Samsung Resmi Luncurkan One UI 5.1, Cek Apa Saja Fitur Barunya

Cek fitur baru apa yang dihadirkan samsung melalui update One UI 5.1 lengkap HP apa yang menerimanya.

Agung Pratnyawan
Selasa, 21 Februari 2023 | 10:56 WIB
Widget dynamic weather Samsung One UI 5.1. (Samsung)

Widget dynamic weather Samsung One UI 5.1. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung resmi mengumumkan update One UI 5.1 yang dihadirkan ke sederet perangkat. Pembaruan yang dikenalkan bersamaan Samsung Galaxy S23 Series di Galaxy Unpacked 2023 ini menghadirkan berbagai fitur baru.

Perusahaan asal Korea Selatan ini mengumumkan akan mulai meluncurkan update One UI 5.1 secara global untuk perangkat Galaxy lainnya dimulai dengan Samsung Galaxy S22 Series, Samsung Galaxy Z Fold4, Samsung Galaxy Z Flip4, Samsung Galaxy S21 Series, dan Samsung Galaxi S20 Series.

Dengan One UI 5.1, perangkat Galaxy akan menghadirkan antarmuka yang lebih menarik secara visual dengan fitur baru yang memudahkan kreativitas dan personalisasi untuk pengalaman yang lebih nyaman secara keseluruhan.

Baca Juga: Apa yang Baru dari One UI 5.1? Ini Penjelasannya

"One UI 5.1 adalah contoh terkini dari komitmen Samsung untuk menyediakan inovasi terbaru kepada pengguna Galaxy sesegera mungkin," kata Janghyun Yoon, EVP and Senior Executive, Software Office.

"Selama beberapa minggu terakhir, kami telah bekerja sama dengan penyedia layanan dan mitra operator kami untuk menghadirkan One UI 5.1 ke smartphone dan tablet Galaxy saat ini di seluruh dunia dalam beberapa minggu setelah pengumuman Galaxy S23 Series." lanjutnya.

Kamera Kualitas Profesional dan Galeri yang Lebih Menarik

Baca Juga: Samsung Galaxy S22 Series Dapat Update One UI 5.1, Ini Deretan Fitur Barunya

Fitur kamera Samsung One UI 5.1. (Samsung)
Fitur kamera Samsung One UI 5.1. (Samsung)

One UI 5.1 memperluas peningkatan fitur kamera terbaru yang diumumkan bersama Samsung Galaxy S23 Series. Pengguna Galaxy kini memiliki fleksibilitas yang lebih besar untuk membuat foto berkualitas profesional dengan fitur Expert RAW yang kini tersedia langsung sebagai bagian dari aplikasi Galaxy Camera.

Cukup pilih "More" saat mengambil foto untuk mengambil bidikan berkualitas tinggi dalam format mentahnya. Selain itu, Photo Remaster berbasis AI yang disempurnakan secara otomatis memperbaiki detail gambar yang kurang dengan meningkatkan kecerahan, menyempurnakan detail, dan membuat koreksi warna bahkan dalam adegan dengan cahaya latar.

Fitur ini juga menghilangkan bayangan dan pantulan yang tidak diinginkan untuk menciptakan foto yang sempurna.

Baca Juga: Cara Update OS HP Samsung, Dapatkan One UI dengan Android Terbaru

Penyempurnaan terbaru untuk navigasi juga mempermudah pencarian foto dalam aplikasi Galeri dan pembuatan album keluarga bersama. Cukup ketuk wajah seseorang di foto untuk melakukan pencarian lebih banyak gambar sementara aplikasi Galeri mencari wajah orang-orang terdekat untuk direkomendasikan untuk album foto keluarga.

Pengalaman Mobile Unik yang Dipersonalisasi untuk Setiap Pengguna

Widget baru Samsung One UI 5.1. (Samsung)
Widget baru Samsung One UI 5.1. (Samsung)

Fokus Samsung sejak dahulu adalah memberi pengguna Galaxy kontrol yang lebih besar atas perangkat mereka dengan mengkustomisasi berbagai aspek antarmuka pengguna.

Baca Juga: Daftar HP Samsung yang Dapat Update One UI 5.1 Terbaru

One UI 5.1 menghadirkan beberapa fitur baru yang menarik yang memungkinkan pengguna menyempurnakan hampir setiap aspek pengalaman mobile – mulai dari tampilan, komunikasi, tindakan, dan lebih lagi.

Samsung memperkenalkan fitur-fitur baru yang dapat memahami bagaimana perangkat digunakan dan menyesuaikan rekomendasi sesuai penggunaan tersebut.

Misalnya, dynamic weather widget baru menganalisis kondisi saat ini dan membuat desain khusus yang mencerminkan iklim. Modes and Routines telah diperluas untuk mengaktifkan kustomisasi wallpaper, nada dering, sensitivitas sentuhan, dan huruf yang dapat mempersonalisasi aktivitas tertentu untuk kenyamanan lebih.

One UI 5.1 juga menyempurnakan widget Smart suggestions dengan menambahkan kemampuan untuk merekomendasikan lagu dan playlist Spotify berdasarkan aktivitas pengguna, seperti musik untuk road trip atau relaksasi.

Konektivitas Lebih Kuat di Seluruh Ekosistem Galaxy

Multi control ekosistem Galaxy Samsung One UI 5.1. (Samsung)
Multi control ekosistem Galaxy Samsung One UI 5.1. (Samsung)

Samsung juga telah mengembangkan One UI untuk menghadirkan integrasi dan konektivitas yang lebih kuat di seluruh ekosistem mobile dan memperkenalkan fitur-fitur yang mendukung misi ini.

Pengguna dapat menikmati ekosistem yang terhubung di smartphone dan PC mereka dengan ekspansi Multi control antara Galaxy Book dan smartphone.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk berbagi mouse, keyboard, atau trackpad dari Galaxy Book tidak hanya dengan tablet Galaxy mereka, tetapi sekarang juga dengan smartphone Galaxy tertentu, memungkinkan mereka untuk melakukan copy dan paste teks serta drag and drop gambar dari satu perangkat ke perangkat lainnya dengan mulus — seolah-olah dilakukan dalam satu perangkat yang sama.

Selain itu, Link to Windows memungkinkan pengguna untuk menjelajah dengan Samsung Internet di smartphone mereka kemudian melanjutkan menjelajah halaman yang sama di PC mereka dengan mulus.

Halaman-halaman ini juga dapat dibuka dari satu perangkat ke perangkat lainnya, membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah.

Ketersediaan

Software update One UI 5.1 mulai diluncurkan untuk Samsung Galaxy S22 series, Z Fold4, Z Flip4, S21 series, dan S20 series. Pembaruan perangkat lunak untuk perangkat Galaxy tambahan, termasuk Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang.

Berita Terkait
TERKINI

Manfaatkan fitur AI di Samsung Galaxy Tab S9 series untuk memenuhi kebutuhan profesionalmu sehari-hari...

gadget | 10:21 WIB

Vivo V30 Series diklaim memiliki berbagai fitur yang mendukung perjalanan mudik lebih seru....

gadget | 10:20 WIB

Cek apa saja fitur andalan Realme 12 5G ini....

gadget | 10:11 WIB

Kamera FUJIFILM INSTAX mini 99TM ini merupakan seri premium terbaru dari kamera instan analog INSTAX sekaligus evolusi d...

gadget | 15:32 WIB

Cek berapa harga resmi dan spesifikasi yang ditawarkan Xiaomi 14....

gadget | 14:28 WIB

Ya, dengan HP Rp 1 jutaan sudah bisa jadi teman mudik dengan asyik....

gadget | 10:11 WIB

Jajaran Xiaomi 14, Xiaomi Watch 2, Xiaomi Watch S3, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro ini telah resmi tersedia di pasaran....

gadget | 10:03 WIB

Xiaomi Indonesia resmi membawa jajaran produk terbarunya ini, cek apa saja....

gadget | 14:41 WIB

Xiaomi 14 dirancang dengan lensa optik Leica Summilux, desain compact dan performa handal....

gadget | 14:32 WIB

Pengguna Samsung Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5 bisa menikmatik kecanggihan Galaxy AI segera....

gadget | 17:08 WIB

Momen Lebaran yang sudah dekat bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk bersama-sama mengarsipkan foto, video, hingga dok...

gadget | 15:46 WIB

PayDay Sale Maret 2024 menawarkan harga spesial HP POCO....

gadget | 11:29 WIB

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB
Tampilkan lebih banyak