mengukur paparan PM2.5, PM10, dan VOC serta NO2 secara akurat..

Proyek-proyek sebelumnya yang melibatkan Dyson Air Quality Backpack termasuk antara lain studi global untuk menyelidiki kadar polusi pribadi saat lockdown COVID-19 dan pemantauan paparan selama musim kabut asap di Delhi, India.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak